Beragam Cara Mengatasi Sakit Tumbuh Gigi Geraham pada Anak

(0)
23 Mar 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ayah dan Bunda harus membantu Si Kecil mengatasi sakit tumbuh gigi geraham pada anak.Ada banyak cara mengatasi sakit tumbuh gigi geraham pada anak, salah satunya memberikannya teether.
Di saat gigi geraham pertama tumbuh, Si Kecil bisa merasakan sakit dan tidak nyaman. Untungnya, terdapat berbagai cara mengatasi sakit tumbuh gigi geraham pada anak yang aman dan bisa dicoba oleh orangtua lewat sejumlah perawatan rumahan. Penasaran bagaimana caranya?

Berbagai cara mengatasi sakit tumbuh gigi geraham pada anak

Gigi geraham adalah gigi terbesar yang terletak di bagian belakang mulut. Gigi ini biasanya tumbuh di usia 13-19 bulan, sedangkan gigi geraham bagian bawah umumnya muncul di usia 14-18 bulan. Fungsi gigi geraham adalah untuk menggiling makanan menjadi potongan kecil sehingga mudah ditelan.Penting bagi Anda untuk menemani anak dalam fase tumbuhnya gigi geraham. Berikut adalah berbagai cara mengatasi sakit tumbuh gigi geraham pada anak yang bisa dilakukan orangtua.

1. Kompres dingin

Kompres dingin merupakan salah satu cara paling populer untuk mengatasi mengatasi sakit tumbuh gigi geraham pada anak. Anda bisa mendinginkan benda yang aman untuk dikunyah anak.Sebaiknya Anda menggunakan benda yang aman dan tidak membuat anak tersedak. Anda juga perlu mengawasi anak saat sedang memberikannya benda untuk dikunyah.Salah satu benda yang aman untuk dijadikan kompres dingin adalah kain bersih. Cobalah masukkan kain tersebut ke dalam lemari es selama 20-30 menit. Saat teksturnya sudah mulai mengeras dan dingin, taruh di bagian gusi Si Kecil atau biarkan ia mengunyahnya. Pastikan kain yang digunakan tidak ditelan oleh anak.

2. Beri anak makanan dingin

Jika anak tidak mau mengunyah kain dingin yang diberikan, Anda boleh menggantinya dengan makanan dingin. Cara mengatasi sakit tumbuh gigi geraham pada anak ini hanya boleh dilakukan jika Si Kecil sudah melewati tahap makanan pendamping ASI (MPASI). Makanan yang bisa dipilih adalah yogurt hingga buah yang didinginkan.Lagi-lagi, Anda disarankan untuk terus mengawasi anak saat sedang mengunyah makanan dingin ini agar mereka tidak tersedak.

3. Memijat gusi bayi dengan perlahan dan lembut

Bersihkan tangan Anda, lalu pijatlah bagian gusi Si Kecil. Sentuhan ini dipercaya dapat meredakan rasa nyeri akibat tumbuhnya gigi geraham pada anak.Selain memijatnya dengan tangan, Anda juga boleh menggunakan teether untuk memberikan tekanan lembut ke bagian gigi yang sedang tumbuh.

4. Menyusuinya

Salah satu cara meredakan rasa nyeri akibat tumbuh gigi adalah menyusuinya, terutama jika anak masih minum air susu ibu (ASI). Saat Si Kecil mengisap puting payudara ibunya, hal ini dipercaya dapat memberikan rasa nyaman. 

5. Berikan ia teether untuk dikunyah

Teether atau mainan yang terbuat dari bahan-bahan aman dipercaya bisa meredakan rasa nyeri akibat tumbuh gigi. Akan tetapi, Anda perlu waspada karena tidak semua bahan mainan anak aman untuk dikunyah.Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) melarang penggunaan teether yang terbuat dari amber (resin pohon), kayu, marmer, atau silikon karena dapat membuat anak tersedak.

6. Menyalakan white noise

Gunakan white noise sebagai cara mengatasi sakit tumbuh gigi geraham pada anak
White noise dapat digunakan untuk tenangkan Si Kecil di malam hari
Merasakan sakit akibat tumbuh gigi dapat membuat anak susah tidur. Untuk mengatasinya, cobalah menyalakan white noise, misalnya suara ombak atau hujan yang menenangkan.White noise dipercaya dapat mengalihkan perhatian anak dari rasa sakit yang ia rasakan sehingga ia bisa tertidur dengan nyenyak.

7. Jadikan jari-jemari Anda sebagi teether

Jika Anda merasa ragu ketika ingin memberikan teether, biarkan anak mengisap jari-jemari Anda. Namun, pastikan Anda mencuci tangan terlebih dahulu dengan air mengalir dan sabun.Jika perlu, rendam dulu jari-jemari Anda di dalam air dingin untuk memberikan efek menenangkan saat anak mengisapnya.

8. Memberikan obat-obatan sesuai anjuran dokter

Jika berbagai cara mengatasi sakit tumbuh gigi geraham pada anak tidak membuahkan hasil, bawa Si Kecil ke dokter gigi anak untuk berkonsultasi mengenai obat-obatan yang bisa diberikan pada mereka. Dokter biasanya akan merekomendasikan obat pereda nyeri, seperti acetaminophen atau ibuprofen.Namun, Anda harus waspada terhadap obat-obatan yang mengandung benzocaine. Sebab, benzocaine dipercaya bisa menyebabkan methemoglobinemia, yakni kondisi yang menyebabkan terganggunya sirkulasi oksigen di dalam aliran darah anak. Gejalanya meliputi:
  • Warna kulit dan kuku kebiruan atau pucat
  • Sulit bernapas
  • Merasa kebingungan
  • Terlihat kelelahan
  • Sakit kepala
  • Detak jantung cepat.
Ingat, jangan pernah memberikan obat apa pun pada anak tanpa izin dan anjuran dari dokter. Dengan berkonsultasi bersama dokter, Anda akan tahu jenis obat dan dosis yang aman untuk anak.

Gejala tumbuhnya gigi geraham pada anak

Mudah marah adalah salah satu gejala tumbuhnya gigi geraham pada anak
Saat gigi geraham tumbuh, Si Kecil kemungkinan akan mudah marah
Gejala tumbuhnya gigi geraham pada anak tidak terlalu berbeda dengan gejala tumbuh gigi lainnya. Gejala-gejala tersebut meliputi:
  • Mudah marah
  • Produksi air liur yang meningkat
  • Suka menggigit benda seperti pakaiannya
  • Gusi yang meradang dan berwarna merah.
Berbeda ketika waktu bayi, kini anak Anda sudah bisa memberi sinyal bahwa ia sedang merasa tidak nyaman karena gigi gerahamnya tumbuh. Maka dari itu, tidak ada salahnya mencoba berbagai cara di atas.

Catatan dari SehatQ

Jika Anda ingin mencoba berbagai cara mengatasi sakit tumbuh gigi geraham pada anak, pastikan Anda berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum melakukannya. Hal ini dilakukan guna mencegah hal-hal yang tak diinginkan.Jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
tips parentingtumbuh gigi pada bayikesehatan gigi
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/molar-definition-of-molar-1059429
Diakses pada 9 Maret 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/parenting/2-year-molars#baby-molars
Diakses pada 9 Maret 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/parenting/natural-teething-remedies#Ice,-Ice-Baby
Diakses pada 9 Maret 2021
Health Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/teething-101-4-pediatrician-approved-ways-to-soothe-a-teething-baby/
Diakses pada 9 Maret 2021
Healthy Children. https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/teething-tooth-care/Pages/Teething-Pain.aspx
Diakses pada 9 Maret 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/baby/how-to-soothe-a-teething-baby-at-night#drool
Diakses pada 9 Maret 2021
Parents. https://www.parents.com/toddlers-preschoolers/health/how-can-i-help-ease-the-pain-of-my-teething-toddler/
Diakses pada 9 Maret 2021
 
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait