Manfaat Buah Sirsak yang Lezat dan Baik Untuk Kesehatan, Apa Saja?


Manfaat buah sirsak cukup beragam untuk kesehatan. Buah sirsak dipercaya mampu melawan sel kanker, menurunkan tekanan darah, dan menurunkan gula darah.

0,0
08 Aug 2019|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat buah sirsak dapat membunuh sel kankerTak hanya lezat, buah sirsak juga memiliki segudang manfaat
Manfaat buah sirsak baik untuk menjaga kesehatan hingga mengurangi risiko penyakit tertentu.Siapa yang tak kenal buah sirsak? Buah ini sangat populer di negara tropis, termasuk di Nusantara. Sirsak merupakan buah yang memiliki rasa unik dan nikmat untuk dimakan, dengan daging buah yang berwarna putih.Namun, sirsak ternyata tak hanya lezat untuk Anda konsumsi. Buah ini ternyata memiliki berbagai manfaat, yang mungkin sebelumnya tak pernah Anda sangka. Apa saja manfaat buah sirsak tersebut?

Kandungan buah sirsak

Manfaat buah sirsak untuk kesehatan tentu didapat dari kandungan nutrisinya.  Dalam ukuran sebesar 100 gram, inilah kandungan gizi buah sirsak:
  • 1 gram protein
  • 16,8 gram karbohidrat
  • 3,3 gram serat
  • 34% dari rekomendasi takaran harian vitamin C
  • 8% dari rekomendasi takaran harian kalium
  • 5% dari rekomendasi takaran harian magnesium
  • 5% dari rekomendasi takaran harian tiamin atau vitamin B1
Perlu diketahui, kalori buah sirsak sebesar 66 kkal.Lantas, vitamin apa saja yang terkandung dalam buah sirsak?Dari sini, terlihat bahwa sirsak adalah jenis buah yang memiliki banyak vitamin, yaitu vitamin C, vitamin B1, dan sedikit vitamin B2, vitamin B3, dan vitamin B9 atau folat. Selain itu, sirsak juga mengandung zat besi dalam jumlah yang rendah.Tidak hanya daging, bagian buah sirsak lainnya, juga banyak digunakan sebagai pengobatan, seperti bagian daun dan batang. Penggunaan sirsak sebagai tanaman obat ini, banyak dilakukan dengan mengolahnya ke dalam masakan, atau langsung menempelkannya pada kulit.

Manfaat buah sirsak untuk kesehatan

Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa manfaat sirsak dapat menurunkan risiko berbagai penyakit. Beberapa di antaranya, tergolong sebagai penyakit yang menjadi momok untuk semua orang, seperti termasuk kanker serta tekanan darah tinggi.Berikut ini beberapa manfaat sirsak yang harus Anda ketahui.

1. Mengandung molekul antioksidan

Molekul dengan sifat antioksidan dapat menangkal radikal bebas, atom tidak stabil yang dapat merusak sel dan menyebabkan penyakit berbahaya. Sirsak, yang enak dimakan, juga merupakan salah satu sumber antioksidan yang baik.Beberapa jenis molekul antioksidan di sirsak, yakni:
  • Tannin
  • Saponin
  • Fitosterol
  • Flavonoid
  • Anthraquinone
Secara keseluruhan, sirsak dapat menjaga kesehatan Anda. Penelitian lebih lanjut diperlukan, untuk mengkaji manfaat buah sirsak untuk penyakit tertentu.

2. Memiliki sifat anti-inflamasi

Inflamasi sebenarnya merupakan mekanisme tubuh untuk melawan infeksi. Walau begitu, inflamasi yang kronis dapat memicu berbagai penyakit.Beberapa penelitian yang dilakukan pada hewan, disimpulkan bahwa sirsak berpotensi mengurangi pembengkakan, serta membantu meringankan inflamasi atau peradangan yang biasa ditemukan pada asam urat hingga hipertensi.

3. Membantu menurunkan kadar gula darah

Manfaat buah sirsak berguna untuk mengontrol gula darah
Manfaat buah sirsak berguna untuk mengontrol gula darah
Manfaat sirsak lainnya yakni menstabilkan kadar gula darah. Seperti yang mungkin Anda tahu, tingginya kadar gula merupakan kondisi yang berbahaya, karena dapat memicu berat badan berlebih (obesitas), serta penyakit jantung.Beberapa penelitian menemukan, sirsak dapat menstabilkan tingginya kadar gula dalam darah tersebut. Walau riset ini juga dilakukan pada hewan, bukan tak mungkin manfaat buah sirsak untuk kesehatan ini juga berlaku untuk manusia.

4. Menurunkan tekanan darah

Sirsak telah dikenal masyarakat sebagai tanaman obat, untuk menurunkan tekanan darah. Seperti yang mungkin Anda tahu, tekanan darah dapat meningkatkan risiko terhadap penyakit jantung, diabetes, dan stroke.Dalam sebuah riset yang dimuat jurnal Pharmaceutical Biology, sirsak memiliki potensi untuk menurunkan tekanan darah, tanpa berefek menaikkan detak jantung.

5. Membunuh sel kanker

Manfaat sirsak berpotensi mengurangi risiko kanker payudara
Manfaat sirsak berpotensi mengurangi risiko kanker payudara
Khasiat sirsak lainnya, yakni untuk mencegah kanker, seperti kanker payudara dan kanker prostatBeberapa penelitian telah membuktikan hal ini, walau riset-riset tersebut masih dilakukan dengan uji tabung di laboratorium, seperti dengan memasukkan ekstrak buah sirsak ke dalam sel kanker pada darah (leukemia)

6. Melawan bakteri

Selain memiliki molekul antioksidan, sirsak juga diyakini dapat melawan bakteri. Beberapa riset, yang juga dilakukan dengan uji tabung laboratorium, menyimpulkan bahwa buah berdaging putih ini dapat melawan bakteri penyebab kolera, gigi berlubang, dan gingivitis (peradangan pada gusi).Tentunya, penelitian lebih lanjut diperlukan, untuk menguatkan bukti mengenai manfaat sirsak ini.

7. Memperkuat sistem imun tubuh

Manfaat buah sirsak meningkatkan kekebalan tubuh
Manfaat buah sirsak meningkatkan kekebalan tubuh
Menurut sebuah studi dari Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, manfaat buah sirsak untuk kesehatan dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Sebab, buah yang rasanya lezat ini mengandung komponen bioaktif yang mampu membuat sistem imun lebih perkasa menghadapi penyakit.

8. Meredakan stres

Ternyata, manfaat buah sirsak dapat membantu Anda redakan stres. Dikutip dari sebuah riset terbitan Plant Biodiversity Conservatory and Research Core Universitas Connecticut, buah sirsak dipercaya dapat mengatasi gangguan mental seperti stres dan depresi.Namun tentu saja masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut bagaimana cara kerja buah sirsak dalam mengatasi gangguan mental.

9. Baik untuk asam lambung

Apakah buah sirsak bagus untuk asam lambung? Ya, sebab sirsak kaya akan antioksidan untuk memerangi radikal bebas penyebab penyakit pada sistem pencernaan.Konsumsi jus sirsak juga diketahui membantu meredakan rasa nyeri saat asam lambung atau maag kumat.

Catatan dari SehatQ

Itulah beragam manfaat buah sirsak, dengan kandungan nutrisi yang juga menakjubkan. Walau penelitian pendukung manfaat sirsak masih diujicobakan pada hewan, bukan tak mungkin khasiat tersebut juga bekerja pada manusia, karena kandungan nutrisinya.Bila Anda ingin mengetahui lebih lanjut terkait manfaat buah sirsak untuk kesehatan maupun manfaat makan buah lainnya, konsultasikan dengan dokter gizi atau ahli gizi terdekat.Anda juga bisa chat dokter gratis melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play!
makanan sehatnutrisibuah dan sayurantanaman obat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/soursop-benefits
Diakses pada 8 Agustus 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319720.php
Diakses pada 8 Agustus 2019
Taylor Francis Online. https://www.tandfonline.com/doi/full/10.3109/13880209.2012.684690
Diakses pada 8 Agustus 2019
Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5209628/
Diakses pada 26 Juni 2021
Plant Biodiversity Conservatory and Research Core. http://florawww.eeb.uconn.edu/199900586.html
Diakses pada 26 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait