Berapa Kadar Gula Darah Normal? Ini Jawabannya


Berbicara soal diabetes pasti selalu berhubungan dengan gula darah. Biasanya seseorang bisa dikatakan terkena diabetes jika kadar gula darah lebih tinggi dari batas normal. Ketahui angkanya di sini.

0,0
09 Sep 2021|Marco Anthony
Mengecek gula darahMengecek gula darah
Berbicara soal diabetes pasti selalu berhubungan dengan gula darah. Biasanya seseorang bisa dikatakan terkena diabetes jika kadar gula darah lebih tinggi dari batas normal. Ketahui angkanya di sini.Berbicara soal diabetes pasti selalu berhubungan dengan gula darah. Biasanya seseorang bisa dikatakan terkena diabetes jika kadar gula darah lebih tinggi dari batas normal. Benarkah demikian?

Mengenal fase prediabetes

American Diabetes Association dalam jurnalnya mengungkapkan ada satu fase antara yang disebut prediabetes, ketika kadar gula darah orang tersebut lebih tinggi dari batas normal namun belum cukup untuk disebut diabetes.Pada fase ini, orang tersebut berisiko jauh lebih tinggi terkena diabetes di kemudian hari. Namun, orang dengan kadar gula darah di fase prediabetes juga memiliki peluang untuk mengembalikan kondisi tubuhnya hingga kembali normal. Perlu diperhatikan bahwa kondisi prediabetes sangat mungkin untuk disembuhkan.

Kadar gula darah normal

Pada dasarnya, spektrum glukosa darah pada seseorang dapat digolongkan menjadi empat macam, tergantung dari tes yang dilakukan.Dalam tes gula darah sewaktu bisa dikatakan:
  • Normal: ketika kadar gula darah < 200 mg/dL
  • Diabetes: ketika kadar gula darah > 200 mg/dL
Sementara untuk tes gula darah puasa, hasilnya bisa dikatakan:
  • Normal: ketika kadar gula darah < 100 mg/dL
  • Prediabetes: saat kadar gula darah 100 – 125 mg/dL
  • Diabetes: saat kadarnya > 125 mg/dL.
Jika melakukan tes toleransi glukosa oral, seseorang dikatakan normal ketika kadar gula darah < 140 mg/dL, prediabetes 140 – 200 mg/dL, dan diabetes > 200 mg/dL.Bagi yang melakukan tes HbA1c, seseorang dikatakan normal ketika kadar gula darah < 5,7%, prediabetes 5,7 – 6,4%, dan mengalami diabetes > 6,4 %.

Rutin pantau kadar gula darah Anda

tes gula darah
Perlu diingat, diabetes tidak menunjukkan gejala yang jelas terlihat. Seringkali seseorang telah mengalami gejala diabetes seperti sering minum, sering buang air kecil, dan sering makan walaupun berat badannya turun, ternyata sudah dalam fase diabetes.Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi Anda untuk melakukan cek gula darah secara rutin untuk mengetahui kadar gula darah.Khususnya bagi Anda yang memiliki riwayat keluarga diabetes, berat badan berlebih dan kegemukan (IMT > 22,9), dan berumur 45 tahun atau lebih.

Jaga kadar gula darah bersama Tropicana Slim

Agar tetap sehat dan terhindar dari risIko terkena diabetes, menjaga pola makan yang sehat adalah salah satu faktor yang penting. Begitu juga dengan mengurangi asupan gula berlebih.Agar gula darah terkendali dan Anda tetap dapat menikmati manisnya hidup, pilih camilan yang bebas gula seperti Tropicana Slim Korean Goguma Cookies yang diformulasikan hanya 100 kalori per sachet, cocok untuk diet dan juga aman untuk diabetes.
diabetes melitus tipe 2luka diabeteshidup sehatadv tropicana slim
The importance of weight management in type 2 diabetes mellitus. 2014. International Journal of Clinical Practice, 68 (6): 682–691.Weight Management in Type 2 Diabetes: Current and Emerging Approaches to Treatment. 2015. Diabetes Care; 38:1161–1172.Physical Activity/Exercise and Diabetes. 2004. Diabetes Care 27 (S1): S58-S62.American Diabetes AssociationDiabetes Diet, Eating, & Physical Activity. 2016. National Institute of Health: National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases (NIDDK).Benefits and safety of low calorie sweeteners. 2012. The European Food Information Council.Nonnutritive Sweeteners: Current Use and Health Perspectives. 2012. Diabetes Care; 35(8): 1798-1808.
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait