Beragam Cara Mengatasi Susah Kentut yang Mudah Dilakukan


Rasa tidak nyaman bisa datang di saat tubuh tidak bisa kentut. Namun, ada banyak cara mengatasi susah kentut yang bisa dicoba, seperti yoga dan mengonsumsi beberapa makanan.

(0)
21 Dec 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara mengatasi susah kentut sangatlah beragam, mulai dari yoga hingga mengonsumsi makanan tertentu.Beberapa pose yoga dianggap efektif sebagai cara mengatasi susah kentut.
Saat tubuh tidak bisa kentut, perut kita biasanya akan terasa kembung dan tidak nyaman. Masalah ini disebabkan oleh gas yang seharusnya dikeluarkan saat kentut terperangkap di dalam perut. Untungnya, ada berbagai cara mengatasi susah kentut yang bisa Anda lakukan di rumah dengan mudah.

6 cara mengatasi susah kentut yang mudah dilakukan

Cara mengatasi susah kentut sangatlah beragam, mulai dari yoga hingga mengonsumsi makanan tertentu
Mengalami susah kentut? Cobalah yoga!
Jika Anda merasa kesulitan untuk kentut, berikut adalah sejumlah cara mengatasi susah kentut yang bisa dilakukan.

1. Pose yoga pawanmuktasana

Pose yoga Pawanmuktasana akan membantu perut, pinggul, paha, dan bokong menjadi rileks. Pose ini juga dipercaya bisa diatasi susah kentut.Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukannyai:
  • Berbaring telentang dan tegakkan kaki Anda hingga 90 derajat
  • Tekuk kedua lutut dan turunkan paha ke bagian perut
  • Jagalah kedua lutut dan pergelangan kaki agar tetap rapat
  • Posisikan kedua tangan Anda di bagian lutut
  • Angkat leher dan lipat dagu ke bagian dada atau berlutut.
Jika Anda belum pernah melakukannya, cobalah pose yoga ini selama 20 detik. Anda bisa melakukannya lebih lama jika tubuh sudah terbiasa.

2. Squat

Squat adalah gerakan olahraga yang sangat mudah dilakukan. Gerakan ini dapat memberikan tekanan pada bagian kanan perut sehingga gas yang terperangkap dapat dikeluarkan.Anda bisa melakukan squat selama beberapa kali atau menahan posisi squat untuk bisa mengeluarkan gas di dalam perut.

3. Pose yoga balasana

Balasana atau pose anak-anak adalah gerakan yoga yang tidak sulit dilakukan. Gerakan yoga ini dianggap bisa membuat punggung bawah, pinggul, serta kaki menjadi rileks. Gerakan Balasana juga dinilai bisa ‘memijat’ organ dalam Anda dan membantu mengeluarkan gas dari perut.Berikut adalah langkah-langkah melakukan pose yoga ini:
  • Lakukan posisi berlutut dan duduklah di atas tumit
  • Sesuaikan lutut Anda sampai menyamai lebar pinggul
  • Secara perlahan, posisikan tangan Anda ke arah depan hingga melewati kepala
  • Majukan leher Anda ke depan sampai dahi menempel di lantai
  • Biarkan perut Anda ‘jatuh’ ke bagian paha secara perlahan tanpa tekanan berlebih.
Pertahankan pose Balasana selama lima menit untuk memaksimalkan manfaatnya. Jika Anda tidak sanggup, Anda boleh berhenti melakukannya.

4. Pose yoga paschimottanasana

Pose yoga paschimottanasana juga dianggap sebagai cara mengatasi susah kentut yang mudah dilakukan. Anda hanya perlu duduk di atas lantai dan memanjangkan kaki ke depan hingga lurus untuk melakukan pose ini.Setelah itu, bungkukkan tubuh Anda hingga dada mendekat ke bagian lutut, lalu cobalah raih jari kaki Anda dengan tangan.Gerakan yoga paschimottanasana ini dinilai bisa memberikan tekanan pada perut sehingga gas yang terperangkap dapat dikeluarkan.

5. Pose yoga apanasana

Pose yoga apanasana juga dianggap bisa mengatasi susah kentut. Gerakan ini dipercaya bisa memberikan tekanan pada bagian perut sehingga mampu merangsang tubuh untuk kentut.Anda perlu tidur telentang dan menaikkan kaki Anda untuk memulai gerakan ini. Setelah itu, lekukkan lutut hingga 90 derajat.Usahakan untuk menjaga lutut dan pergelangan kaki tetap rapat. Setelahnya, Anda harus menaruh kedua tangan di belakang lutut dan menariknya ke arah wajah secara perlahan.Cobalah pertahankan posisi ini selama 15 detik hingga 1 menit untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal.

6. Mengonsumsi makanan tertentu

Terdapat sejumlah makanan yang dipercaya bisa membantu Anda untuk kentut, di antaranya:
  • Permen karet
  • Produk susu
  • Minuman bersoda
  • Makanan berlemak
  • Sayuran silangan
  • Makanan berserat tinggi
  • Daging
  • Gandum
  • Kacang-kacangan
  • Buah kering atau segar.
Namun ingat, beberapa makanan atau minuman di atas dapat berdampak buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi berlebihan. Sebaiknya Anda jangan mengonsumsinya secara berlebihan.

Penyebab susah kentut yang harus diwaspadai

Susah kentut dapat disebabkan oleh radang usus buntu
Radang usus buntu bisa sebabkan Anda susah kentut
Ketidakmampuan tubuh untuk mengeluarkan gas lewat kentut dapat disebabkan oleh berbagai macam kondisi medis, di antaranya:
  • Obstruksi usus

Obstuksi usus terjadi saat usus halus ataupun besar mengalami penyumbatan. Kondisi ini dapat disebabkan oleh tumor atau menyempitnya usus.Inilah alasan mengapa kondisi susah kentut tidak boleh disepelekan. Apalagi kalau kondisinya sudah membuat Anda tidak nyaman.
  • Radang usus buntu

Tahukah Anda kalau radang usus buntu ternyata juga bisa menyebabkan tubuh sulit mengeluarkan gas? Tidak hanya itu, kondisi ini juga menyebabkan sakit perut.Dokter biasanya akan merekomendasikan operasi untuk mengatasi radang usus buntu.

Catatan dari SehatQ

Jika memang berbagai kondisi medis ini adalah penyebab susah kentut yang Anda rasakan, berbagai cara mengatasi susah kentut di atas tidak bisa menjadi solusinya. Konsultasikan masalah Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.Bagi Anda yang belum berkesempatan datang ke rumah sakit, cobalah bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
penyakityogapencernaangangguan pencernaan
Healthline. https://www.healthline.com/health/digestive-health/how-to-fart
Diakses pada 6 Desember 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321866#why-do-we-fart
Diakses pada 6 Desember 2020
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/digestive-health-pictures/lets-hope-its-just-gas.aspx
Diakses pada 6 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait