Segudang Manfaat Baking Soda untuk Kesehatan yang Tak Pernah Anda Bayangkan

Ada beberapa manfaat baking soda, selain pengembang kue, seperti menghilangkan bau ketiak dan bahan kumur
Selain sebagai pengembang kue, baking soda juga memiliki beragam manfaat lain, seperti bahan kumur untuk kebersihan mulut

Anda mungkin sudah mengenal baking soda sebagai bahan pengembang kue. Namun, manfaat baking soda tak hanya untuk dicampurkan dalam adonan. Bahan memasak ini juga ternyata memiliki beragam kegunaan dan manfaat lain.

Baking soda atau soda kue mengandung zat kimia berupa natrium bikarbonat. Bahan ini, bekerja dengan menghasilkan gelembung-gelembung karbon dioksida, untuk mengembangkan adonan kue.

Beragam manfaat baking soda atau soda kue yang bisa dicoba

Pada dasarnya, manfaat baking soda atau soda kue selain untuk adonan, yakni untuk menghilangkan noda maupun bau. Anda bisa memanfaatkannya untuk mengatasi noda di mulut, bau keringat, bahkan noda pada peralatan dapur. Pernah mendengar hal ini sebelumnya?

Berikut ini manfaat baking soda atau soda kue, yang mungkin belum pernah Anda dengar.

  • Memutihkan gigi

Anda tidak pede dengan gigi kuning? Maka cobalah mencampurkan 1 sendok teh soda kue dengan 2 sendok teh air. Kemudian, sikat gigi Anda dengan campuran tersebut. Manfaat baking soda untuk memutihkan gigi, sudah dikenal banyak orang.

Jika ingin lebih praktis, Anda bisa mencari pasta gigi yang mengandung soda kue dalam komposisinya. Sebab, beberapa penelitian telah menunjukkan, pasta gigi yang mengandung baking soda, ampuh untuk memutihkan gigi.

  • Menjaga kebersihan mulut

Selain menyikat gigi untuk memutihkannya, banyak orang yang juga menggunakan baking soda sebagai bahan berkumur. Beberapa riset ilmiah pun membuktikan, berkumur dengan soda kue membantu menyegarkan mulut. Soda kue juga bersifat antibakteri dan antimikroba, yang baik untuk kesehatan mulut.

Tidak sulit untuk mendapatkan manfaat baking soda tersebut. Anda tinggal memasukkan setengah sendok teh soda kue, ke dalam setengah gelas air hangat. Setelah itu, berkumurlah seperti biasa.

  • Menghilangkan bau ketiak

Sebenarnya, keringat yang Anda keluarkan tidak berbau. Bau ketiak setelah berkeringat disebabkan oleh bakteri yang hidup di area lipatan kulit itu. Bakteri tersebut mengubah keringat menjadi produk limbah asam yang menimbulkan aroma tak sedap.

Soda kue dapat membantu mengurangi bau ketiak, dengan membuat keringat menjadi lebih netral. Untuk mencegah bau ketiak, Anda bisa menepuk-nepukkan soda kue ke bagian ketiak Anda, seperti ketika menggunakan bedak.

  • Mengatasi gigitan serangga

Banyak krim untuk mengatasi reaksi gigitan serangga, yang mengandung soda kue. Anda bisa mengoleskan krim tersebut untuk mengatasi kemerahan, gatal, dan sensasi menyengat pada kulit karena gigitan serangga yang sifatnya ringan. Caranya juga mudah, Anda cukup mencampurkan soda kue dengan air, dengan perbandingan 1:3 dan terapkan ke kulit yang terkena.

Walau begitu, penting untuk diingat, untuk tidak menggunakan baking soda setiap hari, termasuk pada kulit.

  • Membersihkan dapur dan peralatan masak

Tak hanya membersihkan noda di gigi, soda kue juga memiliki manfaat dan kegunaan sebagai pembersih dapur. Selain itu, membersihkan area dapur menggunakan baking soda, dapat mengurangi bau tak sedap.

Penggunaannya juga tak sukar. Anda cukup mencampurkan soda kue dengan sedikit air. Kemudian, gosok permukaan alat-alat di dapur menggunakan spons. Beberapa alat yang bisa dibersihkan dengan campuran ini yakni oven, microwave, cangkir, hingga ubin dapur.

  • Menghilangkan bau sepatu

Sepatu Anda mengeluarkan bau menyengat? Soda kue dapat menjadi solusinya.

Anda bisa menuangkan soda kue ke dua potongan kain tipis, masing-masing dua sendok makan. Kemudian, ikat potongan kain menggunakan karet gelang atau tali, dan letakkan masing-masing di kedua sepatu Anda.

Pindahkan kantong yang berisi soda kue tersebut, saat hendak mengenakan sepatu.

  • Meringankan masalah pencernaan

Manfaat baking soda lainnya yakni untuk meringkan sakit saat ada masalah di perut. Jika Anda merasa sakit perut, cobalah untuk meminum segelas air putih, yang sudah ditaburi seperempat sendok teh soda kue.

Soda kue memang dapat membantu meredakan kondisi asam di perut. Namun, tentu tak semua masalah pencernaan disebabkan oleh kondisi asam. Jika masalah pada perut Anda tak kunjung hilang maksimal 2 minggu, segera berkonsultasi dengan dokter.

  • Membersihkan sayur dan buah dari pestisida

Pestisida kerap disemprotkan pada buah dan sayuran, agar bahan makanan tersebut terhindar dari serangga, tikus, kuman, dan gulma. Namun memang efeknya juga tidak baik untuk kesehatan Anda.

Soda kue pun bermanfaat membersihkan pestisida tersebut, tanpa harus mengurangi nutrisi dari kulit buah. Anda bisa bisa merendam buah ke larutan baking soda, selama 12-15 menit.

[[artikel-terkait]]

Hal-hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan manfaat baking soda

Sederet manfaat baking soda di atas tentu menakjubkan. Walau begitu, Anda juga harus berhati-hati dalam menggunakannya.

Misalnya, Anda tidak boleh berkumur atau menyikat gigi dengan soda kue setiap hari. Sebab, soda kue dapat mengikis email gigi.

Anda juga tidak boleh sering meminum air yang mengandung soda kue. Sebab, terlalu banyak natrium dapat menyebabkan muntah, kondisi diare, kejang, bahkan gagal ginjal. Pastikan juga untuk berkonsultasi dengan dokter, apabila mengalami kondisi tersebut setelah menggunakan soda kue.

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/diet/baking-soda-uses-benefits-side-effects-recipes-more

Diakses pada 12 September 2019

 

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/baking-soda-benefits-uses

Diakses pada 12 September 2019

 

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/whiten-teeth-naturally

Diakses pada 12 September 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed