Beberapa Manfaat Pelukan untuk Menghangatkan Perjalanan Hidup

Ada beragam manfaat pelukan, baik untuk kesehatan psikologis, maupun kesehatan fisik
Sudahkah Anda memeluk orang terkasih hari ini?

Memeluk atau dipeluk oleh orang-orang terdekat memang menjadi momen paling damai. Apakah Anda termasuk orang yang suka memeluk orang-orang terdekat, saat ia merasa sedih? 

Ada banyak manfaat pelukan untuk kesehatan fisik dan psikologis. Rasa tenang dan tentram hanyalah salah satunya Simak artikel ini, agar Anda lebih sering memeluk pasangan, Si Kecil, serta orang tua.

4 Manfaat pelukan yang mungkin tak akan disangka

Berikut ini beberapa manfaat pelukan yang perlu Anda ketahui.

1. Membantu mengikis rasa stres

Cuddling, termasuk berpelukan, dapat membantu mengikis stres yang mendera Anda. Saat berpelukan, tubuh akan menghasilkan hormon oksitosin, yang menenangkan Anda, sehingga membantu Anda dalam mengendalikan rasa stres.

Berpelukan juga dapat menurunkan kadar hormon kortisol atau hormon stres. Dalam kadar yang terlalu tinggi, hormon kortisol dapat membahayakan, baik bagi kondisi psikologis maupun fisik. 

Manfaat pelukan orangtua dan anak
Pelukan dapat membantu mengikis rasa stres

Oleh sebab itu, memberikan pelukan yang tulus saat teman dan keluarga Anda dilingkupi duka dan menunjukkan kondisi stres, akan membantu mereka lebih tenang, serta meringankan stres.

2. Membantu tubuh senantiasa sehat

Selain memelihara kesehatan jantung, berpelukan juga membantu tubuh terlindungi dari berbagai penyakit, serta membuat Anda senantiasa sehat secara fisik.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Psychological Science menyatakan, pelukan mengurangi risiko Anda untuk terkena infeksi dan penyakit. Penelitian ini melibatkan 404 orang dewasa, melalui kuesioner serta wawancara lewat telepon.

Peneliti melakukan riset terhadap dampak pelukan terhadap para responden. Selanjutnya, para responden mendapat paparan virus kondisi pilek, serta berada di dalam pengawasan peneliti, ketika gejala pilek muncul.

Penelitian tersebut menyimpulkan, responden yang lebih sering menerima pelukan, menunjukkan gejala sakit yang lebih ringan, daripada responden yang jarang berpelukan.

3. Memelihara kesehatan jantung

Berpelukan ternyata juga meningkatkan dan menjaga kesehatan organ jantung Anda. Hal ini dibuktikan oleh sebuah studi yang dimuat dalam journal Behavioral Medicine, yang mencari tahu hubungan antara sentuhan fisik, seperti pelukan, dengan kesehatan jantung.

Dalam riset tersebut, peneliti membagi pasangan responden menjadi dua kelompok. Kelompok pasangan pertama diminta untuk berpegang tangan dan berpelukan. Sementara itu, kelompok pasangan kedua hanya diminta untuk duduk tanpa bersuara, maupun kontak fisik.

Hasilnya, ditemukan penurunan tekanan darah dan detak jantung pada kelompok pasangan pertama. Sebagaimana yang mungkin Anda tahu, tingginya tekanan darah dan detak jantung yang cepat, memang berkaitan dengan penyakit jantung.

4. Meredakan rasa nyeri dan sakit

Bersentuhan, termasuk berpelukan, membantu mengurangi rasa sakit atau nyeri fisik yang Anda rasakan. Sebuah studi dalam jurnal Holistic Nursing Practice membuktikan hal ini. Penelitian ini dilakukan untuk mencari tahu efektivitas tindakan sentuhan pada pasien sindrom fibromyalgia.

Responden penelitan yang menerima sentuhan terapeutik tersebut, mengalami penurunan rasa nyeri secara signifikan. Selain itu, pemberian sentuhan tersebut juga meningkatkan kualitas hidup responden.

Walau penelitian ini khusus dilakukan untuk penderita sindrom firbomyalgia, bukan tak mungkin, manfaat ini juga dapat dirasakan oleh penderita penyakit lain.

Sebenarnya, ada beberapa manfaat pelukan yang lain. Misalnya, pelukan dapat mengurangi rasa cemas pada orang dengan kepercayaan diri yang rendah, membantu berkomunikasi dengan orang lain, serta meningkatkan kebahagiaan.

Selain itu, aktivitas cuddling, termasuk pelukan, juga membantu Anda lebih mudah terlelap serta sangat baik untuk tumbuh kembang anak.

Manfaat pelukan begitu menghangatkan

Kunci dari semua manfaat pelukan adalah hormon oksitosin, yang dilepaskan tubuh saat Anda bersentuhan dan berpelukan. Seperti halnya dopamin dan serotonin, hormon oksitosin berkaitan dengan segala hal yang menyenangkan dan positif.

Sentuhan dan pelukan yang tulus, memang menenangkan, dan bermanfaat untuk kesehatan fisik. Kira-kira diperlukan berapa kali pelukan dalam satu hari, untuk mendapatkan khasiatnya?

Para ahli merekomendasikan 12 kali pelukan dalam satu hari, untuk membantu meningkatkan kualitas hidup Anda. Walau begitu, Anda tetap disarankan untuk berpelukan, sesering mungkin. Tidak harus lama, manfaat pelukan juga akan Anda dapatkan, walau hanya sesaat.

Posisi pelukan dan cuddling bersama orang terdekat

Selain pelukan yang biasa dilakukan. Ada beberapa jenis variasi posisi berpelukan dan cuddling untuk memaniskan momen bersama orang terdekat. Sebenarnya, posisi pelukan dan cuddling pun tak hanya untuk orang yang berpasangan, namun juga sebagai wujud kasih sayang orangtua ke anak dan sebaliknya.

Manfaat pelukan
Pelukan dan cuddling menjadi momen yang menentramkan jiwa. Setuju?

Beberapa posisi pelukan tersebut, yaitu:

1. The spoon

The spoon adalah posisi cuddling yang mungkin paling populer. Di posisi ini, individu pertama akan memelukan orang terkasihnya dari belakang, sembari keduanya berbaring di tempat tidur. Orang yang memeluk dari belakang disebut "the big spoon". Sementara itu, orang yang dipeluk disebut "the little spoon".

2. The half spoon

The half spoon menjadi variasi cuddling dan berpelukan yang juga sangat layak dicoba. Di posisi ini, individu pertama akan memeluk individu kedua, sembari menempatkan kepalanya di dada individu kedua tersebut. Individu kedua akan dapat membelai kepala Anda, atau mengusap leher Anda.

3. The honeymoon hug

Di posisi berpelukan ini, kedua individu saling berpelukan. Anda akan bisa merasakan deru napas pasangan, dan begitu pula sebaliknya.

Ada begitu banyak manfaat pelukan. Jadi, jangan ragu untuk berpelukan, serta meminta pelukan dari orang-orang yang Anda sayangi.

Healthline. https://www.healthline.com/health/hugging-benefit
Diakses pada 29 Juli 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/15206831
Diakses pada 29 Juli 2019

Sage Journals. https://journals.sagepub.com/doi/abs/10.1177/0956797614559284
Diakses pada 29 Juli 2019

Web MD. https://www.webmd.com/balance/ss/slideshow-health-benefits-cuddling
Diakses pada 29 Juli 2019

Wolters Kluwer. https://journals.lww.com/hnpjournal/pages/articleviewer.aspx?year=2004&issue=05000&article=00006&type=abstract
Diakses pada 29 Juli 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed