Beragam Manfaat Argan Oil untuk Rambut dan Cara Penggunaannya yang Benar


Argan oil merupakan minyak yang dapat dipakai untuk menjaga kesehatan sekaligus mencegah kerusakan rambut. Manfaat minyak argan untuk rambut antara lain untuk melembapkan rambut, mencegah kerusakan akibat penataan dan pewarnaan, serta mengatasi kerontokan.

(0)
Manfaat argan oil untuk rambut tak lepas dari kandungan vitamin E yang terdapat di dalamnyaArgan oil dapat membantu melembapkan rambut
Anda mungkin pernah menemukan beberapa produk perawatan kulit yang memasukkan minyak argan sebagai salah satu bahannya. Namun ternyata, manfaat minyak argan bukan hanya untuk kulit saja. Ada sejumlah manfaat argan oil untuk rambut.Argan oil adalah minyak yang berasal dari ekstrak biji pohon argan di Maroko. Selama berabad-abad, minyak argan telah digunakan untuk berbagai macam keperluan seperti memasak, serta pengobatan rumahan untuk mengatasi masalah kulit.Selain itu, minyak argan juga bisa ditemukan dalam produk-produk perawatan rambut. Argan oil dipilih karena mempunyai kandungan antioksidan seperti vitamin E, yang bermanfaat untuk kulit kepala dan rambut. Lantas, apa saja manfaat argan oil untuk rambut? 

Manfaat argan oil untuk rambut

Manfaat argan oil untuk rambut tak lepas dari kandungan vitamin E yang terdapat di dalamnya. Vitamin E merupakan antioksidan memiliki berbagai macam manfaat, terutama dalam menjaga kesehatan kulit dan rambut.Sejumlah manfaat argan oil untuk rambut yang bisa Anda dapatkan, di antaranya:

1. Menjaga kelembapan rambut

Kandungan asam lemak oleat dan linoleat yang ada di dalam argan oil mempunyai fungsi untuk melicinkan batang rambut. Ketika batang rambut terlumasi dengan baik, kelembapan rambut pun ikut terjaga.Sementara itu, vitamin E yang terkandung dalam minyak argan bisa membantu mencegah kulit kepala kering, serta membuat rambut jadi terlihat semakin berkilau.

2. Meningkatkan kesehatan kulit kepala

Argan oil mempunyai sifat anti-peradangan yang bisa membantu mencegah dan memperbaiki kerusakan pada kulit kepala. Beberapa masalah pada kulit kepala yang dapat diatasi dengan menggunakan minyak argan yaitu psioriasis dan dermatitis seboroik.Selain itu, penelitian menyebut bahwa argan oil memiliki sifat antijamur yang dapat membantu mengobati infeksi penyebab ketombe. Terkadang, munculnya ketombe disebabkan oleh infeksi jamur pada kulit kepala Anda.

3. Mencegah kerusakan akibat penataan dan pewarnaan

Asam lemak oleat, linoleat, dan palmitat dalam minyak argan memiliki efek perlindungan untuk membantu mencegah kerusakan akibat penataan rambut dengan menggunakan sisir maupun alat catokan. Selain itu, penggunaan argan oil dapat mengurangi pembentukan ujung rambut, sehingga rambut Anda akan semakin terlihat tebal dan sehat.Tak hanya melindungi rambut dari kerusakan akibat penataan, minyak argan juga mencegah kerusakan yang bisa timbul ketika Anda melakukan pewarnaan rambut. Menurut studi yang dirilis pada tahun 2013, pemakaian argan oil untuk rambut disebut bisa mengurangi dampak kerusakan akibat pewarna.

4. Melindungi dari paparan sinar ultraviolet

Di Maroko, argan oil telah dipakai selama berabad-abad untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Studi yang dirilis pada tahun 2013 menyebut, kemampuan ini tidak lepas dari kandungan antioksidan dalam minyak argan.Tidak hanya kulit, manfaat perlindungan tersebut juga diterima oleh rambut. Argan oil diketahui dapat membantu mencegah rambut kering dan kerusakan lain yang disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet.

5. Mencegah rambut rontok

Kandungan vitamin E dalam argan oil dapat membantu mencegah kerusakan dan kerontokan rambut. Selain itu, sebuah penelitian di tahun 2010 mengatakan, pengaplikasian minyak argan mampu meningkatkan pertumbuhan rambut.Antioksidan yang terkandung di dalam minyak argan juga dapat melindungi kerusakan rambut akibat radikal bebas. Salah satu kerusakan yang berpotensi muncul akibat radikal bebas adalah kerontokan rambut.

Bagaimana cara menggunakan argan oil pada rambut?

Penggunaan argan oil ke rambut bergantung pada jenis produk yang Anda gunakan. Minyak argan dapat ditemukan dalam bentuk hair mask, sampo, kondisioner, serta produk penataan rambut.Berikut ini cara penggunaan argan oil untuk rambut yang benar:

1. Minyak argan murni

Anda bisa menggunakan minyak argan murni dengan mengoleskannya secara langsung ke rambut. Apabila Anda baru pertama kali menggunakan argan oil, oleskan dalam jumlah kecil untuk mengetahui terlebih dahulu efek yang ditimbulkan.Sebelum mengoleskan argan oil, keringkan rambut Anda terlebih dahulu dengan memakai handuk. Apabila Anda tidak mempunyai masalah dengan penggunaan minyak ini, oleskan 2 hingga 3 tetes argan oil ke rambut.Setelah merata, keringkan dan tata rambut Anda seperti biasanya. Untuk mendapat manfaat yang maksimal, Anda bisa mengulangi penggunaan argan oil untuk rambut sebanyak 1 atau 2 kali dalam seminggu.

2. Hair mask

Ketika dipakai dalam bentuk hair mask, Anda dapat memulainya dengan mengoleskan 8 hingga 10 tetes minyak argan ke rambut dan kulit kepala. Jumlah tersebut bisa disesuaikan berdasarkan panjang rambut Anda.Pijat rambut dan kulit kepala selama 10 menit dan pastikan semua bagian terlumasi dengan hair mask. Setelah itu, bungkus rambut dengan menggunakan handuk, kemudian diamkan semalaman. Pada pagi hari, setelah bangun tidur, bilaslah rambut dengan menggunakan air bersih.

3. Sampo

Sebelum menerapkannya ke rambut, campurkan sampo dengan jumlah yang sama saat Anda keramas dengan satu atau dua tetes argan oil. Setelah itu, gosokan kedua tangan agar sampo dan minyak argan tercampur merata.Apabila sudah tercampur merata, gunakan sampo dengan campuran argan oil tersebut untuk keramas, lalu bilas dengan air bersih setelah selesai. Ulangi cara ini setiap dua atau tiga hari sekali.

4. Penata rambut

Minyak argan bisa Anda gunakan sebagai produk penata rambut. Tak seperti produk penata rambut pada umumnya yang dapat memicu terjadinya kerusakan, memakai argan oil dapat membuat rambut terasa lebih halus dan melindunginya dari kerusakan.Jika hendak dipakai sebagai penata rambut, ratakan 1 atau 2 tetes minyak argan ke telapak tangan Anda. Setelah itu, pijat kulit kepala menggunakan telapak tangan yang telah dilumuri argan oil, lalu tata rambut sesuai keinginan. Sebelum memakainya, pastikan rambut Anda dalam keadaan kering dan bersih.

Apakah argan oil bisa menumbuhkan rambut?

Kandungan vitamin E yang melimpah pada argan oil terbukti meningkatkan pertumbuhan rambut. Selain itu, minyak argan juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala. Bila kulit kepala sehat, kemungkinan rambut rontok akan berkurang. 

Catatan dari SehatQ

Argan oil adalah minyak dari ekstrak biji pohon argan yang berguna untuk menjaga kesehatan sekaligus mencegah rambut dari kerusakan. Minyak argan bisa diaplikasikan secara langsung ke rambut, atau dicampurkan dalam produk-produk seperti hair mask dan sampo.Untuk berdiskusi lebih lanjut soal argan oil dan beragam manfaatnya untuk rambut, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di .
rambut rontokkesehatan rambutpertumbuhan rambut kepalarambut kering
Healthline. https://www.healthline.com/health/argan-oil-for-hair-growth
Diakses pada 24 November 2020
WebMD. https://www.healthline.com/nutrition/argan-oil
Diakses pada 24 November 2020
Scientific Research. https://www.scirp.org/journal/PaperInformation.aspx?PaperID=36776
Diakses pada 24 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
0

Artikel Terkait