Beragam Cara Mengusir Tawon Paling Ampuh dan Efektif

Cara mengusir tawon di rumah sangat beragam, salah satunya dengan jebakan madu.
Cara mengusir tawon di rumah tidaklah sulit, salah satunya memanggil jasa pengusir hama.

Cara mengusir tawon tentunya dibutuhkan bagi mereka yang punya alergi terhadapnya. Selain itu, cara mengusir tawon juga perlu dilakukan untuk menghindari sengatannya yang berbahaya itu.

Perlu diketahui, sengatan tawon bisa mengandung racun, dan menimbulkan rasa nyeri, sensasi terbakar, gatal-gatal, hingga pembengkakan. Anda tentu tidak ingin merasakan perihnya sengatan tawon itu.

Maka dari itu, kenalilah beberapa cara mengusir tawon yang paling ampuh dan aman di bawah ini.

Cara mengusir tawon di sekitar rumah

Tawon dapat ditemukan di mana-mana, entah itu di pekalangan rumah, atau bahkan di dalam rumah sekalipun. Biasanya, tawon juga akan “mengintai” makanan maupun minuman yang ada di meja makan rumah.

Walaupun merupakan serangga yang suka melanglang buana di luar rumah, tapi jika melihat adanya pintu atau jendela terbuka, tawon bisa saja masuk ke rumah Anda.

Selain sengatannya yang mengerikan, tawon juga mengeluarkan suara yang berisik. Itulah sebabnya Anda disarankan untuk mengetahui beberapa cara mengusir tawon di bawah ini.

1. Minyak peppermint

Cara mengusir tawon yang pertama ialah dengan bahan alami minyak peppermint. Selain harganya murah, minyak peppermint juga mudah ditemukan.

Menurut sebuah riset yang dirilis dalam Journal of Pest Management Science di tahun 2013, tawon akan selalu menghindar ketika dihadapkan dengan segala hal yang berbau mint.

Selain menyemprotkan minyak peppermint, Anda juga bisa meletakkan kapas atau kain yang sudah direndam dengan minyak peppermint, dekat sarang tawon di rumah Anda.

2. Jebakan air dan gula

Cara mengusir tawon selanjutnya ialah menciptakan jebakan madu, dengan air putih dan gula saja. Caranya juga mudah, Anda hanya harus menuangkan air dan gula ke dalam botol kecil, untuk menarik perhatian para tawon yang ada di dalam rumah.

Saat tawon-tawon itu mendekat, mereka cenderung akan masuk ke dalam botolnya, untuk mendapatkan air dan gula di dalamnya. Saat itulah tawon akan terjebak di dalamnya.

3. Air dan sabun

Cara mengusir tawon yang mudah selanjutnya adalah dengan semprotan air dan sabun. Semprotkan saja air sabun di sekitaran halaman atau kebun di rumah Anda.

Perlu diketahui, cara mengusir tawon ini sangatlah efektif. Sebab, sabun bisa membuat tawon “keracunan”, dengan menyumbat saluran pernapasan mereka. Jadi, tawon akan mati secara instan setelah terkena air sabun ini.

Cara membuatnya juga sangat mudah. Campurkan saja dua sendok sabun cuci piring dengan air, kemudian taruhlah di dalam botol semprot.

4. Temukan sarangnya

Tawon
Sarang tawon

Tawon tidak akan terbang jauh dari sarangnya. Maka dari itulah, cara mengusir tawon selanjutnya adalah mencari tahu keberadaan sarangnya. Salah satu cara mengusir tawon yang paling ampuh ialah menghancurkan sarangnya, agar mereka tidak kembali lagi ke rumah Anda.

Ada banyak cara untuk menghancurkan atau memaksa para tawon untuk kabur dan mencari sarang baru. Salah satu cara yang bisa Anda coba ialah menaruh api kecil di bagian bawah sarang tawon.

Nantinya, asap dari pembakaran itu akan masuk ke dalam sarang tawon, dan membuat pernapasan para tawon tergganggu.

5. Gunakan jasa pembasmi hama

Jika Anda memang tidak mau ambil risiko, cara mengatasi tawon yang paling ampuh adalah dengan memanggil para pembasmi hama profesional.

Dengan menggunakan peralatan canggih, mereka bisa mengusir dan membersihkan rumah Anda dari sarang tawon dengan cepat.

6. Manfaatkan kayu manis

Selain menjadi bumbu dapur yang bisa menyedapkan makanan, kayu manis ternyata menjadi rempah yang dapat dimanfaatkan mengusir tawon, lho.

Ambil beberapa kayu manis, kemudian haluskan menjadi bubuk, dan taburkan di sekitar sarang tawon selama satu minggu.

Aroma wangi dari kayu manis akan menarik perhatian tawon dan memaksa mereka untuk memindahkan sarangnya, jauh dari rumah Anda.

7. Tanam pohon pengusir hama

Tawon
Tawon

Menanam pohon pengusir hama tidak hanya menjauhkan tawon dari rumah, tapi juga berbagai hama lainnya yang membahayakan kesehatan Anda.

Seperti yang sudah diketahui, tawon dan lebah sangat membenci tanaman mint. Aromanya bisa membuat mereka kabur dan tak kembali lagi.

Catatan dari SehatQ:

Jangan sekali-kali mencoba untuk menghancurkan sarang tawon dengan benda fisik, seperti sapu lidi misalnya. Hal ini akan membuat tawon dan ratusan kawanannya marah dan bersikap agresif. Kemungkinan terburuknya, tawon ini akan mempertahankan sarangnya dan malah menyerang Anda.

Jika memang beberapa cara mengusir tawon di atas tidak berhasil, segera panggil pembasmi hama profesional yang mampu mengusir segala macam hama di rumah Anda.

Healthline. https://www.healthline.com/health/wasp-sting#symptoms
Diakses pada 29 April 2020

Express. https://www.express.co.uk/life-style/property/995169/how-to-get-rid-of-wasps-safely-pests-home-property
Diakses pada 29 April 2020

Mirror. https://www.mirror.co.uk/lifestyle/how-rid-wasps-keep-away-12632870
Diakses pada 29 April 2020

Pest Wiki. https://www.pestwiki.com/kill-repel-bees/
Diakses pada 29 April 2020

Artikel Terkait