logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Penyakit

Daftar Obat Flu Alami yang Ampuh dan Aman

open-summary

Obat flu alami seperti air garam, bawang putih, hingga minyak atsiri memang tidak bisa menggantikan pengobatan medis dari dokter. Namun setidaknya, obat flu alami bisa mengurangi gejala dan membantu proses Penyembuhan.


close-summary

6 Mei 2020

| Fadli Adzani

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Obat flu alami tidak dapat dijadikan sebagai pengobatan utama.

Obat flu alami sangat beragam, mulai dari minyak atsiri hingga air putih.

Table of Content

  • Gejala flu
  • Obat flu alami yang ampuh
  • Cara mengobati flu lainnya
  • Catatan dari SehatQ

Obat flu alami memang terdengar menggiurkan. Namun tetap saja, obat flu alami tidak bisa menggantikan keampuhan pengobatan medis dari dokter.

Advertisement

Walau begitu, ada beberapa obat flu tradisional yang aman dikonsumsi dan dilakukan. Beberapa penelitian juga berhasil membuktikan keampuhannya. Apa saja macam-macam obat flu alami yang dimaksud? Berikut informasinya.

Baca Juga

  • 11 Cara Meningkatkan Hormon Endorphin yang Menyenangkan
  • Mengenal Eritrasma, Penyakit yang Bersarang di Lipatan Tubuh
  • Miley Cyrus Operasi Pita Suara, Kenali 5 Cara Menyayangi Pita Suara Anda

Gejala flu

Flu adalah infeksi virus yang menyerang sistem pernapasan, seperti hidung, tenggorokan, hingga paru-paru. Bagi sebagian orang, flu biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Namun terkadang, flu bisa sangat berbahaya, terutama pada beberapa orang seperti anak di bawah usia 5 tahun, ibu hamil, hingga orang lanjut usia (lansia).

Sebelum Anda mengetahui beberapa obat flu alami yang akan dibahas, pahami dulu sederet gejala flu yang harus diwaspadai:

  • Demam di atas 38 derajat Celsius
  • Nyeri otot
  • Menggigil
  • Berkeringat
  • Sakit kepala
  • Batuk kering
  • Lemah lesu
  • Nyeri tenggorokan
  • Hidung tersumbat

Beberapa gejala flu di atas harus diwaspadai, supaya flu tidak memunculkan komplikasi. Perlu ditegaskan, beberapa obat flu alami ini tidak bisa menjadi pengobatan utama dalam mengobati flu. Pengobatan medis dari dokter harus tetap dilakukan.

Obat flu alami yang ampuh

cara agar tidak flu adalah menjaga daya tahan tubuh agar tetap stabil dan kuat. Jika sudah terkena gejala flu, berikut beberapa cara untuk Mengatasinya:

1. Campuran teh, madu, dan lemon

Saat sedang flu, Anda perlu mengonsumsi banyak cairan untuk mencegah dehidrasi. Salah satu minuman yang berfungsi tidak hanya sebagai pencegah dehidrasi, tetapi juga sebagai cara mengatasi flu adalah campuran teh, madu, dan lemon.

Fungsi madu dan lemon sebagai obat flu alami tidak hanya meningkatkan asupan vitamin, tetapi juga melegakan sakit tenggorokan dan batuk yang dialami.

2. Makanan yang mengandung beta-glucan

Beta-glucan merupakan zat gula yang bisa ditemukan di beberapa jamur, ganggang laut, tanaman, dan sebagainya. Kandungan beta-glucan bisa membantu untuk meningkatkan sistem imun dan menangkal influenza, pilek, dan sebagainya.

Makanan-makanan yang mengandung beta-glucan untuk dijadikan obat flu dan batuk alami adalah jelai (barley), gandum (oat), ragi, sereal, dan beberapa jamur.

3. Salep mentol atau minyak eukaliptus

Salep mentol dan minyak eukaliptus atau yang dikenal sebagai minyak kayu putih bisa dijadikan obat herbal flu dan batuk karena dapat membantu melegakan hidung tersumbat.

Caranya mudah, taruhlah minyak atau salep pada tisu atau kain, kemudian angkat tisu atau kain yang sudah dituangkan minyak atau salep di dekat mulut dan hidung Anda. Hiruplah aroma salep atau minyak dari tisu atau kain beberapa kali dalam sehari.

4. Probiotik

Probiotik yang ditemukan dalam yogurt tidak hanya berefek untuk melancarkan pencernaan, tetapi juga meningkatkan sistem imun tubuh. Akan lebih baik jika Anda mengonsumsi probiotik sebelum Anda terkena influenza.

Ketika ingin mengonsumsi produk yang mengandung probiotik, pastikan bahwa produk probiotik yang dipilih memiliki kandungan bakteri Bifidobacterium dan Lactobacillus. Konsumsi produk probiotik sesuai dengan takaran yang diberikan.

5. Bawang putih

bawang putih
Bawang putih mengandung zat yang dapat melawan virus flu

Obat flu alami selanjutnya adalah bawang putih. Pasalnya, bawang putih yang menambah keharuman dan cita rasa masakan memiliki kandungan antivirus dan antibakteri yang dapat menjadi cara mengatasi flu.

Selain mencampurkan bawang putih dalam masakan, Anda bisa langsung memakannya secara mentah. Namun, jangan mengonsumsi bawang putih ketika Anda memiliki alergi bawang putih.

6. Buah beri

Tidak hanya vitamin C yang meningkatkan sistem imun, buah beri seperti stroberi, blueberry, blackberry, juga mengandung polifenol yang memiliki kandungan antivirus. Hal ini membuat buah beri bisa digunakan sebagai cara mengatasi flu. 

7. Kaldu hangat

Kaldu hangat juga dipercaya sebagai obat flu alami, terutama kaldu ayam dan tulang sapi. Keduanya dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi dan membantu melegakan hidung yang tersumbat.

Ditambah lagi, kaldu tulang sapi sangat kaya akan protein dan zat mineral seperti sodium serta kalium.

8. Zinc

Zinc adalah zat mineral penting, yang dibutuhkan tubuh dalam waktu genting. Sebab, zinc sangat dibutuhkan sistem imun tubuh dalam melawan infeksi. Dalam beberapa riset, zinc dapat meredakan gejala flu dan pilek.

Bahkan, zinc juga terbukti mampu melawan virus flu dan menghambat perkembangannya di dalam tubuh.
Makanan seperti telur, kacang-kacangan, produk susu, biji-bijian, daging merah, hingga kerang sangat kaya akan zinc.

9. Air garam

Berkumur dengan air garam hangat juga dianggap bisa menjadi obat flu alami. Sebab, air garam dapat meredakan salah satu gejala flu yang sangat menjengkelkan, yakni sakit tenggorokan. Selain itu, berkumur dengan air garam hangat juga bisa membasmi lendir.

Namun ingat, jangan biarkan anak Anda berkumur dengan air garam. Sebab, tidak semua anak sudah bisa berkumur dengan baik dan benar. Perlu ditegaskan juga, air garam tidak untuk diminum, ya.

10. Minyak atsiri

Minyak atsiri, atau yang lebih dikenal dengan sebutan populernya essential oils, bisa menjadi obat flu alami. Bahkan, dalam beberapa studi, tea tree oil, terbukti ampuh dalam melawan virus flu dan menghambat perkembangan virus flu di dalam tubuh.

Namun, penggunaan tea tree oil dianggap paling ampuh jika dihirup paling tidak 2 jam setelah tubuh Anda terjangkit virus flu.

11. Mandi air hangat

Obat flu alami yang patut dicoba selanjutnya ialah mandi dengan air hangat.

Mandi air hangat dipercaya dapat mengatasi flu pada anak-anak dan juga orang dewasa. Menambahkan garam Epsom dan soda kue ke dalam airnya juga diyakini mampu meredakan nyeri di badan.

Menuangkan beberapa tetes minyak atsiri, seperti minyak eucalyptus atau tea tree oil juga dapat memberikan efek menenangkan.

12. Echinacea

Obat alami flu yang dipercaya ampuh ialah ekstrak tumbuhan Echinacea. Bahkan, ekstraknya juga dianggap bisa mencegah pilek.

Sebuah studi yang dimuat di dalam jurnal HHS Public Access menjelaskan, berbagai komponen yang dimiliki bunga Echinacea dapat mendukung sistem kekebalan tubuh dan mengandung senyawa antivirus. Jadi tidak heran jika Echinacea dianggap sebagai obat flu alami yang ampuh.

Meski begitu, berkonsultasilah dulu pada dokter sebelum mencoba obat flu alami ini agar terhindar dari efek samping.

Cara mengobati flu lainnya

Selain dengan obat flu alami di atas, ada sejumlah cara lainnya yang dapat Anda terapkan untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit ini, yaitu:

1. Air putih

Minum air putih
Air putih sebagai obat flu alami

Minum air putih sangatlah penting untuk menjaga hidrasi tubuh. Selain itu, air putih juga dianggap bisa menjadi obat flu alami karena mampu menjaga kelembapan hidung, tenggorokan, dan mulut, sehingga lendir bisa dihilangkan.

Saat flu, tubuh akan kekurangan cairan karena gejala-gejalanya, seperti diare dan demam. Itulah sebabnya, air putih dipercaya bisa menjadi obat flu alami yang ampuh.

2. Istirahat yang cukup

Apalah arti dari obat flu tradisional tanpa istirahat yang cukup? Ya, istirahat adalah kunci kesuksesan dari penyembuhan segala macam penyakit, seperti flu misalnya.

Istirahat bisa menjaga kestabilan sistem imun tubuh, sehingga virus yang menyebabkan influenza dapat dibasmi.

3. Pelembap udara

Flu
Jangan remehkan flu

Tahukah Anda bahwa virus flu akan lebih “nyaman” berada dalam ruangan yang kering? Hal ini bisa membuat virus flu lebih mudah menyebar.

Memasang pelembap udara atau humidifier bisa membantu virus flu untuk “enyah”, dan mungkin bisa menyembuhkan flu yang Anda idap.

Catatan dari SehatQ

Ingatlah, sederet obat flu alami di atas tidak bisa dijadikan sebagai pengganti obat-obatan medis dari dokter. Sebab, obat flu alami tidak bisa memberikan hasil penyembuhan yang maksimal.

Pastikan Anda datang ke dokter untuk berkonsultasi dan menceritakan gejala yang dialami, supaya dokter bisa memberikan obat-obatan yang sesuai untuk flu.

Konsultasikan kondisi kesehatan Anda dengan dokter melalui layanan live chat di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ, lebih mudah dan cepat! Download aplikasi SehatQ di App Store dan Google Play sekarang juga. 

Advertisement

penyakitfluinfluenzahidup sehat

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved