Beragam Manfaat Susu Cokelat untuk Kesehatan


Manfaat susu cokelat untuk kesehatan sangatlah beragam, salah satunya mendukung perkembangan sekaligus menjaga kesehatan tulang dan gigi serta memulihkan otot.

(0)
susu cokelatMinum susu cokelat bermanfaat untuk memelihara kesehatan tulang dan gigi
Susu cokelat kerap dijadikan pilihan orang-orang yang tidak menyukai rasa susu putih. Sama seperti susu putih, susu cokelat juga punya beragam manfaat yang baik untuk kesehatan dan tubuh. Manfaat susu cokelat tak lepas dari berbagai kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Meski begitu, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan supaya konsumsinya tidak menjadi bumerang untuk Anda.

Manfaat susu cokelat untuk kesehatan

Susu cokelat sama seperti susu putih, mempunyai beragam kandungan nutrisi yang baik dan berguna bagi tubuh serta kesehatan, Salah satu nutrisi yang terkandung dalam susu cokelat adalah kalsium. Mineral ini mempunyai peranan penting dalam menjaga kesehatan tulang.Menurut penelitian, konsumsi susu secara rutin bisa membantu perkembangan tulang yang kuat pada anak-anak dan remaja.Selain punya kandungan kalsium tinggi, susu cokelat juga kaya akan protein, fosfor dan vitamin D. Nutrisi-nutrisi tersebut berguna untuk membangun sekaligus memelihara kesehatan gigi dan tulang. Manfaat susu cokelat tersebut akan lebih optimal jika dikombinasikan dengan konsumsi makanan seperti sereal, kacang-kacangan, dan sayuran berdaun hijau.Di sisi lain, susu rasa cokelat juga dapat membantu untuk memulihkan tenaga Anda yang habis setelah berolahraga. Manfaat ini tidak lepas dari kandungan karbohidrat dan protein yang ada di dalamnya. Sebuah studi menyebut, susu cokelat efektif untuk mengisi kembali gula, cairan, dan elektrolit yang hilang selama berolahraga.

Benarkah minum susu cokelat baik untuk memulihkan otot setelah olahraga?

Selama ini, banyak orang mempertanyakan soal manfaat susu cokelat untuk memulihkan otot usai olahraga. Menurut penelitian, susu cokelat memang terbukti bermanfaat untuk hal tersebut.Kandungan karbohidrat dalam susu cokelat membantu memulihkan otot yang lelah usai berolahraga. Sementara itu, protein bermanfaat untuk membantu membangun otot tanpa lemak.

Kandungan nutrisi dalam susu cokelat

Sama seperti susu putih, susu cokelat juga mempunyai beragam nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh. Menurut Food Data Central, berikut ini kandungan nutrisi yang ada di dalam 240 ml susu cokelat:
  • Kalori: 180-211
  • Protein: 8 gram
  • Karbohidrat: 26-32 gram
  • Gula: 11-17 gram
  • Lemak: 2,5-9 gram
  • Kalsium: 28% dari kebutuhan harian
  • Vitamin D: 25% dari kebutuhan harian
  • Riboflavin: 24% dari kebutuhan harian
  • Kalium: 12% dari kebutuhan harian
  • Fosfor: 25% dari kebutuhan harian
Selain nutrisi-nutrisi di atas, ada pula sedikit kandungan mineral seperti zinc, selenium, dan magnesium. Anda juga bisa mendapatkan asupan vitamin A, vitamin B1, vitamin B6, dan vitamin B12 dari konsumsi susu cokelat.

Efek samping mengonsumsi susu cokelat secara berlebihan

Susu cokelat memang memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Namun, Anda tidak boleh mengonsumsi minuman ini secara berlebiihan. Mengonsumsinya secara berlebihan dapat meningkatkan risiko Anda terserang penyakit kronis.Berikut ini dampak buruk yang berpotensi muncul akibat mengonsumsi susu cokelat secara berlebihan:

1. Meningkatkan risiko diabetes

Setengah dari karbohidrat yang ditemukan dalam susu cokelat umumnya berasal dari gula tambahan. Hal tersebut dapat meningkatkan risiko Anda mengalami kelebihan berat badan (obesitas).Selain obesitas, asupan gula yang berlebih dapat meningkatkan risiko Anda mengalami diabetes. Diabetes adalah penyakit yang muncul akibat kadar gula berlebih dalam darah. Konsumsi gula berlebih juga memicu munculnya jerawat, karies gigi, dan depresi.

2. Memicu reaksi alergi

Bagi penderita intoleransi laktosa, minum susu cokelat bisa memicu reaksi alergi. Akibatnya, Anda berpotensi mengalami sejumlah gejala kesehatan, antara lain kembung, kram, hingga diare. Selain itu, penderita intoleransi laktosa juga dapat menderita sembelit parah.

3. Meningkatkan risiko terkena penyakit jantung

Gula tambahan dan lemak jenuh yang terkandung dalam susu cokelat dapat memberikan dampak buruk terhadap kesehatan jantung. Menurut sebuah penelitian, konsumsi 17- 21 persen kalori dari gula tambahan meningkatkan risiko penyakit jantung hingga 38 persen.

4. Dikaitkan dengan beberapa jenis kanker

Menurut sejumlah penelitian, konsumsi susu secara berlebih bisa meningkatkan risiko terkena kanker jenis tertentu, seperti kanker prostat dan kanker perut. Meskipun begitu, penelitian lain menyebut bahwa produk susu memiliki sedikit efek protektif terhadap risiko kanker kolorektal, kandung kemih, payudara, ovarium, pankreas, dan paru-paru.

Catatan dari SehatQ

Susu cokelat memiliki beragam manfaat yang baik untuk tubuh dan kesehatan Anda. Mulai dari mendukung perkembangan tubuh, menjaga kesehatan tulang dan gigi, hingga membantu memulihkan otot yang lelah setelah berolahraga.Meski menawarkan beragam manfaat untuk kesehatan, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi susu cokelat secara berlebihan karena dapat meningkatkan risiko diabetes, penyakit jantung, hingga kanker jenis tertentu.Untuk berdiskusi lebih lanjut terkait manfaat susu cokelat, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
makanan pembentuk ototsusualergi susu
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/chocolate-milk
Diakses pada 6 Januari 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/190813
Diakses pada 6 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait