Berat Badan Bayi 3 Bulan yang Harus Diketahui Orang Tua


Berat badan bayi 3 bulan bisa berbeda untuk laki-laki dan perempuan karena perlu disesuaikan dengan panjang badan. Di usia 3 bulan, panjang bayi laki-laki adalah sekitar 61,5 cm sementara panjang bayi perempuan sekitar 60 sentimeter.

(0)
02 Feb 2020|Anita Djie
Berat badan bayi 3 bulan yang normal dan ideal dikatakan bergizi baikBerat badan bayi 3 bulan naik turun masih normal jika tidak terlalu drastis
Berat badan bayi 3 bulan yang ideal itu berapa? Pertanyaan ini mungkin kerap hinggap di benak para orang tua baru. Bertanya-tanya dan mencari tahu tentu sangat wajar karena Anda pasti menginginkan anak Anda tumbuh dengan baik. Pasalnya, salah satu indikator tumbuh kembang bayi yang optimal adalah beratnya. Meski tiap anak memiliki laju perkembangan yang berbeda, perkembangan berat anak idealnya terus naik tiap bulan sejak bayi baru lahir.Jika Anda penasaran berapa berat normal untuk bayi yang berusia 3 bulan atau seumurannya, berikut ulasan lengkapnya.

Berat badan bayi 3 bulan yang ideal

Setiap bayi memiliki laju perkembangan yang berbeda-beda dan dipengaruhi oleh berbagai faktor. Namun, secara umum WHO dan Kemenkes RI sepakat bahwa berat badan bayi 3 bulan yang normal ada di rentang 5,0-7,2 kg untuk laki-laki dan 4,5-6,6 kg untuk perempuan.Lebih lanjut, pertumbuhan bobot bayi juga perlu disesuaikan dengan berat lahirnya. Anda juga perlu memeriksa panjang badan bayi. Rata-rata panjang badan bayi laki-laki adalah sekitar 61,5 sentimeter sementara bayi perempuan akan memiliki panjang sekitar 60 sentimeter. Bayi dengan berat lahir rendah (BBLR) mungkin berbobot sedikit lebih ringan dan panjang badan yang lebih kecil.Dengan pertimbangan tersebut, begini rata-rata perkembangan bayi dari baru lahir sampai 3 bulan adalah sebagai berikut:
  • Berat badan: kenaikan rata-rata sekitar 450–900 gram per bulan dalam 3 bulan pertama.
  • Tinggi badan: pertambahan tinggi badan bayi sekitar 1,5-2,5 cm setiap bulan sejak dilahirkan hingga usia 6 bulan.
  • Ukuran kepala: pada usia 0-3 bulan, bayi perempuan akan memiliki lingkar kepala sekitar 34-39,5 cm, sementara lingkar kepala bayi laki-laki sekitar 34,5-40,5 cm.

Faktor yang memengaruhi berat badan ideal bayi 3 bulan

Biasanya berat badan bayi akan selalu bertambah paling cepat dalam enam bulan hingga sembilan bulan pertama. Laju pertumbuhan mereka akan melambat secara bertahap saat mereka bertumbuh balita dan bergerak lebih aktif.Pertumbuhan bayi mulai dari tinggi atau panjang sampai berat normal pada usia 3 bulan dapat dipengaruhi oleh berbagai hal, di antaranya:

1. Jenis kelamin

Jenis kelamin dapat berdampak pada berat badan bayi 3 bulan. Bayi yang berjenis kelamin laki-laki akan lebih besar dan lebih mudah untuk mengalami peningkatan berat badan ketimbang bayi berjenis kelamin perempuan. 

2. Jenis susu yang dikonsumsi

Dalam masa enam bulan pertama bayi, pemberian ASI wajib dilakukan oleh sang ibu. Akan tetapi, terkadang terdapat beberapa orangtua yang memilih untuk memberikan susu formula kepada buah hatinya.Bayi yang mengonsumsi ASI biasanya bertumbuh lebih cepat dan memiliki berat badan yang lebih besar daripada bayi yang mengonsumsi susu formula.

3. Kondisi ibu sebelum melahirkan

Keadaan sang ibu sebelum melahirkan juga dapat menentukan pencapaian berat normal bayi saat berusia 3 bulan. Ibu yang merokok atau tidak mendapat asupan nutrisi yang cukup akan lebih mungkin untuk memiliki bayi yang berukuran kecil.Jika sang ibu mengalami kondisi diabetes gestational, maka bayi yang lahir akan berpeluang untuk memiliki ukuran yang lebih besar.

4. Kelahiran prematur

Bayi yang mengalami kelahiran prematur akan lebih sulit untuk menaikkan berat badan dan bertumbuh lebih lambat daripada bayi normal lainnya.Namun, sebagian besar bayi yang lahir prematur mengalami peningkatan berat badan yang pesat saat bulan pertama kelahirannya dan akan dapat mengejar ketertinggalannya saat berusia satu tahun.

5. Lahir kembar siam

Lahir prematur bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi berat badan bayi 3 bulan yang ideal. Jika Si Kecil lahir kembar siam, maka terdapat kemungkinan ia akan memiliki berat badan yang lebih kecil daripada normalnya.

6. Kualitas tidur bayi

Tahukah Anda bahwa Si Kecil akan bertumbuh setelah tidur? Karenanya bayi yang memiliki tidur yang baik akan memiliki pertumbuhan yang lebih pesat.

7. Gangguan hormon

Gangguan hormon berupa kadar hormon pertumbuhan atau hormon tiroid yang rendah mampu menghambat perkembangan buah hati dalam mencapai berat badan normal.

8. Kondisi medis tertentu

Apabila Si Kecil mengalami kondisi medis tertentu yang menghambat pertumbuhannya, tentunya buah hati akan mengalami kesulitan untuk mencapai berat normal untuk bayi yang berusia 3 bulan.Beberapa kondisi medis yang dapat mempengaruhi meliputi, penyakit celiac, kecacatan pada jantung, down syndrome, penyakit ginjal, cystic fibrosis, dan sebagainya.

9. Obat-obatan tertentu

Tidak hanya kondisi medis saja yang dapat menghambat pertumbuhan bayi, obat-obatan tertentu, seperti kortikosteroid juga dapat menghalangi kenaikan berat badan Si Kecil.

Cara mencapai berat badan ideal bayi 3 bulan

Jika berat badan bayi tampak tidak memenuhi standar normalnya, maka beberapa hal yang bisa dilakukan untuk bantu mengoptimalkan penambahan berat badan bayi Anda adalah di antaranya:
  • Pastikan bayi Anda mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Biarkan ia menyelesaikan satu kali menyusu selama 10 sampai 15 menit sebelum menawarkan asupan ASI berikutnya
  • Jika sebab asupan ASI berkurang karena otot rahangnya belum cukup kuat, Anda bisa memberikan ASI dalam botol atau susu formula
  • Tingkatkan intensitas menyusui untuk mencukupi kebutuhan ASI si kecil. Konsumsi juga makanan sehat agar menghasilkan ASI berkualitas

Hal yang harus dilakukan jika berat badan bayi tidak ideal di usia 3 bulan

Tidak perlu panik, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memantau pertumbuhan bayi dan memeriksa apakah kenaikan berat badan cenderung stabil atau tidak dalam kurun waktu beberapa minggu.Pertumbuhan Si Kecil tidak seperti garis lurus yang terus ke atas. Terkadang ia akan mengalami kenaikan atau penurunan berat badan bahkan stagnasi. Hal paling penting yang harus diawasi adalah seberapa stabil pertumbuhannya.Saat pertumbuhan berat badan bayi 3 bulan tampak tidak normal, tidak menentu, atau bahkan cenderung menurun, Anda perlu membawanya ke dokter spesialis anak untuk diperiksa lebih lanjut dan dipastikan penyebabnya.Jika Anda memiliki kekhawatiran soal keterlambatan tumbuh kembang Si Kecil, ada baiknya berkonsultasi dulu dengan dokter spesialis anak melalui chat di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
bayi & menyusuiibu dan anakbayi
Baby Center. https://www.babycenter.com/0_failure-to-gain-weight-in-babies_1621.bc
Diakses pada 31 Januari 2019
Baby Center. https://www.babycenter.com/0_your-childs-size-and-growth-timeline_10357633.bc
Diakses pada 31 Januari 2019
Livestrong. https://www.livestrong.com/article/223937-normal-weight-height-for-a-three-month-old-baby/
Diakses pada 31 Januari 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325630.php#what-affects-baby-weight
Diakses pada 31 Januari 2020
Stanford Children's Health. https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=the-growing-child-1-to-3-months-90-P02166 Diakses pada 15 Oktober 2020Good to Know. https://www.goodtoknow.co.uk/family/babies/your-baby-s-weight-69876 Diakses pada 15 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait