Beragam Cara Menghilangkan Bintik-bintik Kecil di Wajah yang Ampuh

Ada beragam cara menghilangkan bintik-bintik kecil di wajah secara alami maupun medis
Eksfoliasi wajah menjadi salah satu cara menghilangkan bintik-bintik kecil di wajah

Apakah Anda punya masalah bintik-bintik kecil di wajah? Jika iya, hal ini bisa mengganggu penampilan karena membuat wajah menjadi terlihat tidak mulus dan kotor.

Bintik-bintik kecil di wajah, yang juga disebut sebagai milia, umumnya terjadi pada bayi. Namun, masalah ini juga bisa dialami oleh orang dewasa. Bintik-bintik kecil berwarna putih ini dapat muncul di area wajah mana saja, dan kadang membutuhkan waktu yang lama untuk hilang.

Cara menghilangkan bintik-bintik kecil di wajah secara alami

Milia timbul ketika serpihan kulit mati atau keratin (protein yang ditemukan di kulit) terperangkap di bawah permukaan kulit. Bintik-bintik kecil putih ini seringkali muncul di sekitar pipi, hidung, dan dagu. Akan tetapi, masalah ini juga bisa muncul di area kulit lainnya. 

Berdasarkan sebuah penelitian, 40-50 persen bayi baru lahir memiliki milia pada kulitnya. Selain bayi baru lahir, anak-anak, remaja, dan orang dewasa pun juga tidak luput dari masalah kulit ini. 

Biasanya milia akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa bulan. Namun untuk mempercepat proses penyembuhan, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bintik-bintik kecil di wajah ini.

  • Membersihkan wajah secara rutin

Bukan hanya saat mengalami milia saja, membersihkan wajah adalah kewajiban yang harus dilakukan agar kulit tetap terjaga dan terawat. Bersihkan wajah dengan sabun yang lembut dan bebas kandungan peraben secara rutin untuk menjaga kesehatan wajah. 

Membersihkan wajah dapat mengangkat kotoran yang terjebak di pori-pori sehingga membantu mengecilkan milia, bahkan menghilangkannya lebih cepat. Usai wajah dibersihkan, tepuk-tepuk kulit Anda secara perlahan untuk menjaga kelembapannya agar tidak mengering dan lecet.

  • Membuka pori-pori

Membuka pori-pori dapat dilakukan dengan berendam air hangat. Uap air hangat mampu membuka pori-pori wajah dengan lembut sehingga melepas serpihan sel kulit mati atau kotoran lain yang terperangkap di bawahnya. Selanjutnya, bilaslah wajah menggunakan air hangat untuk membersihkan sisa kulit mati atau kotoran yang telah dikeluarkan.

  • Eksfoliasi wajah

Eksfoliasi atau pengelupasan kulit dapat membantu menghilangkan sel kulit mati maupun kotoran lain yang terperangkap di kulit. Metode ini juga dapat menjaga kulit wajah Anda terhindar dari iritan yang menyebabkan milia, serta menjaga agar keratin kulit tidak diproduksi secara berlebihan.

Biasanya, eksfoliasi dilakukan dengan menggosokkan scrub secara perlahan pada wajah dan membilasnya. Anda dapat menggunakan pengelupas kulit berbahan alami atau menggunakan produk-produk eksfoliator yang dijual di toko-toko kecantikan. Namun, hindari melakukannya terlalu sering karena dapat mengiritasi kulit.

  • Mengoleskan masker madu 

Masker madu dapat membantu mengatasi bintik-bintik kecil di wajah karena merupakan agen antimikroba yang dapat mengurangi peradangan. Meski milia tak disebabkan oleh bakteri, namun masker madu tersebut dapat memperbaiki penampilan kulit Anda. 

Adapun cara menerapkan masker madu pada wajah, yaitu dengan mencampurkan 3-4 sdm madu dengan 1 sdm kayu manis. Panaskan dalam microwave selama 30 detik. Lalu, oleskan tipis pada wajah Anda dan diamkan selama 10 menit. Selanjutnya, bilas menggunakan air bersih.

  • Menyemprotkan air mawar

Air mawar adalah air yang mengandung minyak mawar. Ketika dioleskan pada kulit, minyak ini dapat menjadi agen antiperadangan. Semprotkan air mawar pada area kulit wajah yang terdapat bintik-bintik kecil sebanyak dua atau tiga kali sehari untuk menghilangkannya. Hindari area mata karena dikhawatirkan dapat mengiritasi.

Cara menghilangkan bintik-bintik kecil di wajah secara medis

Jika milia atau bintik-bintik kecil di wajah tak juga hilang dan menimbulkan kekhawatiran, maka perawatan klinis tertentu dapat digunakan untuk menghilangkannya. Adapun cara menghilangkan bintik-bintik kecil di wajah secara medis yang bisa Anda coba, yaitu:

  • Menggunakan krim retinoid

Beberapa penelitian merekomendasikan krim retinoid yang mengandung vitamin A untuk menghilangkan bintik-bintik kecil di wajah. Vitamin ini sangat penting dalam menjaga kesehatan kulit. Ketika menggunakan krim retinoid, kenakan juga tabir surya karena krim ini akan membuat kulit lebih rentan mengalami kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Carilah tabir surya yang dirancang khusus untuk wajah dengan SPF 30 atau lebih tinggi. Selain itu, pastikan jika tabir surya tersebut tidak mengandung bahan apa pun yang membuat kulit Anda alergi atau sensitif.

  • De-roofing

Pada prosedur ini, dokter akan menggunakan jarum atau pisau steril untuk menghilangkan milia. Jangan melakukan tindakan ini dirumah karena harus dilakukan oleh dokter. 

  • Kuretase 

Dalam prosedur kuretase, dokter akan mematikan area kulit, mematikan milia, lalu menutup kulit menggunakan kawat panas.

  • Cryotherapy

Dalam cara menghilangkan bintik-bintik kecil di wajah ini, milia akan dibekukan dengan nitrogen cair untuk dihilangkan. Metode ini akan menyebabkan lepuh atau bengkak selama beberapa hari.

  • Minocycline 

Ini merupakan antibiotik oral yang diresepkan oleh dokter untuk membantu mengobati jenis milia tertentu.

Berbagai perawatan medis di atas memiliki risiko terbentuknya jaringan parut, kecuali minocycline yang memiliki risiko tersendiri. Oleh sebab itu, pikirkan baik-baik sebelum menentukan perawatan yang akan diambil, serta konsultasikan masalah Anda pada dokter untuk mendapat arahan yang tepat.

Selain itu, ketika terdapat bintik-bintik kecil di wajah, Anda mungkin tak tahan ingin mengorek atau memencetnya agar cepat hilang. Namun, hal tersebut justru malah bisa memperburuk keadaan karena dapat menyebabkan milia berdarah, keropeng, dan meninggalkan bekas luka. Jadi, jangan coba-coba untuk mengorek atau memencetnya, ya!

Healthline. https://www.healthline.com/health/skin-disorders/how-to-get-rid-of-milia#see-your-dermatologist
Diakses pada 27 Januari 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320953.php#medical-treatments
Diakses pada 27 Januari 2020

Artikel Terkait