logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan dan Kandungan Gizi Lengkap

open-summary

Pisang mengandung tinggi serat yang baik untuk pencernaan. Bukan hanya itu, manfaat pisang untuk kesehatan juga bisa mencegah penyakit kanker, menjaga tekanan darah tetap stabil, hingga menjaga kesehatan ginjal. Namun, buah yang satu ini tidak disarankan untuk dikonsumsi penderita sakit ginjal karena tinggi kalium.


close-summary

19 Jul 2019

| Arif Putra

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

manfaat pisang kuning untuk kesehatan

Makan pisang bantu meningkatkan konsentrasi, melancarkan pencernaan, hingga memperindah mood

Table of Content

  • Kandungan pisang yang penuh nutrisi
  • Manfaat pisang untuk kesehatan tubuh
  • Risiko efek samping pisang dan cara mengolahnya yang benar

Pisang adalah buah yang mengandung nutrisi lengkap, mulai dari protein, karbohidrat, vitamin, hingga serat. Oleh karena itu, manfaat pisang untuk kesehatan sangat banyak. Bukan hanya bisa melancarkan energi dan menyehatkan pencernaan, pisang juga berkhasiat untuk membantu mencegah penyakit kanker hingga jantung.

Advertisement

Meski tinggi gizi dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, mengonsumsi pisang tetap tidak boleh berlebihan. Orang dengan penyakit gagal ginjal bahkan tidak dianjurkan untuk mengonsumsi buah ini karena berisiko memperburuk kondisi kesehatannya. 

Kandungan pisang yang penuh nutrisi

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan fakta bahwa buah berwarna kuning ini merupakan sumber kalium dan magnesium yang baik.

Namun, tahukah Anda apalagi zat gizi yang terkandung dalam pisang?

Berikut kandungan nutrisi dari 100 gram pisang saat matang dan mentah yang mungkin sayang untuk Anda lewatkan:

  • Protein: 1 gram
  • Karbohidrat: 23-32 gram
  • Serat: 2-3 gram
  • Lemak: Kurang dari 1 gram
  • Vitamin B6: 15-18% kebutuhan harian
  • Vitamin C: 15-31% kebutuhan harian
  • Provitamin A: 1-23% kebutuhan harian
  • Kalium: 10-14% kebutuhan harian
  • Magnesium: 7-9% kebutuhan harian

Kalori pisang cukup banyak, yakni dalam 100 gram mencapai 89-122 kalori. Kandungan pati dalam pisang akan berubah menjadi gula seiring dengan meningkatnya kematangan buah ini. Jika Anda memakan pisang sebelum matang, Anda tetap dapat mendapat manfaat berbeda dari pati sehat ini.

Pati ini cepat dimetabolisme tubuh dan akan berubah menjadi glukosa yang penting sebagai sumber energi, sedangkan pati yang lambat dimetabolisme akan berfungsi sebagai cadangan energi dan akan membantu menstabilisasi kadar gula darah.

Selain itu, pisang juga memiliki kandungana antioksidan seperti senyawa fenol dan karoten yang berguna untuk melindungi sel Anda dari kerusakan akibat oksidasi. Buah pisang juga mengandung berbagai mikronutrien, seperti folat, selenium, magnesium, kolin, zat besi, hingga fosfor dan kalium.

Pisang juga kaya akan neurotransmitter, seperti serotonin, dopamin, dan norepinefrin yang berguna untuk pengatur kecepatan jantung, tekanan darah, dan suasana hati.

Baca Juga

  • 10 Manfaat Black Sapote alias Kesemek Hitam, Buah Unik yang Bernutrisi Tinggi
  • 9 Pewarna Alami yang Aman dan Menyehatkan
  • Tidur dengan Kipas Angin, Bahaya Atau Sah-Sah Saja?

Manfaat pisang untuk kesehatan tubuh

Dengan kandungan nutrisi-nutrisi di atas, tak jarang buah pisang dijuluki sebagai superfood. Anda mungkin sudah pernah mendengar bahwa kandungan kalium dan magnesium sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan fungsi otot dan saraf. Kedua kandungan pisang ini juga baik untuk menjaga keseimbangan cairan dan pH atau tingkat keasaman tubuh.

Dari kandungan pisang yang penuh nutrisi, berikut sederet manfaat pisang lainnya yang harus Anda ketahui:

1. Meningkatkan konsentrasi otak

Karena mengandung kalium, buah pisang dapat membantu meningkatkan konsentrasi. Baik bagi anak maupun orang dewasa. Kalium dalam buah berdaging kuning ini dapat membuat otak dan saraf berfungsi dengan maksimal.

Pisang juga kaya akan magnesium. Zat ini memainkan peran penting untuk mengirimkan sinyal di antara otak dengan tubuh anak.

Pisang matang sebagai superfood
Pisang mengandung nutrisi yang baik untuk otak

Magnesium juga berfungsi sebagai penjaga reseptor N-Methyl-D-Aspartate (NMDA), yang membantu perkembangan otak, meningkatkan daya ingat, serta meningkatkan kemampuan pembelajaran.

2. Memberikan energi

Manfaat buah pisang lainnya adalah menjadi sumber energi. Pisang memberikan energi untuk mengawali hari yang lebih baik daripada minuman berenergi. Mengonsumsi dua buah pisang saat sarapan bahkan dikatakan dapat memberikan energi yang cukup untuk berjalan kaki selama satu setengah jam. Luar biasa, bukan?

3. Melancarkan sistem pencernaan

Manfaat buah pisang bagi pencernaan adalah dapat mencegah sembelit. Buah pisang kaya akan kandungan serat. Nutrisi ini bermanfaat dalam melancarkan pencernaan.

Serat pektin dalam pisang juga disebut memiliki khasiat untuk melawan kanker usus besar. Meski begitu, penelitian lebih luas masih dibutuhkan untuk memberikan bukti akurat mengenai manfaat pisang yang satu ini.

4. Mengatur kadar gula dalam darah

Pisang mengandung serat pektin. Selain diyakini bisa melawan kanker usus, serat ini juga termasuk nutrisi penting untuk mengendalikan glukosa dalam darah.

Asosiasi Diabetes Amerika bahkan menyebutkan bahwa manfaat pisang tetap dapat dirasakan oleh orang yang menderita penyakit diabetes. Meski begitu, jumlahnya harus dibatasi.

5. Membantu cegah kanker dan penyakit jantung

Khasiat buah pisang lainnya adalah dapat mencegah berbagai penyakit kronis, seperti kanker hingga jantung. Pisang mengandung antioksidan yang dapat memberikan manfaat untuk kesehatan secara menyeluruh.

Contoh antioksidan yang ada pada buah pisang yakni dopamin dan katekin. Antioksidan ini memiliki khasiat penting, seperti menangkal radikal bebas dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Penelitian juga menemukan antioksidan lain, seperti lektin, dapat membantu tubuh membuang radikal bebas sehingga dapat mencegah kerusakan sel yang penyebab kanker dan baik untuk kesehatan jantung.

Baca juga: Pisang Mengandung Vitamin-Vitamin Ini, Simak Daftarnya

6. Mengenyangkan perut

Bahan pangan ini juga mengandung sejenis karbohidrat yang disebut resistant starch. Bersama serat pektin, nutrisi ini mampu memberikan efek mengenyangkan.

Oleh karena itu, pisang juga dicanang dapat membantu dalam menurunkan berat badan. Ini berarti, kabar baik untuk Anda yang sedang berdiet, bukan?

7. Menyenangkan hati

Manfaat pisang lainnya didapatkan dari kandungan asam amino yang disebut triptofan di dalamnya. Bersama dengan vitamin B6 yang juga ada dalam pisang, triptofan dapat merangsang produksi hormon serotonin.

Hormon serotonin mampu memberikan sensasi senang pada tubuh dan memperbaiki mood. Dengan ini, pikiran dan tubuh Anda pun bisa menjadi lebih rileks.

8. Menjaga tekanan darah tetap stabil

Pisang adalah salah satu buah yang mengandung tinggi kalium. Penelitian menyebutkan, kandungan kalium berperan penting untuk mengelola tekanan darah agar tetap stabil. Kalium dapat membantu meredakan ketegangan pembuluh darah, yang bisa menyebabkan tekanan darah tinggi. Kandungan serat dalam buah pisang juga membantu menghilangkan kolesterol jahat atau LDL, sehingga mampu menurunkan risiko terjadinya stroke hingga tekanan jantung.

9. Menjaga kesehatan ginjal

Bukan hanya baik untuk menjaga tekanan darah tetap stabil, kandungan kalium dalam buah pisang juga baik untuk kesehatan ginjal. Penelitian menunjukkan, rutin mengonsumsi 2 sampai 3 buah pisang dalam seminggu akan membuat seseorang memiliki risiko penyakit ginjal 33 persen lebih rendah. Apabila konsumsinya ditambah, yakni menjadi 4 sampai 6 pisang dalam satu minggu, risiko penyakit ginjal akan berkurang hingga 50 persen.

10. Menjaga kesehatan mata

Manfaat pisang lainnya adalah bagus untuk kesehatan mata, karena mengandung antioksidan, vitamin A, C, E, dan karotenoid yang dapat memperbaiki sel rusak. Vitamin A dan vitamin C juga merupakan nutrisi penting yang bisa menjaga kesehatan mata dan kulit.

11. Menjaga kesehatan kulit

Seperti yang telah disebutkan, pisang kaya akan kandungan vitamin C dan vitamin B6, yang merupakan antioksidan alami, sehingga baik untuk kulit. Manfaat buah pisang ini dapat melawan tanda-tanda penuaan dini, seperti kulit kusam, flek, garis halus, keriput, hingga kulit yang mengendur.

12. Baik untuk lambung

Buah pisang yang baik untuk pencernaan, juga baik untuk lambung. Orang yang rutin mengonsumsi buah pisang, diketahui memiliki sistem pencernaan yang lebih baik. Buah pisang ini merupakan antasida alami yang berfungsi untuk menetralkan asam lambung. Pisang juga kaya antioksidan flavonoid yang dapat membantu meningkatkan membran mukus dalam lambung, sehingga mencegah terjadinya tukak lambung. 

Baca juga: Manfaat Kulit Pisang untuk Wajah yang Tak Terduga

Risiko efek samping pisang dan cara mengolahnya yang benar

Pisang bisa dibeli kapan saja dan mudah ditemukan. Pasalnya, buah ini bisa tumbuh sepanjang tahun, apalagi di negara tropis seperti Indonesia.

Harganya juga relatif murah sehingga Anda tak perlu keluar uang banyak jika ingin menyantap pisang dan mendapatkan manfaat kesehatannya yang luar biasa.

Manfaat pisang
Pisang dapat diolah menjadi smoothie dan dikombinasikan dengan buah lain

Selain dapat dimakan secara langsung, buah ini juga dapat dikonsumsi dengan dikombinasikan bersama makanan lain. Misalnya, menaburkan irisan pisang dalam semangkuk oatmeal atau di atas roti gandum panggang. Anda pun bisa mengolahnya menjadi smoothies, dengan menaburkan irisan buah lain di atasnya.

Namun perlu diperhatikan, meski tergolong makanan sehat dengan segudang manfaat,  jika dikonsumsi berlebihan pisang memiliki efek samping yang buruk untuk kesehatan tubuh seperti menyebabkan kembung, kram, mual, hingga muntah. Mengonsumsi pisang terlalu banyak juga bisa meningkatkan kadar kalium dalam darah.

Jika Anda alergi terhadap buah yang satu ini, efek samping pisang juga bisa menyebabkan kantuk karena kandungan triptofan di dalamnya. Pisang juga tidak bisa dikonsumsi sembarang untuk orang-orang dengan kondisi medis tertentu. 

Sebagai contoh, bagi Anda yang sedang mengonsumsi obat jenis beta-blockers sebagai pengobatan penyakit jantung, Anda sebaiknya menghindari buah pisang. Pasalnya, kalium dalam buah ini berpotensi memberikan dampak negatif dengan obat tersebut.

Begitu juga dengan pengidap gagal ginjal. Kandungan kalium dalam pisang maupun sumber makanan lainnya dapat membahayakan. Apabila ginjal tidak bisa mengeluarkan kalium yang berlebihan dalam darah, hal ini bisa berakibat fatal.

Bila ingin mendapatkan manfaat pisang secara optimal, konsumsilah dengan bijak dan dalam jumlah yang wajar. USDA atau Departemen Pertanian Amerika Serikat merekomendasikan agar orang dewasa cukup makan sekitar dua cangkir buah sehari, atau sekitar dua pisang.

Selalu konsultasikan dengan dokter apabila Anda memiliki kondisi medis tertentu. Jangan sampai manfaat pisang yang baik malah berujung buruk bagi kesehatan.

Jika ingin berkonsultasi langsung pada dokter seputar manfaat dari buah pisang dan aturan mengonsumsinya, Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.

Advertisement

sarapan sehatmakanan sehatmenjaga kesehatan

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved