logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Parenting

13 Ide Liburan di Rumah untuk Mengisi Waktu Selama Pandemi

open-summary

Supaya anak tidak bosan saat melewati masa pandemi atau liburan sekolah, terdapat segudang aktivitas untuk liburan di rumah yang seru dan menyenangkan, mulai dari bermain kemah-kemahan di halaman, membuat kerajinan tangan, mencoba wisata virtual, hingga mencari harta karun.


close-summary

5

(4)

5 Mar 2022

| Salis Annisa

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Liburan di rumah

Liburan di rumah dapat mengasyikkan karena ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan.

Table of Content

  • Kegiatan liburan di rumah yang menyenangkan
  • Catatan SehatQ

Pada masa pandemi ini, hampir semua aktivitas umumnya dilakukan di rumah, termasuk liburan. Agar liburan di rumah menjadi lebih menyenangkan, terdapat berbagai macam aktivitas seru untuk dilakukan bersama anak-anak agar mereka tidak bosan.

Advertisement

Mulai dari aktivitas yang menyehatkan hingga mengasah kreativitas, berikut adalah ide liburan di rumah bersama anak yang dapat Anda simak.

Kegiatan liburan di rumah yang menyenangkan

Liburan di rumah saja tidak jadi masalah. Sebab, ada banyak aktivitas menarik yang dapat dilakukan bersama anak-anak di rumah, di antaranya:

1. Membuat calming jar

Liburan di rumah bisa diisi dengan kegiatan membuat calming jar. Calming jar adalah stoples yang berisikan glitter dan manik-manik yang bergerak lambat. Selain proses pembuatannnya yang menyenangkan, Anda juga bisa membantu anak menjadi lebih tenang.

Cara membuatnya adalah siapkan stoples bening kecil atau botol minum kecil, kemudian masukan air hingga memenuhi sepertiga botol.

Masukkan lem glitter secukupnya dan aduk bersama air, lalu tambahkan beberapa tetes pewarna makanan sesuai keinginan anak dan aduk.

Kemudian, masukkan manik-manik dan glitter yang si kecil senangi. Setelah itu, tambahkan air secukupnya dan sisakan sedikit ruang dalam botol agar campuran di dalamnya dapat bergerak.

Calming jar dipercaya dapat membuat anak Anda menjadi lebih fokus pada pergerakan manik dan glitter di dalamnya sehingga membuat ia merasa lebih tenang dan nyaman. Kegiatan saat liburan di rumah ini juga dapat menyenangkan bagi anak.

2. Membuat gelembung sabun

Aktivitas liburan di rumah lainnya yang bisa Anda lakukan adalah membuat gelembung sabun. Anak-anak dapat belajar keterampilan bernapas dalam dengan menggunakan gelembung sabun.

Napas dalam adalah cara terbaik untuk mengatasi kecemasan. Menarik napas dalam saat meniupkan gelembung sabun dapat membantu anak untuk mengaktifkan sistem saraf parasimpatik, yakni sistem tubuh yang bertugas saat seseorang dalam keadaan istirahat atau tenang.

Oleh karena itu, aktivitas liburan di rumah saja ini diharapkan mampu membuat anak lebih bahagia dan sejenak melupakan keinginannya untuk bermain di luar atau bersama teman-temannya dalam kondisi pandemi ini. 

Cara membuat gelembung sabun dapat dilakukan dengan mempersiapkan wadah besar, setengah cangkir sabun cuci piring, dua sendok teh gula, satu setengah mangkuk air, dan tongkat gelembung.

Tuangkan setengah cangkir sabun cuci piring ke dalam wadah, kemudian masukan dua sendok teh gula dan satu setengah gelas air, kemudian aduk campuran tersebut dengan perlahan. Gelembung tiup pun siap dimainkan.

3. Bermain puzzle

Aktivitas liburan keluarga di rumah yang tidak kalah seru adalah bermain puzzle. Selain seru dan menantang, puzzle juga dapat membantu mengasah kemampuan kognitif anak dan melatihnya untuk belajar memecahkan masalah.

Anda bisa membeli puzzle atau membuatnya sendiri dengan gambar pilihan si kecil. Anda dapat memotong gambar tersebut ke dalam beberapa bagian, kemudian acak untuk disusun kembali oleh anak.

Selain bagus untuk anak, bermain puzzle juga memberikan manfaat untuk Anda. Bermain puzzle atau teka-teki gambar merupakan salah satu cara terbaik untuk memperkuat otak.

Penelitian menunjukkan bahwa melakukan kegiatan bermain puzzle bisa menjadi faktor pelindung dari penuaan kognitif visuospasial dan beberapa kemampuan kognitif lainnya.

Pasalnya, saat bermain puzzle, Anda harus melihat beragam potongan puzzle dan mencari tahu di mana potongan yang cocok dengan gambar tersebut.

Kegiatan liburan di rumah bersama keluarga ini bisa menjadi cara yang bagus untuk melatih dan menantang, baik bagi otak Anda maupun anak.

4. Bermain kemah-kemahan

no caption
Liburan di rumah sambil bermain kemah

Liburan di rumah juga bisa diwujudkan dengan bermain kemah-kemahan. Bantu anak membuat tenda menggunakan sprei di dalam rumah atau di halaman.

Setelah tenda selesai dibuat, Anda bisa mengajaknya berbincang atau melakukan permainan lainnya. Kegiatan liburan keluarga di rumah ini dapat terasa menyenangkan bagi anak.

5. Membuat kerajinan tangan

Ide liburan di rumah lainnya yang bisa Anda lakukan bersama si kecil, yaitu membuat kerajinan tangan. Ajaklah ia melukis, membuat kotak pensil, lampu hias, dan lainnya.

Bukan hanya menyenangkan, kegiatan liburan bersama keluarga di rumah ini dapat mengasah imajinasi anak.

6. Mencoba wisata virtual

Di era serba digital ini, berwisata juga bisa dilakukan secara virtual. Anda bersama anak dapat menjelajahi berbagai objek wisata lewat gawai tanpa perlu datang langsung ke lokasinya.

Supaya anak lebih gembira, biarkan ia memilih destinasi wisata mana yang ingin dijelajahi. Selain itu, hal ini juga dapat menambah pengetahuan bagi anak.

7. Mencari harta karun

Kegiatan selama liburan sekolah di rumah yang bisa dicoba adalah mencari harta karun. Dikutip dari Parents, Anda dapat mencari hadiah apa pun yang cocok dijadikan harta karun, seperti mainan perhiasaan, buku, atau hal-hal yang disukai oleh anak.

Setelah itu, cobalah sembunyikan harta karun tersebut di pekarangan rumah. Kemudian, buat peta kecil yang bisa dibaca dan dimengeri oleh anak. Nantinya, peta itu akan digunakan untuk mencari harta karun yang sudah Anda sembunyikan.

Pengalaman liburan di rumah ini dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan karena memacu adrenalin anak untuk mencari harta karun tersembunyi.

8. Memasak

Meski terdengar sederhana, memasak dapat dijadikan sebagai ide liburan keluarga di rumah yang menyenangkan bagi anak.

Kegiatan saat liburan bersama keluarga di rumah ini dapat dilakukan ketika cuaca di luar sedang hujan.

Terdapat beberapa resep masakan yang dapat membuat anak merasa senang untuk terlibat dalam prosesnya, seperti donat, biskuit, hingga pizza. Sebab, si kecil dapat memasukkan berbagai bahan-bahan ia inginkan.

Selain mengasah kreativitas, kegiatan yang dilakukan saat libur sekolah ini juga bisa mengajarkan anak memasak.

9. Membuat baju tie dye

no caption
Membuat baju tie dye adalah aktivitas yang menarik untuk anak.

Ada juga kegiatan saat liburan di rumah yang mengasah kreativitas anak, salah satunya membuat baju tie dye.

Dengan warna-warna dan motif yang menarik, anak dapat menyukai proses pembuatan baju tie dye. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga tidak banyak, yaitu hanya pewarna tie dye, baju polos, serta ember.

Kalau bisa, biarkanlah anak berkreasi sendiri. Anda boleh memberikan instruksi, tapi jadikan anak sebagai pemeran utama di dalam proses pembuatannya.

10. Menciptakan pajangan dari dedaunan

Liburan cuma di rumah? Tidak masalah! Masih banyak ide liburan seru bersama keluarga yang bisa dicoba, salah satunya menciptakan pajangan rumah dari dedaunan.

Jika di sekitar rumah Anda terdapat dedaunan yang sudah jatuh dari pohonnya, ambil beberapa untuk digunakan oleh anak berkreasi.

Jika sudah mendapatkan berbagai daun dari luar rumah, sekarang siapkan kertas dan krayon. Langkah selanjutnya adalah menempelkan daun di kertas, lalu balik kertas tersebut.

Setelah itu, minta anak untuk mewarnai bagian belakang daun dengan krayon. Proses ini dapat menciptakan siluet daun yang bagus.

Terakhir, Anda dapat membingkai dan memajangnya di dalam rumah.

11. Bermain bowling

Bermain bowling juga dianggap sebagai kegiatan saat liburan di rumah. Faktanya, bahan-bahan yang dibutuhkan pun cukup sederhana.

Siapkan satu buah bola berukuran kecil, misalnya bola tenis. Lalu, carilah botol-botol minum bekas, baik yang terbuat dari plastik atau kaleng. Setelah itu, siapkan botol-botol bekas dan biarkan anak menggelindingkan bolanya.

Kegiatan selama liburan sekolah di rumah ini dapat dilakukan di dalam atau di luar rumah. Yang terpenting, cobalah cari permukaan datar agar botol-botol bekas itu tidak berjatuhan.

12. Pesta kostum