Beragam Jus Buah untuk Penyakit Liver yang Bisa Anda Coba

(0)
09 Sep 2020|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Terdapat beragam jus buah untuk penyakit liver, salah satunya blue berryJus blueberry mampu menjaga kesehatan liver dan melindunginya dari kerusakan
Liver atau hati merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia. Organ ini berfungsi untuk memecah karbohidrat, membuat glukosa, dan membersihkan tubuh dari racun. Sayangnya, sebagian orang bisa terkena penyakit liver yang membuat organ tersebut tidak dapat berfungsi secara maksimal.Akan tetapi, mengonsumsi buah-buahan tertentu dapat membantu meningkatkan kesehatan liver. Tak hanya dimakan langsung, Anda juga bisa menikmatinya sebagai jus yang menyegarkan. Inilah beberapa jus buah untuk penyakit liver yang dapat Anda konsumsi.

Jus buah untuk penyakit liver

Buah-buahan kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh, tak terkecuali liver. Adapun jus buah untuk penyakit liver, di antaranya:

1. Jus blueberry

Obesitas dan kolesterol tinggi meningkatkan risiko penyakit liver. Namun, jus blueberry mengandung polifenol yang dapat membantu melindungi Anda dari kerusakan liver. Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan jika buah utuh maupun jus blueberry mampu menjaga kesehatan hati, meningkatkan respons kekebalan tubuh, dan menghasilkan enzim antioksidan. Eksperimen lain pun menemukan bahwa jenis antioksidan pada buah berry (antosianin) dapat memperlambat perkembangan jaringan parut pada hati tikus. Selain blueberry, Anda juga bisa mencoba jus cranberry atau raspberry. 

2. Jus grapefruit

Jus grapefruit atau limau gedang mengandung dua antioksidan utama, yakni naringenin dan naringin yang secara alami dapat melindungi liver. Efek melindungi tersebut dilakukan dengan mengurangi peradangan dan kerusakan. Penelitian menunjukkan bahwa antioksidan tersebut dapat mengurangi perkembangan fibrosis hati yang merupakan hasil dari peradangan kronis. Selain itu, antioksidannya mampu menurunkan jumlah lemak di hati dan meningkatkan jumlah enzim untuk membakar lemak sehingga mencegah penumpukan lemak berlebih.

3. Jus anggur

Anggur ungu dan merah mengandung berbagai senyawa tanaman yang bermanfaat untuk kesehatan, yakni resveratrol. Sebuah studi yang dimuat dalam World Journal of Gastroenterology menyatakan buah anggur, jus anggur, dan biji anggur yang kaya akan antioksidan dapat membantu mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan hati. Selain itu, anggur juga berperan sebagai diuretik kuat yang mampu membersihkan ginjal dan meningkatkan fungsi hati. Vitamin C yang terkandung dalam buah anggur juga bermanfaat dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Jus bit

Jus bit adalah sumber nitrat dan antioksidan betalains yang bermanfaat bagi kesehatan. Beberapa penelitian pada tikus menunjukkan bahwa jus bit mampu mengurangi kerusakan oksidatif dan peradangan hati, serta meningkatkan enzim detoksifikasi alami. Meski demikian, beberapa penelitian lebih lanjut pada manusia diperlukan untuk memvalidasi manfaat jus ini.

5. Jus prune

Di beberapa negara, orang-orang menggunakan buah prune (plum kering) sebagai obat hepatitis. Sebuah penelitian pada tahun 2010 menunjukkan bahwa jus prune dapat membantu mengurangi beberapa bahan kimia berbahaya yang terjadi akibat masalah pada hati. Meski dianggap bermanfaat, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk memastikan manfaat jus buah ini terhadap hati.Sebelum mengonsumsi jus buah untuk penyakit liver, konsultasikan pada dokter untuk memastikan keamanan kondisi Anda. Jangan pula menambahkan gula tambahan apabila Anda sudah diizinkan mengonsumsi jus ini. Menambah gula dalam jus dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat dan menyebabkan penumpukan lemak di hati yang akan berbahaya bagi kesehatan. Selain itu, hindari konsumsi jus-jus di atas secara berlebihan.Tak hanya jus, minuman lain yang baik untuk kesehatan liver, yaitu kopi dan teh hijau. Kopi dapat membantu mengurangi risiko penyakit hati kronis, dan melindunginya dari kerusakan. Sementara, teh hijau mampu mengurangi lemak, melawan stres oksidatif, dan mengurangi tanda-tanda penyakit liver berlemak.
penyakit hatiherbalhidup sehat
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4209543/
Diakses pada 26 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/11-foods-for-your-liver#section12
Diakses pada 26 Agustus 2020
Web MD. https://www.webmd.com/hepatitis/ss/slideshow-best-and-worst-foods-for-your-liver
Diakses pada 26 Agustus 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323915#foods-to-avoid
Diakses pada 26 Agustus 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/315340#benefits
Diakses pada 26 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait