Berapa Banyak Air Putih yang Harus Kita Minum Per Hari?

Anda wajib minum secara rutin untuk mencegah dehidrasi
Agar tubuh terhidrasi, Anda wajib minum air putih secara rutin

Tubuh manusia terdiri kurang lebih dari 60% air. Dan agar seluruh organ tubuh dapat berfungsi dengan baik, keperluan air tubuh harus terpenuhi. Jika tidak, tubuh akan mengalami dehidrasi.

Setiap harinya tubuh dapat kehilangan air lewat keringat, napas, dan juga air seni. Untuk mengganti kehilangan air tersebut Anda harus rutin minum air putih.

Namun pertanyaannya adalah, berapa banyak air putih yang harus Anda minum per hari agar tidak dehidrasi? Meski Anda sering mendengar bahwa minum air putih 8 gelas sehari adalah yang ideal, kenyataannya tidak demikian. Sampai saat ini belum ada aturan minum air putih ideal yang bisa berlaku untuk semua orang.

Kebutuhan air putih tiap orang berbeda-beda. Ada beberapa faktor yang memengaruhinya.

Faktor yang memengaruhi kebutuhan air seseorang

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk mengetahui seberapa banyak Anda minum setiap harinya. Aturan tidak bakunya adalah, semakin sering Anda berkeringat atau buang air kecil, semakin banyak juga air yang Anda harus minum untuk menggantinya.

  • Lingkungan

Lingkungan menjadi salah satu faktor yang menentukan berapa banyak air putih yang harus Anda minum. Jika Anda tinggal di daerah panas pastinya Anda akan sering berkeringat. Oleh karena itu Anda juga harus lebih sering minum air. Tak hanya di lingkungan panas, di daerah tinggi pun tubuh lebih banyak mengeluarkan air. Pastikan minum secara rutin untuk menghindari dehidrasi.

  • Aktivitas keseharian

Jika Anda sering melakukan aktivitas yang membuat Anda sering berkeringat, seperti olahraga, pastinya konsumsi air Anda harus lebih banyak. Jika Anda berolahraga pastikan untuk minum sebelum, saat, dan setelah olahraga agar tidak dehidrasi.

  • Kondisi kesehatan

Kondisi demam dan diare dapat membuang banyak air dari tubuh Anda. Oleh karena itu Anda wajib minum lebih banyak ketika mengalami kondisi ini. Kondisi lainnya yang mewajibkan Anda harus banyak minum adalah infeksi pada saluran kencing.

  • Sedang menyusui

Wanita yang sedang menyusui wajib minum banyak air dibandingkan wanita yang tidak, untuk menjaga kebutuhan cairan dalam tubuh.

Efek negatif kurang minum

Kondisi  kurangnya cairan dalam tubuh dapat membawa efek negatif seperti berikut:

  • Penurunan konsentrasi
  • Kulit kering
  • Mudah timbul jerawat di wajah
  • Terbentuknya batu ginjal
  • Lemas
  • Pusing
  • Pencernaan tidak lancar
  • Dehidrasi, gejalanya berupa haus berlebih atau tidak ingin minum sama sekali, elastisitas kulit berkurang, tidak terproduksi air mata, jumlah dan frekuensi pembuangan urine

Daftar di atas adalah beberapa efek yang sering muncul ketika Anda kurang minum. Meski begitu masih ada efek negatif lainnya yang dapat timbul ketika tubuh mengalami kekurangan cairan. Jangan sampai Anda jatuh pada kondisi dehidrasi.

Manfaat minum air putih

Minum air putih secara rutin mampu memberikan efek menyehatkan bagi tubuh Anda.  Beberapa di antaranya adalah:

  • Kulit sehat

Ketika tubuh mendapatkan asupan air yang cukup, kulit terasa lebih kenyal dan sehat. Minum banyak air juga mencegah kulit kering, yang menurunkan penampilan Anda.

  • Membuang kotoran dari tubuh

Setiap kali tubuh mencerna makanan, pasti ada zat sisa yang tak terpakai oleh tubuh. Zat ini biasa dibuang lewat air seni dan juga keringat. Jika zat ini dibiarkan menumpuk di tubuh maka dapat menimbulkan penyakit. Dengan banyak minum air putih, tubuh dapat mengeluarkan zat sisa ini dari tubuh Anda secara rutin.

  • Menjaga suhu tubuh normal

Air memiliki peran alami untuk mengatur suhu tubuh. Itu sebabnya ketika demam, Anda harus banyak minum air putih untuk membantu menurunkan suhu tubu.

  • Pelumas tubuh

Setiap sel dalam tubuh manusia membutuhkan air untuk berfungsi secara optimal. Air berfungsi menjaga persendian tetap licin dan melindungi jaringan-jarang penting dalam tubuh.

  • Menjaga kesehatan organ vital

Selain ginjal, jantung juga dapat merasakan manfaat dari tercukupinya cairan tubuh. Aliran darah akan lancar, tekanan darah menjadi normal dan tidak memberatkan kerja jantung.

Catatan dari SehatQ

Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Tidak ada yang bisa memastikan berapa kebutuhan air yang ideal Anda setiap harinya. Namun ada aturan mudah yang dapat Anda ingat dan lakukan, yaitu:

  1. Jangan menunggu haus untuk minum
  2. Gunakan tempat minum berukuran 2 liter untuk memantau berapa cairan yang masuk.
  3. Minum air jika Anda berkeringat dalam jumlah yang banyak.

Pastikan untuk minum air secara rutin agar fungsi tubuh Anda tetap terjaga.

MayoClinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/water/art-20044256
Diakses pada 12 Januari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/how-much-water-should-you-drink-per-day#section6

Diakses pada 12 Januari 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/6514825

Diakses pada 12 Januari 2020

Artikel Terkait