Beragam Manfaat Minyak Kelapa untuk Bibir yang Sayang Jika Dilewatkan

(0)
27 May 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat minyak kelapa untuk bibir sangatlah beragam, salah satunya melembapkan.Manfaat minyak kelapa untuk bibir dipercaya dapat melembapkan bibir kering.
Manfaat minyak kelapa untuk bibir sudah menjadi rahasia umum. Selain digunakan untuk menggoreng makanan, minyak kelapa dipercaya bisa mengatasi berbagai permasalahan pada bibir. Bahkan, minyak kelapa jua dapat melembapkan dan menyembuhkan luka pada bibir kering.Penasaran dengan berbagai manfaat minyak kelapa untuk bibir? Telusuri jawabannya hingga tuntas di sini.

Manfaat minyak kelapa untuk bibir

Sebelum mengetahui manfaat minyak kelapa untuk bibir, ada baiknya Anda memahami bahwa sebenarnya minyak kelapa sudah dipercaya sebagai obat alami masalah kulit lainnya. Mulai dari jerawat, infeksi kulit, selulitis, folikulitis, hingga athlete's foot.Kini manfaat minyak kelapa untuk bibir mulai mendapatkan popularitas yang sama. Sebab, minyak kelapa dipercaya memiliki efek pelembap yang sangat ideal untuk bibir kering.Lapisan kulit pada bibir sangatlah sensitif, sehingga mudah mengalami kekeringan dan pecah-pecah. Tidak heran kalau bibir seringkali mengalami banyak masalah kulit.Untungnya, minyak kelapa bisa diandalkan untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Minyak kelapa sering digunakan untuk mengatasi luka bakar, karena dipercaya bisa melembapkan kulit. Karena inilah manfaat minyak kelapa untuk bibir kering dianggap ampuh.Selain itu, minyak kelapa juga menyandang predikat sebagai emollient. Emollient sendiri sudah dipercaya sebagai pelembap alami yang bisa menjaga kelembapan kulit dan seringkali digunakan untuk menjaga kesehatan kulit.Cara kerjanya sangat sederhana. Minyak kelapa akan “mempertahankan” kelembapan pada bibir Anda, agar kulit tidak menjadi kering.Manfaat minyak kelapa untuk bibir tidak hanya sebatas melembapkan bibir, tapi juga bisa mencegah kuman “hinggap” di bibir. Sebab, minyak kelapa dipercaya memiliki efek antimikroba dan disinfektan.Lebih dari itu, minyak kelapa juga dipercaya bisa mencegah kerut pada kulit, termasuk bibir. Sehingga bibir akan terlihat lebih halus.

Cara menggunakan minyak kelapa untuk bibir di siang hari

Minyak kelapa
Manfaat minyak kelapa untuk bibir
Manfaat minyak kelapa untuk bibir dapat dirasakan dengan sangat mudah. Jika Anda ingin menggunakannya di siang hari, oleskan saja minyak kelapa pada bibir secara merata.Bahkan, Anda boleh mengoleskan minyak kelapa pada bibir sesering yang Anda mau. Tentunya disesuaikan dengan kebutuhan Anda.Minyak kelapa juga bisa dijadikan sebagai lip balm alami. Namun, Anda harus mencampurkannya dulu dengan bahan alami lain seperti lilin lebah atau selai shea (lemak alami dari pohon shea). Hal ini akan membuat bibir Anda tidak terlalu terlihat mengkilap.

Cara menggunakan minyak kelapa di malam hari

Layaknya kebanyakan produk kosmetik, manfaat minyak kelapa untuk bibir juga bisa dirasakan di malam hari. Namun ingat, sebelum mengoleskan minyak kelapa pada bibir di malam hari, pastikan Anda sudah mencampurkannya dengan bahan alami seperti madu.Aduklah minyak kelapa dengan madu sampai teksturnya kental dan pekat, kemudian oleskan pada bibir Anda. Di pagi harinya, bersihkan dengan air hingga bersih.

Bahan alami lain yang cocok dicampur dengan minyak kelapa

Minyak kelapa
Manfaat minyak kelapa untuk bibir
Anda bisa berkreasi untuk merasakan manfaat minyak kelapa untuk bibir. Ada banyak bahan alami yang bisa dikreasikan bersama dengan minyak kelapa, untuk hasil kelembapan yang lebih optimal.Berikut ini adalah beberapa bahan alami yang bisa Anda campurkan supaya manfaat minyak kelapa untuk bibir lebih terasa:Ingat, kadar dari minyak kelapa dan bahan-bahan di atas harus seimbang. Setelah itu, oleskanlah di bibir pada siang atau malam hari. Kemudian, bilas dengan air.

Catatan dari SehatQ:

Dalam dunia medis, manfaat minyak kelapa untuk bibir sebagai pelembap sudah diakui. Tidak hanya melembapkan, minyak kelapa juga bisa menjaga kelembapan dan menyembuhkan bibir.Namun ingat, oleskan minyak kelapa murni yang tidak mengandung bahan-bahan kimia tambahan, supaya manfaat minyak kelapa untuk bibir dapat dirasakan dengan maksimal.Jika muncul efek samping dan alergi, segera hentikan penggunaan minyak kelapa dan berkonsultasilah dengan dokter.
kesehatan kulithidup sehatbibir kering
Healthline. https://www.healthline.com/health/coconut-oil-for-lips#benefits
Diakses pada 13 Mei 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/coconut-oil-and-skin#section2
Diakses pada 13 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait