Beragam Manfaat Granola untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Manfaat granola sangatlah beragam, salah satunya menurunkan kolesterol jahat.
Manfaat granola sangatlah bervariasi, mulai dari menurunkan kolesterol hingga tekanan darah tinggi.

Manfaat granola untuk kesehatan sangatlah beragam. Rasanya juga lezat. Mungkin ini menjadi alasan banyak orang suka menyantapnya saat sarapan.

Sebenarnya, granola adalah kombinasi antara gandum, kacang-kacangan, dan pemanis seperti gula ataupun madu. Terkadang, ada juga produk granola dengan tambahan buah-buahan kering, rempah-rempah, hingga selai kacang.

Namun, apakah manfaat granola yang kita percaya selama ini, sudah didukung dengan penelitian? Mari kenali manfaat granola dan penjelasan ilmiahnya.

Manfaat granola untuk kesehatan

Perlu diingat, penelitian terhadap manfaat granola masih sangat terbatas. Namun, beberapa bahan yang dikandungnya, seperti gandum, biji-bijian, hingga kacang-kacangan, memang terbukti memiliki manfaat kesehatan.

Berikut ini adalah manfaat granola yang dipercaya baik untuk kesehatan.

1. Mengenyangkan dan kaya akan serat

Kebanyakan produk granola sangatlah kaya akan protein dan serat. Tidak heran jika akhirnya granola kerap disantap saat sarapan, karena memang mengenyangkan!

Protein yang dikandung granola pun bisa menghambat produksi hormon ghrelin an GLP-1. Keduanya dikenal sebagai hormon yang mengatur rasa lapar.

Pilihlah granola dengan bahan kacang almond, kenari, hingga kacang mede. Sebab, kacang-kacangan tersebut kaya akan protein dan serat.

2. Dilengkapi antioksidan

Manfaat granola selanjutnya datang dari kandungan antioksidannya. Perlu diingat, tidak semua produk granola memiliki bahan yang sama. Produk granola yang mengandung kelapa serut hingga chia seeds dikenal sebagai sumber antioksidan seperti asam galat, kuersetin, selenium, dan vitamin E.

Deretan antioksidan ini dikenal bisa mengurangi peradangan dalam tubuh, sekaligus melawan radikal bebas yang menghantui kesehatan Anda.

3. Menurunkan berat badan

Karena granola memiliki protein yang bisa menghambat produksi hormon ghrelin dan GLP-1, banyak orang yang percaya bahwa manfaat granola bisa membantu turunkan berat badan.

Ditambah lagi, granola juga dianggap sebagai makanan ringan yang mengenyangkan. Sebab, granola memang rendah kolesterol, tapi kaya akan serat.

4. Menurunkan kolesterol

Granola
Manfaat granola sangatlah beragam

Manfaat granola yang sangat menggiurkan ini datang dari kandungan seratnya. Sebab, kandungan serat yang melimpah milik granola, dianggap bisa menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Dengan menurunkan kadar kolesterol di aliran darah, risiko penumpukan plak di pembuluh darah pun berkurang.

Namun, pastikan Anda membeli produk granola yang tidak mengandung minyak terhidrogenasi. Sebab, minyak tersebut malah bisa meningkatkan kolesterol jahat. Pilihlah granola yang mengandung lemak baik.

5. Menambah energi tubuh

Ternyata, manfaat granola juga bisa mendatangkan energi untuk tubuh. Tenang saja, energi yang diberikan oleh granola bukan dalam bentuk gula, melainkan zat mineral mangan.

Mangan sendiri adalah zat mineral yang penting untuk kesehatan organ hati, ginjal, dan mendukung aktivitas metabolik dalam tubuh. Jika metabolisme tubuh sudah terjaga, maka “stok” energi pun dapat didistribusikan dengan baik ke seluruh tubuh.

6. Mencegah anemia

Anemia bisa terjadi jika tubuh kekurangan zat besi. Jutaan orang di dunia mengalaminya, tapi mungkin banyak dari mereka yang tidak sadar.

Untungnya, manfaat granola dipercaya dalam mencegah anemia, karena mengandung zat besi yang cukup tinggi.

Hati-hati, anemia bisa menyebabkan gejala lelah lesu, sakit kepala, depresi dan gangguan fungsi kognitif pada penderitanya. Penuhilah kebutuhan tubuh terhadap asupan zat besi dari makanan seperti granola.

7. Menurunkan tekanan darah

Manfaat granola dalam menurunkan tekanan darah, tentu menguntungkan kesehatan jantung juga. Namun ingat, manfaat granola yang satu ini bisa didapatkan jika Anda mengonsumsi granola yang mengandung kalium.
Biasanya, granola yang mengandung kalium memiliki tambahan buah-buahan di dalamnya.

8. Menjaga kulit dari kerusakan

Manfaat granola lainnya adalah menjaga kulit dari kerusakan. Sebab, granola sendiri mengandung vitamin E, yang bisa mencegah kulit dari penuaan dini, kulit terbakar akibat sinar matahari, dan keriput.

9. Menurunkan gula darah

Granola
Granola

Menurunkan kadar gula darah adalah manfaat granola selanjutnya. Sebab, bahan-bahan seperti gandum, buah-buahan keringnya, hingga kacang dapat menurunkan dan mengontrol gula darah di dalam tubuh Anda. Namun, manfaat granola ini dianggap lebih efektif pada penderita obesitas dan prediabetes.

10. Meningkatkan bakteri baik di usus

Meningkatkan bakteri baik di usus menjadi manfaat granola yang sangat dibutuhkan tubuh Anda. Sebuah penelitian membuktikan bahwa granola lebih “pandai” dalam meningkatkan produksi bakteri baik di dalam usus, dibandingkan sereal sarapan lainnya.

Risiko dan efek samping granola

Walaupun manfaat granola sangatlah banyak, ada beberapa risiko dan efek samping granola. Beberapa produk granola mengandung kalori tinggi. Selain itu, tak sedikit granola yang diperkaya dengan gula serta lemak.

Lemak seperti minyak sayur, minyak kelapa, dan selai kacang yang biasanya dijumpai pada granola memang “disisipkan” untuk mengombinasikan seluruh bahannya.

Hal inilah yang malah bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda. Apalagi jika mengonsumsi granola lebih dari satu porsi, dalam waktu yang berdekatan. Hasilnya, obesitas, peningkatkan berat badan, hingga penyakit metabolisme pun bisa datang.

Catatan dari SehatQ:

Sebelum Anda membeli granola, lihat dulu kandungan nutrisinya baik-baik. Pilihlah granola yang tidak mengandung gula tambahan, termasuk madu.

Pilihlah granola yang mengandung bahan-bahan seperti gandum, kacang-kacangan, hingga buah kering. Selain itu, carilah produk granola yang mengandung setidaknya 3-5 gram serat per porsinya.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/is-granola-healthy
Diakses pada 28 April 2020

Organic Facts. https://www.organicfacts.net/health-benefits/other/granola.html
Diakses pada 28 April 2020

Artikel Terkait