Ini Dia Manfaat Sayur Bayam yang Menyegarkan untuk Kesehatan

(0)
20 Aug 2019|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Bayam memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk memelihara kesehatan mata dan melawan sel kankerAda sejumlah manfaat bayam yang dahsyat, termasuk memelihara kesehatan mata dan mencegah kanker
Sayur bayam merupakan salah satu sayuran yang sering kita sajikan di rumah. Selain mudah didapat dan dimasak, bayam memang menawarkan cita rasa yang segar untuk dikonsumsi. Manfaat bayam sebagai sumber nutrisi untuk Anda dan keluarga tidak bisa dilewatkan begitu saja.Selain enak dan menyegarkan, bayam juga sangat kaya dengan berbagai kandungan vitamin dan nutrisi lain. Kenali manfaat sayur bayam serta nutrisinya yang menyegarkan.

Manfaat sayur bayam untuk kesehatan tubuh

Berikut ini manfaat sayur bayam untuk kesehatan tubuh, yang tak bisa kita lewatkan begitu saja.

1. Melawan radikal bebas

Radikal bebas merupakan atom tidak stabil, yang dapat memicu kondisi stres oksidatif di tubuh. Stres oksidatif merupakan kondisi yang berbahaya, karena dapat merusak DNA sel, dan menyebabkan timbulnya beragam jenis penyakit.Salah satu manfaat bayam adalah melawan radikal bebas, serta mengurangi kondisi stres oksidatif. Beberapa jenis antioksidan pada sayur bayam adalah vitamin A, vitamin C, kaempferol, serta kuersetin.

2. Memelihara kesehatan mata

Tak diragukan lagi, sayur bayam sudah terkenal berkhasiat untuk kesehatan mata. Sayuran hijau ini mengandung zeaxanthin dan lutein, yang dapat melindungi mata dari kerusakan akibat sinar matahari.Selain itu, kedua zat tersebut juga mampu mencegah gangguan mata lain, seperti katarak dan degenerasi makula (gangguan penglihatan karena faktor usia).

3. Mencegah kanker

Manfaat bayam lainnya yakni mampu mencegah kanker. Sayur bayam mengandung zat yang disebut sulfoquinovosyl diacylglycerol (SQDG) dan monogalactosyl diacylglycerol (MGDG). Kedua zat ini dapat mencegah pertumbuhan sel kanker.Beberapa penelitian membuktikan, mengonsumsi sayur bayam, dapat menghambat timbulnya kanker prostat, kanker payudara, dan tumor serviks. Kandungan antioksidan dalam sayur ini juga berperan untuk melawan kanker, yang muncul karena stres oksidatif.
Sayur bayam kaya akan antioksidan
Sayur bayam kaya dengan molekul antioksidan

4. Mengendalikan tekanan darah

Sayur bayam juga kaya dengan nitrat yang memiliki manfaat untuk mengendalikan tekanan darah. Dengan mengendalikan tekanan darah, mengonsumsi sayur bayam juga dapat mengurangi risiko Anda terkena penyakit jantung.Temuan ini disajikan melalui laporan sebuah hasil riset yang dimuat dalam Nutrition Clinical Research. Dalam penelitian ini, 27 orang mengonsumsi sayur bayam selama 7 hari. Hasilnya, ditemukan bahwa sayur bayam efektif untuk menurunkan tekanan darah.

5. Mengendalikan diabetes

Manfaat bayam lainnya yang menakjubkan yakni mampu mengendalikan penyakit diabetes. Sayur bayam mengandung molekul antioksidan yang disebut asam alfa-lipoat yang terbukti dapat menurunkan kadar glukosa, meningkatkan sensitivitas insulin, serta menekan dampak stres oksidatif pada pasien diabetes.

6. Mencegah asma

Takut dengan risiko penyakit asma karena polusi udara? Konsumsilah sayur bayam. Sebab, sayur bayam juga memiliki potensi manfaat untuk mencegah asma.Nutrisi yang berperan untuk mencegah asma adalah beta-karoten. Anda bisa memperoleh banyak nutrisi ini pada sayur bayam. Temuan ini berdasarkan sebuah riset yang melibatkan 433 anak sebagai responden yang menunjukkan bahwa risiko terkena asma menjadi lebih rendah.Selain itu, masih ada manfaat lainnya dari bayam untuk kesehatan tubuh. Manfaat tersebut termasuk menjaga kesehatan tulang, melancarkan sistem pencernaan, serta menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Apa saja kandungan bayam, sehingga begitu bermanfaat?

Khasiat dan manfaat bayam di atas tentu bersumber dari kandungannya yang sangat mengesankan. Bayam memiliki beragam kandungan nutrisi, termasuk mikronutrien, vitamin, mineral, dan molekul-molekul lain yang baik untuk kesehatan.

1. Zat gizi pada sayur bayam

Sekitar 100 gram (atau kira-kira setara dengan setengah gelas belimbing) bayam mengandung mikronutrien di bawah ini.
  • 23 kalori
  • 91% air
  • 2,9 gram protein
  • 3,6 gram karbohidrat
  • 2,2 gram serat
  • 0,4 gram gula
  • 0,4 gram lemak

2. Kandungan vitamin dan mineral pada sayur bayam

Sayur bayam kaya akan vitamin dan berbagai mineral. Beberapa di antaranya, yaitu:
  • Vitamin A. Kandungan vitamin ini tentunya memberikan sejumlah manfaat. Misalnya, untuk kesehatan penglihatan, reproduksi, sistem imun, dan pertumbuhan sel.
  • Vitamin C. Salah satu molekul dalam bayam ini memiliki manfaat sebagai antioksidan. Vitamin C membantu menjaga kesehatan kulit serta memelihara fungsi kekebalan tubuh.
  • Vitamin K1. Vitamin ini bermanfaat untuk pembekuan darah.
  • Vitamin B9 (folat). Folat merupakan salah satu vitamin B yang sangat diperlukan ibu hamil. Vitamin ini juga penting untuk pertumbuhan sel dan jaringan tubuh
  • Zat besi. Kandungan zat besi dalam sayur bayam sangatlah tinggi. Zat besi membantu pembentukan hemoglobin, yang berperan untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh.
  • Kalsium. Selain bermanfaat untuk kesehatan tulang, kalsium juga penting untuk membantu kinerja sistem saraf, jantung, dan otot.
Sayur bayam mengandung vitain dan mineral yang baik untuk tubuh
Sayur bayam kaya dengan berbagai vitamin

3. Senyawa yang hanya ada pada tumbuhan

Selain nutrisi utama, vitamin, dan mineral, kandungan bayam lainnya yakni senyawa-senyawa tumbuhan, yang baik untuk tubuh. Berikut ini senyawa-senyawa tumbuhan pada sayuran bayam, yang berguna bagi kesehatan.
  • Lutein dan zeaxanthin, yang memberikan manfaat bayam untuk menjaga kesehatan mata
  • Kaempferol, sebagai molekul antioksidan yang menurunkan risiko kanker dan penyakit kronis
  • Nitrates, untuk memelihara kesehatan jantung
  • Kuersetin, sebagai molekul antioksidan lain dalam bayam. Molekul ini bermanfaat untuk menangkal peradangan dan infeksi.
Itulah manfaat bayam beserta kandungan nutrisinya yang menyehatkan. Tentunya sangat sayang jika Anda melewatkan khasiat makanan yang tergolong superfood ini.Beberapa dari Anda mungkin tak terlalu menyukai bayam. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengolahnya, dengan mencampurkannya ke makanan kesukaan.Misalnya, Anda bisa memasukkan bayam saat membuat telur dadar, sandwich, atau sup. Jika menggemari hidangan Italia, Anda juga bisa mencampurkan bayam ke dalam pasta. 
hidup sehatbuah dan sayuran
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods/spinach
Diakses pada 16 Agustus 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/270609.php
Diakses pada 16 Agustus 2019
Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/top-foods-containing-vitamin-a-2505911
Diakses pada 16 Agustus 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait