Rambut kribo dapat dirawat dengan berbagai cara ini
Seorang pria dengan rambut kribo

Rambut kribo identik dengan gaya rambut yang pernah populer pada tahun 1970-an. Gaya rambut ini biasanya memiliki tekstur yang kering dan lebih bervolume sehingga dibutuhkan lebih banyak usaha untuk merawatnya.

Salah satu cara merawat rambut kribo yang paling efektif adalah dengan menjaganya agar tetap lembap. Cara melembapkannya pun bervariasi, bisa menggunakan bahan-bahan alami hingga melalui perawatan di salon rambut.

Cara merawat rambut kribo

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar perawatan rambut kribo, simak beberapa cara merawata rambut kribo berikut ini.

1. Melembapkan rambut dengan minyak

Banyak pemilik rambut kribo yang mengeluhkan rambutnya cenderung cepat kering dan kehilangan kelembapannya. Hal ini bisa terjadi karena produk-produk perawatan rambut tidak dapat meresap dengan baik sampai ke akar.

Untuk mencegah masalah ini, Anda harus melembapkan rambut secara rutin dengan menggunakan produk-produk, seperti minyak argan (jojoba), minyak zaitun, minyak jarak, atau minyak kelapa.

Minyak-minyak tersebut sangat populer dan telah terbukti efektif melembapkan rambut kribo. Anda cukup oleskan minyak tersebut pada rambut selama 2-3 menit setelah keramas atau sebelum menyisir. Selain itu, Anda juga bisa memberikan masker maupun kondsioner supaya dapat membantu menata rambut dengan mudah.

2. Menyisir dengan benar

Salah satu tantangan terbesar memiliki rambut kribo adalah rambut yang mudah kusut, bahkan dari akar hingga ujung rambut. Rambut yang kusut sering kali disebabkan oleh tekstur rambut kribo itu sendiri. Jika rambut tidak ditangani dengan lembut, maka akan menyebabkan kerusakan pada rambut saat disisir. 

Untuk mengantisipasinya, pertama-tama, gerakkan jari-jari tangan dengan lembut ke rambut sebelum menyisir rambut. Ini akan membantu memisahkan rambut yang kusut tanpa merusaknya.

Apabila kesulitan, Anda juga dapat memisahkan rambut yang kusut dengan menggunakan sisir yang bergigi lebar. Hindari menyisir rambut dari akarnya, karena akan merusak rambut jika ada rambut yang kusut.

Sebaiknya, sisir rambut dari tengah lalu turun ke bagian ujung. Mengikat rambut dengan kuncir atau syal sebelum tidur juga dapat membantu membuat rambut Anda rapi keesokan harinya, lho!

3. Menjaga rambut agar tetap bervolume

Menjaga rambut kribo agar tetap bervolume itu penting. Akan tetapi, masalah volume ini bisa muncul setelah Anda tidur karena rambut umumnya menjadi rata, yang berarti Anda harus mengembalikan volume dan bentuknya kembali di pagi hari.

Cara mengatasinya adalah bagilah rambut menjadi empat bagian atau lebih jika Anda memiliki rambut pendek, lalu kepang bagian-bagian tersebut. Dengan begitu, akan membantu menjaga volume rambut Anda dan menjaga agar tidak kusut serta sulit untuk disisir.

4. Rutin keramas

Keuntungan terbesar memiliki rambut kribo adalah Anda tidak perlu keramas sebanyak jenis rambut lainnya. Anda hanya perlu melakukannya setidaknya tiga kali dalam seminggu.

Jika terlalu sering keramas, sebum atau minyak alami yang berguna untuk melembapkan rambut akan cepat hilang. Usahakan menggunakan sampo dan kondisioner yang bebas sulfat, serta yang tidak akan menghilangkan minyak alami pada rambut.

Dalah hal ini, penting untuk menggunakan produk yang dirancang khusus untuk jenis rambut kribo karena produk yang salah akan menyebabkan banyak masalah pada rambut. Sering dengan berjalannya waktu, penggunaan produk yang salah akan membuat rambut kribo Anda rontok dan kehilangan warna alaminya. Gunakan juga produk perawatan rambut kribo dengan perlindungan sinar UV supaya warna alami rambut Anda tetap terjaga.  

5. Menggunakan pelindung rambut

Sesuai namanya, menggunakan pelindung rambut dapat mencegah rambut Anda dari kerusakan dan kerontokan. Pelindung rambut kribo yang bisa Anda gunakan, di antaranya topi atau membuat kepang rambut. Saat membuat kepang rambut, pastikan jika Anda tidak mengikatnya terlalu kencang agar mengurangi ketegangan pada kulit kepala.

Dengan menggunakan pelindung rambut, Anda juga dapat mengurangi kemungkinan menyisir dan menata rambut berlebihan. Satu hal yang perlu Anda ingat, Anda harus rutin mencuci pelindung rambut yang digunakan supaya tidak terjadi penumpukan kotoran.

Ketika menggunakan pelindung rambut, pastikan Anda tetap menggunakan minyak atau pelembap rambut setiap hari untuk menjaga folikel rambut tetap sehat.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat rambut kribo. Dengan rambut yang terawat, penampilan Anda pun akan semakin maksimal.

Bona. https://www.bona.co.za/7-tips-for-a-healthy-afro/
Diakses pada 19 Juni 2020

Goodhousekeeping. https://www.goodhousekeeping.co.za/5-tips-on-how-to-care-for-your-afro/
Diakses pada 19 Juni 2020

Naturalgirlwigs. https://naturalgirlwigs.com/blogs/beauty/how-to-care-for-your-natural-hair
Diakses pada 19 Juni 2020

Wikihow. https://www.wikihow.com/Have-Healthy-Afro-Hair
Diakses pada 19 Juni 2020

Artikel Terkait