Berapa Berat Badan Ideal Pria? Ini Cara Menghitungnya


Berat badan ideal pria tergantung dari tinggi badan dan kepadatan massa ototnya. Bagaimana cara menghitungnya? Simak penjelasannya di sini.

(0)
21 Dec 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Berat badan ideal pria juga dipengaruhi oleh tinggi badanBerat badan ideal bergantung pada kepadatan massa otot
Berat badan ideal pria bisa diperoleh jika Anda mengetahui caranya. Ternyata, memiliki berat badan ideal bukan hanya masalah penampilan fisik. Namun lebih dari itu, persoalan berat badan sangat berhubungan dengan kesehatan Anda secara keseluruhan.Berat badan yang tidak ideal, terutama jika Anda kegemukan bahkan obesitas, akan menaikkan risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, batu empedu, masalah pernapasan, dan beberapa tipe kanker.Jika Anda merasa berat badan Anda sudah berlebihan, ada baiknya mulai menjalani program diet demi mendapatkan berat badan pria ideal. Bila perlu, minta saran dokter maupun ahli gizi mengenai panduan menu makan sehat yang mempercepat tercapainya target itu.

Berat badan ideal pria bisa dihitung dengan cara ini

IMT di atas 30 menunjukkan obesitas
Salah satu metode yang banyak digunakan untuk menentukan berat badan ideal pria ialah dengan menghitung indeks massa tubuh (IMT). Untuk menghitungnya, Anda harus terlebih dahulu mengukur tinggi badan (dalam sentimeter) dan menimbang berat badan (dalam kilogram) Anda sendiri.Setelah itu, gunakan rumus penghitungan berikut ini.IMT = Berat badan (dalam kg) : Tinggi badan (dalam m)²Jika Anda menghitung berat badan ideal pria ini dengan kalkulator, maka akan ada banyak koma di belakangnya.Bulatkan menjadi satu desimal saja, kemudian Anda bisa membandingkan hasilnya dengan indikator IMT berikut ini:
  • Kurus: IMT kurang dari 18,5
  • Normal: IMT antara 18,5-24,9
  • Gemuk: IMT 25-29,9
  • Obesitas: IMT lebih dari 30
Selain menghitung secara manual, Anda juga dapat menggunakan kalkulator online yang disediakan berbagai situs kesehatan. Dengan memasukkan data tinggi dan berat badan, Anda akan langsung memperoleh IMT dan indikasi bahwa Anda kurus, normal, gemuk, atau obesitas.Misalnya, seorang laki-laki memiliki tinggi bada 180 cm dan berat badan 80 kg. Maka berdasarkan perhitungan di atas, IMT nya mencapai 24,7 atau masih dalam kategori normal.Sayangnya, perhitungan berat badan ideal pria dengan menggunakan metode IMT ini memiliki kelemahan. Seorang atlet misalnya, mungkin memiliki berat badan yang lebih banyak dibanding pria dengan ukuran tubuh serupa. Oleh karena itu, atlet ini bisa saja dikategorikan memiliki IMT gemuk, padahal tubuhnya padat dan atletis.Hal ini mungkin saja terjadi karena massa otot lebih padat dibanding lemak, sehingga mengakibatkan berat badan terlihat sangat tinggi. Hal yang sama juga berlaku karena faktor usia. Pria dewasa biasanya memiliki berat tubuh lebih tinggi dibanding anak-anak atau remaja dengan tinggi badan yang sama, karena kepadatan massa otot ini.

Bagaimana cara mendapatkan berat badan ideal pria?

Mengonsumsi sayuran dapat membantu raih berat badan ideal
Jika IMT belum ideal, baik terlalu kurus ataupun terlalu gemuk bahkan obesitas, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan berat badan ideal pria. Jalan yang bisa Anda tempuh antara lain:

1. Membuat target realistis

Daripada memikirkan untuk menambah berat badan 5 kg atau mengurangi bobot 15 kg, cobalah untuk membuat target jangka pendek yang terlihat lebih realistis, misalnya menaikkan atau menurunkan 1 kg dalam 2 minggu.

2. Mengonsumsi makanan bergizi

Diet Anda harus tetap bergizi, misalnya dengan menambah asupan sayur, buah, gandum utuh, susu rendah lemak atau bahkan tanpa lemak, daging tanpa lemak, serta kacang-kacangan. Hindari makanan dan minuman yang tinggi gula, lemak jenuh, dan beralkohol.

3. Memperhatikan porsi makan

Jaga juga porsi makan Anda agar tidak berlebihan (untuk yang ingin menurunkan berat badan) atau tidak kurang. Bila perlu, Anda dapat menggunakan aplikasi untuk mencatat jumlah kalori yang masuk ke tubuh.

4. Rutin berolahraga

Lakukan olahraga selama 30-40 menit per hari atau total 150 menit per minggu. Jenis latihan pun sebisa mungkin bervariasi, yakni kombinasi kardio, latihan kekuatan, dan latihan fleksibilitas.

Catatan dari SehatQ

Untuk menambah motivasi, Anda bisa mengajak teman untuk melakukan program menaikkan maupun menurunkan berat badan. Anda juga dapat bergabung di komunitas tertentu untuk mendapatkan tips dari para anggotanya.Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang cara memperoleh berat badan ideal dengan sehat, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
berat badan idealmenurunkan berat badankelebihan berat badan
NHLBI. https://www.nhlbi.nih.gov/health/educational/lose_wt/risk.htm
Diakses pada 9 Desember 2020
CDC. https://www.cdc.gov/nccdphp/dnpao/growthcharts/training/bmiage/page5_1.html
Diakses pada 9 Desember 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/mens-health/average-weight-for-men
Diakses pada 9 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait