Mengetahui Kadar Gula Darah Normal yang Perlu Anda Jaga Batasnya


Gula darah normal adalah kunci dalam menangani masalah diabetes. Gula darah bisa berbeda pada anak-anak sehat, penderita diabetes tipe 1, hingga dewasa penderita diabetes tipe 2.

0,0
28 Jun 2019|Azelia Trifiana
Gula darah normal harus dijaga agar diabetes tidak terjadiApakah kadar gula darah Anda sudah sesuai dengan batas normal gula darah?
Memiliki kadar gula darah normal menjadi penting karena ini artinya, risiko Anda untuk terkena hipoglikemia, hiperglikemia, atau bahkan diabetes, dapat terminimalisir. Lantasn, berapa normalnya kadar gula darah? Apa yang harus Anda lakukan agar kadar gula darah di dalam tubuh senantiasa terkendali? Simak informasinya berikut ini.

Berapa kadar gula darah normal?

Memahami kadar gula darah normal bisa menjadi kunci dalam menangani masalah diabetes. Gula darah bisa berbeda antara anak-anak sehat, penderita diabetes tipe 1, hingga dewasa penderita diabetes tipe 2.Batas normal gula darah untuk seseorang berarti interpretasi seberapa batasan yang direkomendasikan untuknya. Kadar gula darah yang normal bagi seseorang akan berbeda-beda dalam berbagai keadaan. Berikut adalah batas gula darah normal untuk beberapa kondisi yang dapat Anda jadikan rujukan:
  • Sebelum makan: 70-130 mg/dL
  • Dua jam setelah makan: kurang dari 140 mg/dL
  • Gula darah setelah puasa 8 jam: kurang dari 100 mg/dL
  • Saat tidur: 100-140 mg/dL
Bagi orang dewasa baik pria dan wanita, tidak ada perbedaan yang signifikan. Keduanya memiiki batas gula darah normal yang sama. Akan tetapi, ada sedikit perbedaan pada batas normal gula darah untuk lansia. Jadi, hal ini harus disesuaikan lagi dengan usia Anda. 

Mengapa penting mengetahui batas gula darah normal?

Gula darah disebut juga dengan glukosa, yaitu sumber energi yang digunakan untuk beraktivitas. Dalam sehari, level gula darah akan mencapai titik terendah ketika seseorang belum makan.Itu sebabnya setelah seseorang mengonsumsi karbohidrat, maka sistem pencernaan akan mengolahnya menjadi gula darah yang diserap tubuh. Gula yang ada dalam aliran darah ini akan dialirkan ke sel-sel tubuh menjadi energi.Dengan demikian, gula darah sebaiknya tidak terlalu rendah atau terlalu tinggi. Jika batas gula darah normal tidak terpenuhi, hal ini dapat berpengaruh pada kondisi kesehatan seseorang. Secara umum, terdapat 2 (dua) kondisi yang menunjukkan abnormalitas kadar gula darah tubuh, yaitu:Dalam perkembangannya, hiperglikemia ini bisa menjadi penyakit diabetes, yakni ketika kadar glukosa benar-benar melebihi batas normal dan tidak bisa dikendalikan akibat kegagalan tubuh dalam memproduksi insulin secara cukup. 

Cara menjaga kadar gula darah normal

Untuk menjaga kadar gula darah normal sehingga terhindar dari hipoglikemia atau hiperglikemia, Anda perlu menjaga agar gula darah tetap dalam batasan normal. Beberapa cara untuk melakukannya adalah:
  • Berolahraga

Rajin berolahraga akan membantu menjaga gula darah tetap stabil. Lakukan olahraga sesuai dengan kondisi tubuh Anda setidaknya selama 2,5 jam per minggunya. Tidak perlu olahraga berat, cukup lakukan olahraga ringan seperti jogging asalkan rutin dilakukan setiap hari. 
  • Batasi konsumsi karbohidrat

Jaga pola makan Anda dengan membatasi konsumsi karbohidrat. Asupan karbohidrat berlebih dapat memicu kenaikan kadar gula darah tubuh. Adna bisa menggunakan alternatif makanan lain seperti ubi, pasta, dan nasi merah yang memiliki kandungan karbohidrat sedikit. 
  • Hindari stres

Stres ternyata juga dapat memicu peningkatan gula darah. Itu sebabnya, sebaiknya Anda menghindari stres dan mengalihkannya dengan kegiatan positif guna menjaga kadar gula darah tetap normal.
  • Makan tepat waktu

Melewatkan waktu makan juga bisa memicu gula darah berada dalam kondisi tidak stabil. Frekuensi makan ideal adalah 3 kali sehari ditambah 2 camilan bernutrisi di sela jam makan.
  • Lakukan tes gula darah 

Anda juga disarankan untuk melakukan tes gula darah secara berkala. Tujuannya tidak lain untuk memantau kadar gula darah tubuh, apakah normal atau tidak. Dengan begitu, langkah penanganan bisa segera dilakukan apabila memang ditemukan abnormalitas pada kadar gula darah.

Anda juga bisa memeriksa berapa kadar gula darah dan menyesuaikannya dengan batas kadar gula darah normal. Jika ingin menggunakan alat tes gula darah sendiri di rumah, konsultasikan terlebih dahulu pada dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasi SehatQ di App Store dan Google Play. 
diabetesgula darahdiabetes melitus tipe 1diabetes melitus tipe 2
Diabetes UK. https://www.diabetes.co.uk/diabetes_care/blood-sugar-level-ranges.html
Diakses 8 Juni 2019
WebMD. https://www.webmd.com/diabetes/qa/what-are-normal-blood-sugar-levels
https://www.webmd.com/diabetes/how-sugar-affects-diabetes#1
Diakses 8 Juni 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/249413.php
Diakses 8 Juni 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait