Sedang Diet, Berapa Jumlah Kalori Saus Teriyaki?


Terlepas dari rasa umami dari olahan ini, orang yang sedang menjaga berat badan tentu perlu tahu berapa kalori saus teriyaki. Sebab, dalam satu sendok makan saja, kalori saus teriyaki sekitar 14. Simak terus untuk tahu lebih lengkap kalori dan kandungan nutrisi saus gurih satu ini.

0,0
15 Oct 2021|Azelia Trifiana
Saus teriyakiSaus teriyaki
Siapa yang suka olahan masakan serba teriyaki? Biasanya, yang paling populer adalah ayam teriyaki. Namun terlepas dari rasa umami dari olahan ini, orang yang sedang menjaga berat badan tentu perlu tahu berapa kalori saus teriyaki.
Sebab, dalam satu sendok makan saja, kalori saus teriyaki sekitar 14. Simak terus untuk tahu lebih lengkap kalori dan kandungan nutrisi saus gurih satu ini.

Mengenal asal mula saus teriyaki

Dalam bahasa Jepang, kata “teriyaki” berarti “glossy broil”. Ini adalah metode memasak yang menggabungkan “teri” yaitu “berkilau” dan “yaki” yang berarti “dipanggang”. Metode ini telah ada sejak berabad silam, sejak periode Tokugawa atau Edo.Hingga kini, popularitas penggunaan saus teriyaki dalam masakan tidak surut. Bukan hanya di Jepang, di berbagai negara ada banyak olahan resep dengan saus teriyaki yang menggugah selera.Biasanya selain saus teriyaki, akan ditambahkan pula kecap asin, bawang putih, dan jahe segar untuk memperkaya rasa.Di Jepang, olahan teriyaki yang paling populer adalah untuk marinasi ikan. Sementara di Amerika Serikat, olahan yang lebih terkenal adalah ayam teriyaki.

Kandungan nutrisi saus teriyaki

Biasanya, saus teriyaki digunakan untuk marinasi atau bumbu oles dan rendaman protein seperti ikan, daging, dan ayam. Tak hanya itu, saus teriyaki juga bisa dijadikan bumbu tumisan atau sebagai kaldu.Lebih jauh lagi, dalam satu sendok makan atau 16 gram saus teriyaki, terdapat nutrisi berupa:
  • Kalori: 14
  • Lemak: 0,0003
  • Sodium: 613 miligram
  • Karbohidrat: 2,5 gram
  • Gula: 2,2 gram
  • Protein: 1 gram
Lihat daftar di atas, tentu yang paling menarik perhatian adalah tingginya kandungan sodium dalam saus teriyaki. Tepat sekali. Kalori saus teriyaki memang rendah, namun kandungan sodiumnya sangat tinggi.Dalam satu sendok makannya saja, terdapat lebih dari 600 miligram sodium. Tak heran, sebab salah satu kandungan utama dari saus teriyaki adalah kecap asin.Perlu diingat bahwa rekomendasi harian konsumsi sodium adalah 2.300 miligram. Artinya, satu sendok makan saus teriyaki saja telah mencakup 25% batas rekomendasi harian.Hanya saja bagi yang fokus pada kalori, tak perlu khawatir sebab 14 kalori tidak akan menambah signifikan jumlah total kalorinya.Jadi, sebaiknya jangan mengonsumsi olahan saus teriyaki secara berlebihan. Sewajarnya saja, mengingat kandungan sodiumnya yang cukup tinggi.

Manfaat saus teriyaki untuk kesehatan

Mengingat biasanya saus teriyaki hanya dikonsumsi dalam jumlah sedikit, tentu manfaatnya untuk kesehatan pun tidak signifikan. Namun, ada beberapa bahan dalam saus teriyaki yang bisa saja bermanfaat bagi kesehatan. Berikut detailnya:
  • Potensi melindungi dari kanker

Salah satu komposisi saus teriyaki berupa kecap asin mengandung isoflavon berupa fitoestrogen. Ini adalah zat yang kinerjanya mirip dengan estrogen dalam tubuh.Mengonsumsi makanan dengan bahan baku kedelai dapat menurunkan risiko menderita kanker seperti kanker payudara dan kanker prostat.
  • Potensi mencapai berat badan ideal

Jika ingin menurunkan berat badan, bahan yang satu ini bisa dipilih karena kalori saus teriyaki cukup rendah. Artinya, bisa jadi alternatif masakan ketimbang digoreng. Contohnya, dengan merendam protein seperti ikan atau ayam dalam saus teriyaki dan dipanggang, bukan digoreng.Ini akan membantu memperkaya rasa tanpa menambah kalori karena metode memasak digoreng. Bahkan, mengganti ayam goreng dengan ayam teriyaki bisa mencegah Anda mengonsumsi kelebihan 100 kalori.
  • Potensi melancarkan pencernaan

Jenis saus teriyaki yang mengandung jahe dapat melancarkan pencernaan. Lihat bagaimana banyak orang yang minum air jahe untuk meredakan mual dan muntah? Tepat sekali. Sebab, jahe membantu memecah dan mengeluarkan gas.
  • Potensi mengoptimalkan sistem imun

Saus teriyaki juga biasanya dipadukan dengan bawang putih. Banyak sekali manfaat dari bawang putih, salah satunya mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah sakit.

Catatan dari SehatQ

Sebagai catatan, orang yang alergi terhadap kedelai sebaiknya pertimbangkan dahulu sebelum mengonsumsi saus teriyaki. Sebaiknya, cari merek yang tidak mengandung kecap asin di dalamnya.Atau, Anda bisa juga membuat sendiri saus teriyaki dengan mengganti kedelai dengan produk lain seperti saus tamari.Kalori saus teriyaki antara satu merek dan lainnya bisa berbeda. Namun rata-rata, hanya terdapat 14 kalori dalam satu sendok makan saus teriyaki.Namun ingat, dalam takaran sekecil itu terdapat lebih dari 600 miligram sodium. Ini telah mencakup seperempat dari batas harian konsumsi sodium Anda.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar ciri-ciri konsumsi sodium berlebih, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
makanan sehathidup sehatpola hidup sehat
Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/teriyaki-sauce-nutrition-facts-and-health-benefits-5199150
Diakses pada 1 Oktober 2021
Shogun Orlando. https://www.shogunorlando.com/the-popularity-of-teriyaki-sauce-in-japanese-cuisine/
Diakses pada 1 Oktober 2021
USDA. https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/1100459/nutrients
Diakses pada 1 Oktober 2021
Academy of Nutrition and Dietetics. https://www.eatright.org/health/wellness/heart-and-cardiovascular-health/the-facts-on-sodium-and-high-blood-pressure
Diakses pada 1 Oktober 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait