Beragam Cara Mengatasi Susah Tidur karena Banyak Pikiran

(0)
01 Feb 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ada banyak cara mengatasi susah tidur karena banyak pikiran, seperti bermeditasi hingga mencari pengalihan.Susah tidur karena banyak pikiran? Jangan dibiarkan, sebab efeknya bisa berbahaya bagi kesehatan.
Susah tidur karena banyak pikiran yang menghantui? Jangan dibiarkan! Jika tidak segera ditangani, pola tidur Anda bisa berantakan. Untungnya, terdapat berbagai macam cara mengatasi susah tidur karena banyak pikiran yang bisa dicoba, mulai dari bermeditasi hingga curhat dengan anggota keluarga.

Cara mengatasi susah tidur karena banyak pikiran

Ada banyak cara mengatasi susah tidur karena banyak pikiran yang bisa dilakukan
Ada banyak cara mengatasi susah tidur karena banyak pikiran yang bisa Anda lakukan.
Minimnya jam tidur akibat banyak pikiran tidak boleh dibiarkan karena bisa merusak kesehatan Anda. Sebuah studi membuktikan, kurang tidur di malam hari dapat meningkatkan risiko mati muda. Maka dari itu, mari kenali berbagai cara mengatasi susah tidur karena banyak pikiran.

1. Tenangkan diri sebelum tidur

Sebelum memutuskan untuk tidur, cobalah lakukan berbagai macam hal yang menenangkan pikiran. Pikiran yang tenang dipercaya dapat menyalakan gelombang otak alfa sehingga Anda bisa lebih cepat tidur dan terlepas dari belenggu banyak pikiran.Mulai dari minum teh herbal hingga menghirup aroma terapi. Jangan lupa untuk menenangkan diri sebelum tidur untuk mencegah overthinking.

2. Jangan malu untuk curhat

Saat banyak pikiran yang menghantui, jangan malu untuk curhat dan melepaskan segala kegelisahan Anda dengan orang lain, baik itu pasangan, kerabat, atau anggota keluarga.Berkomunikasi dari hati ke hati dengan orang lain dipercaya sebagai cara efektif untuk memproses apa yang terjadi pada hari-hari Anda. Selain itu, merasa ‘terhubung’ dengan seseorang sebelum tidur dapat membuat Anda merasa bahagia.

3. Menulis jurnal

Menuliskan segala unek-unek ke dalam jurnal dipercaya sebagai cara efektif untuk ‘berbicara’ dengan diri sendiri.Setelah menuliskan segala kegelisahan ke dalamnya, tutuplah jurnal dan ucapkan selamat tinggal padanya. Taruh jurnal itu di luar kamar agar Anda tak bisa melihatnya saat sedang mencoba untuk tidur.Tindakan ini dapat dilakukan jika Anda memang tinggal sendiri tanpa ada seseorang yang menemani.

4. Carilah distraksi/pengalihan

Untuk menghilangkan banyaknya pikiran di kepala, Anda disarankan untuk melakukan kegiatan lain untuk mengalihkan pikiran sebelum tidur.Setiap orang memiliki distraksi favoritnya masing-masing, seperti melukis, berolahraga, atau bahkan memasak.Hal positif apa pun yang dapat mengalihkan pikiran dari overthinking dipercaya dapat membantu Anda terhindar dari kegelisahan saat ingin tidur nantinya.

5. Tarik napas dalam-dalam

Mungkin cara mengatasi susah tidur karena banyak pikiran ini terdengar klise, tapi menarik napas dalam-dalam dipercaya ampuh untuk mengatasi banyak pikiran.Untuk melakukan teknik menenangkan diri ini, ikutilah tahapannya sebagai berikut:
  • Cari tempat yang nyaman untuk duduk dan menenangkan bahu serta leher
  • Letakkan satu tangan di jantung dan satunya lagi di perut
  • Tarik dan buang napas lewat hidung, sambil memerhatikan gerakan pada bagian dada dan perut.
Cobalah lakukan teknik ini dengan rutin selama 5 menit, terutama jika Anda sedang dilanda overthinking.

6. Bermeditasi

Bermeditasi adalah cara mengatasi susah tidur karena banyak pikiran yang sudah terbukti secara ilmiah. Kegiatan ini dipercaya dapat menghilangkan berbagai pikiran negatif dengan mengubah fokus Anda ke dalam tubuh.

7. Lakukan hal baik pada orang lain

Melakukan hal baik terhadap anggota keluarga atau kerabat yang sedang membutuhkan dinilai sebagai cara ampuh untuk menghilangkan pikiran negatif.Ada banyak hal baik yang bisa Anda lakukan di rumah, misalnya membantu orangtua memasak makan malam atau sekadar membacakan dongeng pada adik yang tidak bisa tidur.Selain itu, melakukan hal baik pada orang lain juga bisa membuat Anda lebih produktif sehingga bisa mencegah overthinking.

8. Pikirkan pencapaian Anda

Salah satu cara yang dianggap efektif untuk menghilangkan banyak pikiran negatif sebelum tidur adalah memikirkan berbagai pencapaian Anda, baik di kantor, rumah, atau sekolah.Pencapaian yang dimaksud tidak harus besar. Sesederhana menyisihkan uang jajan untuk ditabung atau melawan rasa malas untuk mencuci kendaraan Anda.

9. Belajar untuk memaafkan diri sendiri

Terkadang, pikiran yang menghantui Anda setiap malam datang dari kesalahan di masa lalu. Cobalah belajar untuk memaafkan diri sendiri dan terimalah fakta bahwa setiap orang dapat melakukan kesalahan di dalam hidupnya.

10. Hadapi rasa takut Anda

Rasa takut yang berlebihan dapat membuat Anda banyak pikiran di malam hari. Namun ingat, rasa takut adalah hal yang normal. Belajar untuk menghadapi rasa takut ini dipercaya bisa membantu Anda mencegah overthinking.Akan tetapi, belajar untuk menghadapi rasa takut membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Berjuanglah dan jangan menyerah. Jika Anda sudah terbiasa menghadapi rasa takut, pikiran negatif perlahan-lahan bisa dihilangkan dan kualitas tidur bisa dijaga.

11. Meminta pertolongan

Jangan takut, Anda tidak harus melewati segala kegelisahan di malam hari seorang diri. Carilah bantuan dengan datang ke psikolog atau psikiater untuk berkonsultasi. Para ahli dapat membantu Anda mencari strategi untuk mengatasi banyak pikiran.

Catatan dari SehatQ

Itulah tadi berbagai cara mengatasi susah tidur karena banyak pikiran yang bisa Anda coba. Ingat, Anda tidak seorang diri. Ada banyak orang yang siap membantu dalam mengatasi kegelisahan yang mungkin Anda alami di malam hari.Jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
gangguan tidurmasalah tidurinsomniakesehatan mental
Healthline. https://www.healthline.com/health/sleep-deprivation/effects-on-body#Causes-of-sleep-deprivation
Diakses pada 18 Januari 2021
Net Doctor. https://www.netdoctor.co.uk/healthy-living/a28687/overthinking-cant-sleep/
Diakses pada 18 Januari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-stop-overthinking#be-kind
Diakses pada 18 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait