Meski Terdengar Asing, Inilah Beragam Manfaat Bawang Hitam untuk Kesehatan

Bawang hitam dapat menimbulkan efek samping seperti alergi, mulas, gangguan pencernaan, dan bau mulut
Ada banyak manfaat bawang hitam bagi kesehatan (credit: wikipedia)

Bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay tentu bukanlah hal yang asing lagi karena seringkali digunakan sebagai bahan masakan. Namun, pernahkah Anda mendengar tentang bawang hitam atau black garlic?

Bawang hitam mungkin masih terdengar asing bagi kebanyakan orang. Padahal, khasiat bawang hitam ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Apa itu bawang hitam?

Bawang hitam adalah bawang yang dihasilkan dari pengawetan bawang putih pada suhu 60-76? selama tiga hingga empat minggu. Pengawetan ini menimbulkan reaksi Maillard, di mana terjadi proses kimia antara asam amino dan gula pereduksi yang membuat warna, tekstur, aroma, serta rasa bawang berubah.

Bawang menjadi berwarna hitam, bertekstur kenyal, terasa manis, dan baunya tidak menyengat. Selain itu, kandungan nutrisi pada bawang hitam juga semakin meningkat sehingga baik untuk dikonsumsi.

Bawang hitam mengandung antioksidan, kalori, lemak, dan serat yang lebih tinggi dari bawang putih biasa. Bukan hanya itu, bawang hitam juga mengandung natrium, zat besi, karbohidrat, dan vitamin C. Dua sendok makan bawang hitam yang telah dihaluskan kira-kira mengandung:

  • 40 kalori
  • 4 gram karbohidrat
  • 1 gram protein
  • 2 gram lemak
  • 1 gram serat
  • 160 mg sodium
  • 0,64 mg zat besi
  • 2,2 mg vitamin C
  • 20 mg kalsium

Kandungan antioksidan yang tinggi dan nutrisi lain yang terkandung pada bawang hitam tentunya bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Bawang hitam pun sebenarnya cukup mudah didapat dan dibuat sendiri sehingga tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba.

Cara membuat bawang hitam

Sebetulnya, membuat bawang hitam atau black garlic tidak terlalu sulit dan Anda bisa membuatnya sendiri. Dalam membuat bawang hitam, Anda bisa menggunakan rice cooker. Langkah-langkah yang perlu dilakukan, antara lain:

  • Siapkan bawang putih utuh secukupnya yang belum dikupas.

  • Bersihkan kotoran yang menempel di bawang putih, namun jangan mencucinya.

  • Atur rice cooker Anda menjadi hangat. Pengaturan yang hangat memberi suhu dan kelembapan yang tepat untuk membuat bawang hitam.

  • Masukkan bawang putih ke dalam rice cooker.

  • Biarkan dalam suhu yang hangat sampai bawang putih melunak dan menjadi hitam (kira-kira 2-3 minggu). Sesekali cek rice cooker untuk memastikan bahwa keadaannya masih menyala dan suhunya masih hangat.

  • Setelah bawang menjadi hitam, Anda dapat menaruhnya di wadah kedap udara.

Selama proses membuat bawang hitam, akan ada bau bawang yang cukup menyengat sehingga lebih baik jika dilakukan di dekat ventilasi rumah. Namun jika Anda ingin mendapatkan bawang hitam secara praktis, maka Anda dapat membelinya di toko khusus atau memesannya secara online.

Bawang hitam biasanya memiliki harga yang lebih mahal daripada bawang putih biasa. Untuk mengonsumsinya, bawang ini dapat ditambahkan sebagai penyedap ke dalam roti, pasta, daging, dan lainnya. Beberapa restoran bahkan sudah menggunakan bawang hitam sebagai salah satu bahan masakannya.

Manfaat bawang hitam untuk kesehatan

Meski bawang hitam jarang diketahui, namun bawang hitam ternyata memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Banyaknya manfaat bawang hitam bagi kesehatan tentu membuatnya baik untuk dikonsumsi. Adapun khasiat bawang hitam untuk kesehatan, di antaranya:

  • Kaya antioksidan yang baik untuk tubuh

Bawang hitam memiliki antioksidan yang jauh lebih tinggi daripada bawang putih segar. Antioksidan merupakan senyawa yang penting untuk kesehatan. Kandungan antioksidan dalam bawang hitam dapat menetralisir radikal bebas yang berbahaya untuk mencegah stres oksidatif dan kerusakan sel. Selain itu, antioksidan juga mampu mengurangi peradangan.

  • Melawan pertumbuhan kanker

Studi menunjukkan bahwa ekstrak bawang hitam dapat membunuh dan mengurangi pertumbuhan sel kanker usus besar secara efektif. Selain itu, dapat pula menurunkan pertumbuhan dan penyebaran sel-sel leukemia. Para peneliti percaya bahwa efek antikanker yang ada dalam bawang hitam berasal dari senyawa antioksidannya.

  • Meningkatkan kesehatan jantung

Seperti halnya bawang putih yang dapat melindungi dan meningkatkan kesehatan jantung, bawang hitam juga memiliki khasiat yang sama. Bawang hitam punya efek kardioprotektif untuk melindungi jantung dan meminimalisir kerusakan yang ada pada jantung. Selain itu, bawang hitam juga mampu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

  • Mempertahankan fungsi kognitif

Bawang hitam memiliki efek kuat pada kesehatan otak. Kandungan antioksidan yang tinggi pada bawang hitam dapat membantu mencegah masalah kognitif, seperti demensia, penyakit Alzheimer, dan penyakit Parkinson.

  • Menstabilkan gula darah

Gula darah yang tinggi dapat menimbulkan berbagai efek negatif pada kesehatan, seperti halnya diabetes dan disfungsi ginjal. Namun, bawang hitam dapat membantu menjaga kadar gula darah agar tetap normal sehingga terhindar dari masalah tersebut. Selain itu, bawang hitam juga dapat mencegah komplikasi diabetes karena kadar antioksidannya yang tinggi.

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh berperan penting dalam kesehatan karena dapat menangkal berbagai penyakit dan infeksi. Antioksidan yang terkandung dalam bawang hitam dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda yang bermanfaat dalam pengobatan alergi, gangguan autoimun ataupun infeksi akut.

Berbagai manfaat bawang hitam untuk kesehatan di atas masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk memvalidasi kebenarannya. Namun, jika Anda tertarik untuk mencoba mengonsumsi bawang hitam, akan lebih baik jika sebelumnya Anda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter.

Mengenai efek penggunaan bawang hitam yang mungkin terjadi, diduga serupa dengan efek penggunaan bawang putih segar. Efek samping tersebut meliputi alergi, mulas, gangguan pencernaan, dan bau mulut. Pada kasus yang parah mungkin dapat menyebabkan efek kesehatan lainnya. Oleh sebab itu, pastikan kondisi Anda aman jika ingin mengonsumsi bawang hitam.

Dr. Axe. https://draxe.com/nutrition/herbs/black-garlic/
Diakses pada 11 September 2019

Intechopen. https://www.intechopen.com/online-first/black-garlic-and-its-therapeutic-benefits
Diakses pada 11 September 2019

Live Strong. https://www.livestrong.com/article/74835-health-benefits-black-garlic/
Diakses pada 11 September 2019

The Spruce Eats. https://www.thespruceeats.com/black-garlic-4165384
Diakses pada 11 September 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed