Beragam Manfaat Kentang Merah yang Baik untuk Kesehatan

0,0
05 Jul 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Kentang merah yang baik untuk kesehatanKentang merah memiliki kandungan nutrisi yang tak kalah baiknya dari kentang jenis lain.
Tahukah Anda kalau ada kentang berwarna merah yang baik untuk kesehatan? Kentang merah mengandung banyak nutrisi yang penting bagi kesehatan tubuh, mulai dari kalium, vitamin C, vitamin B6, vitamin B1, hingga serat.Selain itu, kentang merah mengandung zat kimia alami bernama fitonutrien yang membuatnya memiliki kulit berwarna merah atau merah muda.  Kenali berbagai manfaat kentang merah untuk kesehatan tubuh lewat penjelasan berikut ini.

7 manfaat kentang merah yang baik untuk kesehatan

Kentang merah dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan dan tekanan darah hingga menjaga tubuh dari paparan radikal bebas. Berikut adalah berbagai manfaat kentang merah yang bisa Anda nikmati.

1. Membantu turunkan berat badan

Kentang merah dan kulitnya adalah sumber serat yang baik. Sebuah kentang merah panggang berukuran sedang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, yaitu sekitar 3 gram.Kandungan serat ini bermanfaat dalam mencegah rasa lapar berlebih dan membantu Anda agar tidak makan berlebihan.Menurut sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Nutrition Reviews, mengonsumsi 14 gram serat lebih dari dua hari dapat menurunkan asupan kalori sebanyak 10 persen dan berat badan sebanyak 1,8 kilogram dalam waktu empat bulan.Jika Anda ingin menambah asupan serat, kentang merah dapat menjadi salah satu opsi yang baik.

2. Menurunkan tekanan darah

Manfaat kentang merah yang tak boleh diremehkan adalah menurunkan tekanan darah. Manfaat ini berasal dari kandungan kalium di dalamnya.Sebiji kentang merah berukuran sedang mengandung sekitar 943 miligram kalium. Mineral ini dapat menurunkan efek natrium di dalam tubuh sehingga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

3. Menjaga tubuh dari radikal bebas

Radikal bebas adalah senyawa yang dapat menyerang dan melemahkan sel sehat. Jika dibiarkan, senyawa ini berpotensi membuat tubuh mudah terserang penyakit.Tubuh memerlukan antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Kabar baiknya, kentang merah mengandung vitamin C yang dapat bertindak sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas.Selain itu, vitamin C yang dikandung kentang merah juga bisa membantu tubuh menyerap lebih banyak zat besi.

4. Merangsang produksi hemoglobin atau Hb

Hemoglobin atau Hb adalah protein di dalam sel darah merah yang membantu menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Kondisi tubuh yang kekurangan hemoglobin dapat menyebabkan Anda mengalami anemia.Untuk mencegah masalah ini, Anda bisa mengonsumsi kentang merah secara rutin. Kandungan zat besi di dalamnya dapat merangsang produksi hemoglobin di dalam tubuh.Sebiji kentang merah berukuran sedang mengandung sekitar 1,2 miligram zat besi.

5. Baik untuk sistem pencernaan

Cobalah untuk tidak mengupas kulit kentang merah jika Anda ingin mengonsumsinya. Sebab, kulit kentang merah mengandung serat yang baik untuk sistem pencernaan.Serat memiliki segudang manfaat untuk kesehatan sistem pencernaan, misalnya melancarkan buang air besar, memperbesar ukuran feses dan melunakkannya, hingga menjaga kesehatan usus.

6. Mengandung antosianin yang baik untuk kesehatan

Kentang merah dan kentang biasa termasuk sumber polifenol, terutama antosianin. Senyawa inilah yang membuat berbagai sayuran dan buah memiliki warna terang, seperti merah, jingga, hingga biru.Dilansir dari jurnal Food & Nutrition Research pada 2017, antosianin merupakan antioksidan yang menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan, seperti membantu mencegah diabetes, kanker, obesitas, hingga penyakit jantung. Tidak hanya itu, senyawa ini juga memiliki sifat antiradang dan antimikroba.

7. Meningkatkan suasana hati dan meredakan gejala depresi

Khasiat kentang merah selanjutnya datang dari kandungan vitamin B6-nya. Vitamin ini dapat membantu meningkatkan suasana hati dan meredakan gejala depresi.Vitamin B6 memiliki peran penting untuk membuat neurotransmiter yang mengatur perasaan, termasuk serotonin, dopamin, dan asam gamma-aminobutirat.Menurut sebuah studi yang dirilis dalam jurnal The American Journal of Psychiatry, vitamin B6 juga bisa menurunkan homosistein, yang berpotensi menyebabkan depresi dan masalah kejiwaan lainnya.Selain mengonsumsi kentang dengan kulit cokelat, tidak ada salahnya untuk mencoba kentang merah sebagai makanan sehari-hari Anda.Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.
makanan sehathidup sehatbuah dan sayuran
Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/red-vegetables#red-potatoes
Diakses pada 21 Juni 2021
Livestrong. https://www.livestrong.com/article/417195-are-red-potatoes-healthy/
Diakses pada 21 Juni 2021
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/fiber/art-20043983
Diakses pada 21 Juni 2021
Science Direct. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0889157513001221
Diakses pada 21 Juni 2021
Today's Dietitian. https://www.todaysdietitian.com/newarchives/030314p20.shtml
Diakses pada 21 Juni 2021
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5613902/
Diakses pada 21 Juni 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/vitamin-b6-benefits#TOC_TITLE_HDR_2
Diakses pada 21 Juni 2021
 
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait