Beragam Obat Flu Alami Supaya Bisa Sembuh dengan Cepat

Obat flu alami tidak dapat dijadikan sebagai pengobatan utama.
Obat flu alami sangat beragam, mulai dari minyak atsiri hingga air putih.

Obat flu alami memang terdengar menggiurkan. Namun tetap saja, obat flu alami tidak bisa menggantikan keampuhan pengobatan medis dari dokter.

Walau begitu, ada beberapa obat flu alami yang aman dikonsumsi dan dilakukan. Beberapa penelitian juga berhasil membuktikan keampuhannya.

Obat flu alami yang ampuh

Flu adalah infeksi virus yang menyerang sistem pernapasan, seperti hidung, tenggorokan, hingga paru-paru. Bagi sebagian orang, flu biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Namun terkadang, flu bisa sangat berbahaya, terutama pada beberapa orang seperti anak di bawah usia 5 tahun, ibu hamil, hingga orang lanjut usia (lansia).

Sebelum Anda mengetahui beberapa obat flu alami yang akan dibahas, pahami dulu sederet gejala flu yang harus diwaspadai:

  • Demam di atas 38 derajat Celsius
  • Nyeri otot
  • Menggigil
  • Berkeringat
  • Sakit kepala
  • Batuk kering
  • Lemah lesu
  • Nyeri tenggorokan
  • Hidung tersumbat

Beberapa gejala flu di atas harus diwaspadai, supaya flu tidak memunculkan komplikasi. Perlu ditegaskan, beberapa obat flu alami ini tidak bisa menjadi pengobatan utama dalam mengobati flu. Pengobatan medis dari dokter harus tetap dilakukan.

1. Air putih

Minum air putih
Air putih sebagai obat flu alami

Air putih sangatlah penting untuk menjaga hidrasi tubuh. Selain itu, air putih juga dianggap bisa menjadi obat flu alami karena mampu menjaga kelembapan hidung, tenggorokan, dan mulut, sehingga lendir bisa dihilangkan.

Saat flu, tubuh akan kekurangan cairan karena gejala-gejalanya, seperti diare dan demam. Itulah sebabnya, air putih dipercaya bisa menjadi obat flu alami yang ampuh.

2. Istirahat yang cukup

Apalah arti dari obat flu alami tanpa istirahat yang cukup? Ya, istirahat adalah kunci kesuksesan dari penyembuhan segala macam penyakit, seperti flu misalnya.

Istirahat bisa menjaga kestabilan sistem imun tubuh, sehingga virus yang menyebabkan influenza dapat dibasmi.

3. Kaldu hangat

Kaldu hangat juga dipercaya sebagai obat flu alami, terutama kaldu ayam dan tulang sapi. Keduanya dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi dan membantu melegakan hidung yang tersumbat.

Ditambah lagi, kaldu tulang sapi sangat kaya akan protein dan zat mineral seperti sodium serta kalium.

4. Zinc

Zinc adalah zat mineral penting, yang dibutuhkan tubuh dalam waktu genting. Sebab, zinc sangat dibutuhkan sistem imun tubuh dalam melawan infeksi. Dalam beberapa riset, zinc dapat meredakan gejala pilek dan flu.

Bahkan, zinc juga terbukti mampu melawan virus flu dan menghambat perkembangannya di dalam tubuh.
Makanan seperti telur, kacang-kacangan, produk susu, biji-bijian, daging merah, hingga kerang sangat kaya akan zinc.

5. Air garam

Berkumur dengan air garam hangat juga dianggap bisa menjadi obat flu alami. Sebab, air garam dapat meredakan salah satu gejala flu yang sangat menjengkelkan, yakni sakit tenggorokan. Selain itu, berkumur dengan air garam hangat juga bisa membasmi lendir.

Namun ingat, jangan biarkan anak Anda berkumur dengan air garam. Sebab, tidak semua anak sudah bisa berkumur dengan baik dan benar. Perlu ditegaskan juga, air garam tidak untuk diminum, ya.

6. Minyak atsiri

Minyak atsiri, atau yang lebih dikenal dengan sebutan populernya essential oils, bisa menjadi obat flu alami. Bahkan, dalam beberapa studi, tea tree oil, terbukti ampuh dalam melawan virus flu dan menghambat perkembangan virus flu di dalam tubuh.

Namun, penggunaan tea tree oil dianggap paling ampuh jika dihirup paling tidak 2 jam setelah tubuh Anda terjangkit virus flu.

7. Pelembap udara

Flu
Jangan remehkan flu

Tahukah Anda bahwa virus flu akan lebih “nyaman” berada dalam ruangan yang kering? Hal ini bisa membuat virus flu lebih mudah menyebar.

Memasang pelembap udara atau humidifier bisa membantu virus flu untuk “enyah”, dan mungkin bisa menyembuhkan flu yang Anda idap.

Catatan dari SehatQ:

Ingatlah, sederet obat flu alami di atas tidak bisa dijadikan sebagai pengganti obat-obatan medis dari dokter. Sebab, obat flu alami tidak bisa memberikan hasil penyembuhan yang maksimal.

Pastikan Anda datang ke dokter untuk berkonsultasi dan menceritakan gejala yang dialami, supaya dokter bisa memberikan obat-obatan yang sesuai untuk flu.

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/flu/symptoms-causes/syc-20351719
Diakses pada 6 Mei 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/natural-flu-remedies#water-and-fluids
Diakses pada 6 Mei 2020

Artikel Terkait