Berapa Hari setelah Operasi Caesar Boleh Mandi? Ketahui Tips Aman Melakukannya


Waktu mengenai berapa hari setelah operasi caesar boleh mandi umumnya 3 hingga 4 minggu pasca persalinan. Namun, semua bergantung pada kondisi luka sayatan Anda.

(0)
Konsultasi dengan dokter untuk memastikan berapa hari setelah operasi caesar boleh mandiJika hendak mandi setelah caesar, Anda harus memastikan bahwa luka pascaoperasi sudah benar-benar sembuh
Usai menjalani persalinan, banyak ibu yang mempunyai keinginan untuk segera membersihkan diri dengan mandi. Namun, mandi setelah melahirkan tak boleh dilakukan secara sembarangan, khususnya bagi Anda yang menjalani proses persalinan secara caesar. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah waktu mandi setelah caesar. Lantas, berapa hari setelah operasi caesar boleh mandi?

Berapa hari setelah operasi caesar boleh mandi?

Waktu mengenai berapa hari setelah operasi caesar boleh mandi bergantung pada kondisi luka sayatan pada tubuh Anda. Umumnya, wanita yang menjalani operasi caesar boleh mandi dalam waktu 3 hingga 4 hari setelah persalinan.Jika hendak mandi setelah caesar, Anda harus memastikan bahwa luka pascaoperasi sudah benar-benar sembuh. Mandi sebelum luka sembuh bisa berpotensi meningkatkan risiko infeksi pada sayatanInfeksi pada luka pascaoperasi dapat memicu rasa sakit serta perasaan tidak nyaman. Tidak hanya itu, dalam beberapa kasus, infeksi juga bisa membuat luka bekas sayatan jadi terlihat lebih menonjol dan menyebabkan komplikasi.Beberapa tanda luka mengalami infeksi, di antaranya:
  • Munculnya rasa nyeri pada sayatan
  • Kulit sekitar sayatan menjadi kemerahan
  • Tercium aroma busuk dari luka sayatan
  • Keluar cairan dari luka sayatan
  • Perdarahan pada luka sayatan
Agar lebih aman, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mandi untuk memastikan kondisi luka Anda. Hal ini perlu Anda lakukan untuk mengurangi risiko infeksi pada luka.Meski tidak diperbolehkan untuk mandi, Anda harus tetap menjaga kebersihan area sekitar luka. Gunakan air hangat dan sabun yang lembut di kulit untuk membersihkan area sekitar luka. Bersihkan dengan tangan, hindari penggunaan waslap atau spons mandi karena bisa mengiritasi kulit dan memengaruhi proses penyembuhan.

Tips mandi setelah operasi caesar

Mandi setelah operasi caesar sebaiknya dilakukan setelah luka jahitan kering
Mandilah dengan air bersuhu hangat
Seusai mendapatkan lampu hijau dari dokter, Anda bisa segera mandi. Meskipun begitu, cara mandi setelah caesar tidak boleh dilakukan sembarangan dan harus memerhatikan sejumlah hal. Berikut ini sejumlah tips mandi setelah operasi caesar:

1. Masuk dan keluar bathtub dengan aman

Sebelum mandi dengan cara berendam, pastikan Anda dapat masuk dan keluar dari bathub dengan aman. Meskipun luka sayatan telah sembuh, kekuatan Anda mungkin belum kembali sepenuhnya.Jika belum terlalu kuat, mintalah bantuan orang lain untuk memapah Anda ketika keluar masuk bathtub. Agar lebih aman, Anda disarankan menunggu hingga tenaga sudah benar-benar pulih.

2. Hindari produk mandi yang memicu iritasi

Ketika mandi, hindari menggunakan produk pembersih yang dapat mengiritasi luka dan area kulit sekitarnya. Anda dapat menggunakan sabun lembut bebas pewangi yang biasa dipakai oleh bayi. Aturan serupa juga perlu diterapkan dalam pemilihan produk losion dan pelembap.

3. Mandi dengan air hangat

Mandilah dengan air bersuhu hangat. Hindari penggunaan air yang bersuhu terlalu dingin atau terlalu panas saat mandi. Ketika membersihkan luka sayatan, lakukan dengan sangat berhati-hati. Jangan menggosoknya, apalagi menggunakan waslap dengan bahan keras.

4. Jaga agar luka tidak terkena semprotan

Saat hendak membersihkan sabun yang  menempel pada luka sayatan, aliri tubuh Anda dengan air secara perlahan. Jangan menyemprot maupun menyiram luka langsung menggunakan air.

5. Keringkan dengan hati-hati

Selesai mandi, keringkan air yang masih menempel pada luka sayatan secara lembut memakai tangan. Pastikan luka bekas sayatan benar-benar kering supaya tidak mengalami infeksi. Untuk mengeringkan area sekitar luka, Anda bisa menepuknya dengan lembut menggunakan handuk.Untuk mengetahui tips mandi yang aman usai operasi caesar, Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Nantinya, dokter akan merekomendasikan sejumlah tips yang bisa diterapkan untuk meminimalkan terjadinya infeksi.

Catatan dari SehatQ

Mandi setelah caesar tidak boleh dilakukan secara sembarangan karena dapat menyebabkan terjadinya infeksi. Waktu mengenai berapa hari setelah operasi caesar boleh mandi tergantung kondisi luka sayatan Anda pasca operasi.Umumnya, Anda sudah boleh mandi 3 hingga 4 hari setelah persalinan. Namun, agar lebih aman, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui kondisi luka sayatan. Langkah tersebut perlu dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.Untuk berdiskusi lebih lanjut terkait berapa hari setelah operasi caesar boleh mandi dan cara melakukannya dengan benar, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ . Download sekarang di App Store dan Google Play.
operasi caesarmelahirkankehidupan pasca melahirkan
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/bath-after-c-section
Diakses pada 2 Maret 2021
Parenting First Cry. https://parenting.firstcry.com/articles/bath-after-c-section-precautions-and-benefits/
Diakses pada 2 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait