Beragam Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk yang Wajib Anda Lakukan

(0)
18 Feb 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Cara menghilangkan kebiasaan buruk harus dilakukan dengan tepatMerokok merupakan salah satu kebiasaan buruk
Suka mengupil di depan umum, menggigiti kuku, merokok, kentut sembarangan, hobi menghamburkan uang, hingga malas belajar, merupakan berbagai kebiasaan buruk yang kerap dijumpai dalam keseharian kita. Jika Anda termasuk orang yang sering melakukannya, ini bisa merugikan diri Anda sendiri, bahkan membuat orang lain illfeel alias muak.Menghilangkan berbagai kebiasaan buruk memang bukanlah hal yang mudah, tapi tak ada salahnya bagi Anda untuk mencobanya. Lakukan beberapa cara menghilangkan kebiasaan buruk ini secara bertahap supaya Anda bisa menjadi pribadi yang lebih baik.

Cara menghilangkan kebiasaan buruk

Berikut adalah cara menghilangkan kebiasaan buruk yang dapat Anda lakukan:

1. Sadari bahwa yang Anda lakukan merupakan kebiasaan buruk

Sadari kebiasaan buruk yang dimiliki
Langkah pertama dalam menghilangkan kebiasaan buruk adalah menyadari bahwa yang Anda lakukan merupakan kebiasaan burukHal ini bisa membantu Anda menahan diri untuk melakukannya lagi. Tanamkan dalam pikiran Anda bahwa kebiasaan ini merupakan hal negatif yang harus dihindari.

2. Buat rencana yang matang

Salah satu cara menghilangkan kebiasaan buruk yang paling penting adalah membuat rencana yang matang. Pastikan mulai dari kapan Anda akan menghentikan kebiasaan itu dan pikirkan upaya apa saja yang akan Anda lakukan. Beri target dari waktu ke waktu mengenai perubahan yang Anda lakukan. Namun, pastikan untuk realistis dalam menentukannya. Jangan sampai malah membuat Anda malas melakukannya. Lebih baik ubah sedikit-sedikit tapi tuntas, daripada sekaligus tapi macet di tengah jalan.

3. Alihkan perhatian pada hal lain

Menggigit kuku merupakan kebiasaan buruk
Ketika Anda terpicu untuk melakukan kebiasaan buruk, alihkan perhatian Anda pada hal lain. Misalnya, Anda ingin atau sedang menggigit kuku, segera ambil ponsel atau benda lain untuk menghentikan kebiasaan itu. Fokuskan diri Anda sehingga keinginan untuk menggigit kuku pun hilang. Yang terpenting adalah jauhkan godaan tersebut dari pikiran Anda.

4. Tulis peringatan yang positif

Untuk membantu Anda menghentikan kebiasaan buruk, tulislah peringatan di ponsel Anda atau memo yang menempel di dinding. Tulislah dengan kata-kata yang positif, misalnya “Yuk, berhenti merokok, kasihani paru-parumu, ya!”. Hal ini akan mengingatkan Anda untuk tidak melakukan kebiasaan yang sedang Anda hindari.

5. Dapatkan dukungan

Carilah rekan yang sama-sama sedang mencoba menghilangkan kebiasaan buruk, baik teman bergaul atau yang Anda temui dalam komunitas. Anda bisa saling berbagi cerita dengannya. Hal ini akan membuat Anda merasa mendapat dukungan sehingga lebih bersemangat lagi untuk menghentikan kebiasaan yang buruk.

6. Beri reward pada diri sendiri

Beri reward pada diri sendiri
Anda juga bisa memberlakukan sistem reward untuk menghilangkan kebiasaan buruk. Misalnya, beri target untuk berhenti merokok selama 1 bulan, jika berhasil hadiahi diri Anda sendiri dengan apa yang Anda butuhkan. Teruslah naikkan target sampai Anda bisa sepenuhnya menghentikan kebiasaan buruk itu. Namun, sebaiknya Anda jangan memberi hadiah yang tidak bermanfaat atau terlalu konsumtif.

7. Bersabar dan konsisten

Sering kali ketidaksabaran meruntuhkan upaya yang dilakukan untuk menghentikan kebiasaan buruk. Alhasil, Anda pun kembali lagi melakukannya dan tidak jadi ‘tobat’. Nah, jika Anda benar-benar ingin menghilangkan kebiasaan negatif, bersabarlah dan konsisten. Kuatkan tekad Anda semaksimal mungkin. Jangan sampai terkecoh, bahkan jatuh ke lubang yang sama. 

8. Cari bantuan profesional

Apabila Anda tidak bisa menghilangkan kebiasaan buruk meski sudah mencoba, misalnya kecanduan merokok atau minuman alkohol. Tak ada salahnya mencari bantuan profesional (dokter atau terapis) agar mendapat penanganan yang tepat. Mereka tentu saja akan memberi solusi terbaik untuk mengatasi masalah Anda.Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menghilangkan kebiasaan buruk? Jawabannya, tidak ada yang pasti. Semuanya tentu tergantung pada individu masing-masing. Namun yang pasti, jika Anda gigih dan konsisten, kebiasaan buruk itu akan segera menghilang.Daripada mempertahankan kebiasaan buruk yang bisa merugikan diri sendiri, sebaiknya mulailah menerapkan gaya hidup sehatPastikan Anda mengonsumsi makanan bergizi seimbang, berolahraga secara rutin, cukup minum air putih, hindari merokok dan minuman beralkohol, kendalikan stres, serta tidur yang cukup. Seluruh hal ini tentunya baik untuk kesehatan fisik maupun mental Anda.Jika Anda ingin bertanya lebih lanjut seputar kesehatan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan mentalpola hidup sehat
Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/intl/blog/fixing-families/201712/how-break-bad-habits
Diakses pada 04 Februari 2021
Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/how-to-break-bad-habits/
Diakses pada 04 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-long-does-it-take-to-break-a-habit#tips-and-tricks
Diakses pada 04 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait