Beragam Manfaat Daun Seribu untuk Kesehatan


Daun seribu (Achillea millefolium) atau yarrow plant dipercaya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Tumbuhan dengan bunga cantik ini dipercaya dapat membantu proses penyembuhan luka hingga mengatasi masalah pencernaan.

(0)
13 Nov 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Daun seribu dipercaya dapat mengatasi berbagai kondisi medis.Daun seribu tidak boleh dikonsumsi ibu hamil karena berpotensi menyebabkan keguguran.
Selama ribuan tahun lamanya, daun seribu atau yarrow plant telah digunakan untuk mengobati berbagai kondisi medis. Faktanya, nama ilmiah daun seribu, Achillea millefolium, diambil dari tokoh mitologi Yunani bernama Achilles, yang suka menyembuhkan luka pasukannya dengan daun seribu.Manfaat daun seribu untuk kesehatan pun bukanlah mitos belaka. Beberapa penelitian bahkan telah membuktikan manfaat daun seribu secara rinci.

7 manfaat daun seribu untuk kesehatan

Berbagai macam studi membuktikan bahwa daun seribu, baik dalam bentuk teh herbal, ekstrak, atau essential oil, memiliki banyak manfaat kesehatan yang tak boleh diremehkan.

1. Membantu proses penyembuhan luka

Sejak zaman Yunani kuno, daun seribu telah digunakan untuk mengobati luka. Dalam sebuah studi pada hewan uji, esktrak daun seribu terbukti ampuh dalam membantu proses penyembuhan luka karena kandungan komponen antiradang dan antioksidannya.Dalam studi pada manusia, ekstrak daun seribu yang dikombinasikan dengan tumbuhan St John’s wort, berhasil mempercepat proses penyembuhan luka episiotimi (sayatan bedah pada dinding vagina yang dilakukan saat persalinan).

2. Mengatasi masalah pencernaan

Sebuah studi yang dilakukan di Afrika membuktikan bahwa daun seribu memiliki efek antispasmodik pada sistem pencernaan. Efek ini dipercaya dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti irritable bowel syndrome (IBS).Ditambah lagi, daun seribu mengandung beberapa flavonoid dan alkaloid yang dipercaya dapat mengatasi masalah sistem pencernaan.

3. Mencegah gangguan kecemasan

Daun seribu dipercaya dapat mengatasi gangguan cemas
Minyak atsiri daun seribu dipercaya bisa atasi gangguan cemas
Daun seribu jenis achillea umbata dan achillea wilhemsii dalam bentuk minyak atsiri terbukti dapat mengatasi gangguan kecemasan. Dalam studi itu, para peneliti menemukan bahwa daun seribu memiliki efek yang sama seperti obat gangguan cemas bernama benzodiazepin.

4. Mengatasi masalah sistem saraf

Sebuah studi membuktikan kalau daun seribu dapat digunakan untuk mengatasi penyakit sistem saraf, seperti multiple sclerosis, penyakir Parkinson, stroke, hingga epilepsi.Pada penyakit Parkinson, daun seribu dianggap bisa meningkatkan motilitas otot. Pada stroke, daun seribu dapat mengurangi frekuensi infark (tersumbatnya pembuluh darah di otak). Sementara pada epilepsi, daun seribu dipercaya bisa mengurangi kejang. Namun sayangnya, studi ini hanya baru dilakukan pada hewan uji.

5. Melawan peradangan

Peradangan adalah respons alami tubuh. Namun, jika peradangan yang dialami sudah kronis, maka sel, jaringan, dan organ tubuh bisa mengalami kerusakan.Daun seribu dipercaya dapat mengatasi peradangan pada kulit dan organ hati. Itulah sebabnya, daun seribu dipercaya dapat mencegah infeksi kulit, tanda penuaan, hingga penyakit perlemakan hati non-alkohol.

6. Mengatasi kram menstruasi

Daun seribu mengandung antioksidan flavonoid, yang sudah terbukti ampuh mengatasi kram serta membuat otot rileks.Dalam sebuah studi yang diikuti oleh 100 partisipan wanita, teh yang terbuat dari 4 gram bunga daun seribu terbukti ampuh mengatasi kram, dibandingkan obat plasebo.

7. Menjaga kesehatan jantung

Daun seribu berjenis achillea wilhelmsii terbukti dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan mengurangi kadar lemak darah dalam sebuah riset yang diikuti oleh 100 partisipan.Selain itu, dalam sebuah studi pada hewan uji, ekstrak daun seribu terbukti bisa membuat pembuluh darah rileks sehingga tekanan darah tinggi dapat diatasi.

Efek samping daun seribu yang harus diperhatikan

Daun seribu juga memiliki efek samping yang harus diwaspadai
Hati-hati dengan efek samping daun seribu!
Perlu diakui, berbagai manfaat daun seribu di atas sangatlah menggiurkan. Namun, ada sejumlah efek samping yang berpotensi muncul setelah mengonsumsi daun ini.Orang yang akan menjalani prosedur operasi tidak boleh mengonsumsi daun seribu 2 minggu sebelum dan sesudah operasi. Alasannya, daun seribu bisa meningkatkan risiko perdarahan.Selain itu, ibu hamil atau menyusui juga tidak boleh mengonsumsi daun seribu karena berpotensi menyebabkan keguguran dan mengganggu siklus menstruasi.Setelah itu, para penderita gangguan darah atau mereka yang sedang mengonsumsi obat pengencer darah juga dilarang untuk mengonsumsi daun seribu.Bagi mereka yang alergi daun seribu, ada banyak reaksi alergi yang bisa muncul. Maka dari itu, berkonsultasilah duu pada dokter sebelum mengonsumsi daun seribu.Jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis mengenai keamanan mengonsumsi daun seribu. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play!
makanan sehathidup sehatbuah dan sayuran
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/yarrow-tea
Diakses pada 22 Oktober 2020
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/yarrow-health-benefits-4586386
Diakses pada 22 Oktober 2020
Self Hacked. https://selfhacked.com/blog/yarrow/
Diakses pada 22 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait