Beragam Cara Mengatasi Ngantuk di Kelas yang Patut Dicoba

(0)
13 Jan 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Terdapat banyak cara mengatasi ngantuk di kelas agar pelajaran dapat tercerna dengan baik.Aktif bergerak adalah salah satu cara mengatasi ngantuk di kelas yang patut dicoba.
Di saat rasa ngantuk melanda, apa yang sedang diterangkan guru atau dosen di depan kelas akan sulit dicerna. Walau begitu, Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak cara mengatasi ngantuk di kelas yang bisa dicoba.

Cara mengatasi ngantuk di kelas untuk sesi belajar yang lebih efektif

Terdapat berbagai alasan mengapa rasa kantuk sering muncul, mulai dari kurang tidur, stres, gaya hidup malas-malasan, hingga kondisi medis seperti insomnia. Bagi Anda yang ingin melawan rasa kantuk di kelas, berbagai cara mengatasi ngantuk di kelas ini bisa Anda lakukan.

1. Aktif bergerak

Menggerakkan tubuh dapat membantu hilangkan rasa kantuk. Jika tidak memungkinkan bagi Anda untuk aktif bergerak di dalam kelas, cobalah untuk izin keluar atau ke toilet sebentar.Anda bisa menggunakan momen ini untuk banyak bergerak, seperti melakukan olahraga di tempat atau sekadar joging. Aktivitas fisik ini dapat memompa darah di dalam tubuh sehingga energi dan kewaspadaan Anda bisa meningkat.

2. Menghirup udara segar

Menghirup udara segar dapat membantu Anda untuk bisa mengalahkan rasa kantuk. Namun, jika Anda tidak bisa keluar kelas untuk mendapatkan udara segar, cobalah menarik napas dalam-dalam. Dengan begitu, tubuh akan mendapatkan oksigen yang dibutuhkan sehingga rasa kantuk dapat dikalahkan.

3. Tidur yang cukup di malam hari

Cara mengatasi ngantuk di kelas agar sesi belajar menjadi lebih efektif
Ngantuk di kelas bisa bikin sesi belajar menjadi tak efektif
Kebiasaan begadang di malam hari dapat membuat Anda merasa ngantuk berat keesokan harinya di kelas. Untuk mengatasinya, cobalah hentikan kebiasaan begadang dan penuhi kebutuhan tidur Anda (7-8 jam setiap malam).Jika ada kondisi medis membuat Anda sulit tertidur (misalnya insomnia), konsultasikan masalah ini ke dokte runtuk mendapatkan penanganan yang tepat.

4. Mengonsumsi kafein

Mengonsumsi kafein, baik dalam bentuk kopi atau the, dapat membantu Anda untuk melawan rasa kantuk di kelas. Kafein dipercaya sebagai senyawa yang mampu meningkatkan kewaspadaan secara efektif. Namun ingat, hindari minuman berkafein yang mengandung banyak gula.

5. Minum air putih lebih teratur

Jangan lupa untuk membawa air putih ke sekolah atau kampus. Sebab, air putih dapat menghidrasi tubuh sehingga rasa kantuk dapat diatasi.Perlu diketahui, cairan dapat membantu darah mengalir dengan baik sehingga otak akan mendapatkan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan selama sesi belajar di kelas.Jika tubuh kekurangan cairan, kondisi ini bisa menyebabkan dehidrasi dan kantuk.

6. Rajin berpartisipasi di dalam kelas

Jangan takut mengangkat tangan dan berpartisipasi di dalam kelas. Sebab, aktif berpartisipasi di dalam diskusi atau sekadar bertanya di kelas dipercaya dapat menghilangkan rasa kantuk. Jika guru mengizinkan Anda untuk bertanya atau berdiskusi, jangan sia-siakan kesempatan ini.Selain itu, menulis ulang apa yang guru sedang ajarkan juga dianggap bisa mengatasi kantuk yang Anda rasakan.

7. Tidur dan bangun di jam yang sama

Menjaga pola tidur adalah salah satu cara mengatasi ngantuk di kelas yang efektif. Maka dari itu, Anda disarankan untuk memiliki jadwal tidur yang teratur.Cobalah untuk tidur dan bangun di jam yang sama sehingga jam biologis tubuh akan tahu kapan saatnya Anda harus tidur dan kapan harus fokus dalam belajar.Usahakan untuk tidur selama 7-8 jam setiap malamnya. Jika Anda masih berusia 20 tahun, cobalah tidur selama 9-10 jam.

8. Dapatkan cahaya pagi

Cara mengatasi ngantuk di kelas supaya pelajaran jadi dapat dicerna dengan baik
Cahaya pagi dapat membantu tubuh bersiap dalam menjalani aktivitas
Terpapar dengan cahaya, terutama cahaya di pagi hari, adalah salah satu cara untuk ‘membangunkan’ pikiran dan mempersiapkan tubuh untuk menjalani aktivitas.Selain itu, jalan kaki di pagi hari juga dapat memberikan energi untuk berkegiatan di sekolah. Namun, jika hal ini tidak memungkinkan, bukalah jendela di pagi hari agar cahaya matahari dapat masuk ke kamar Anda.Terpapar dengan cahaya pagi dipercaya dapat membantu Anda bangun lebih awal dan membantu jam biologis tubuh agar tidak mengantuk di siang harinya.

9. Pindah tempat duduk

Bagi siswa dan siswi yang suka duduk di bagian paling belakang kelas, Anda harus waspada karena posisi ini lebih rentan dalam mengundang kantuk dan ketiduran. Cobalah pindah tempat duduk ke bagian paling depan atau dekat dengan guru supaya Anda tetap terjaga.

10. Cobalah untuk lebih rileks

Perasaan stres yang melanda akibat nilai ulangan jelek atau adanya kabar buruk dari teman dekat, dapat menyita banyak energi dan membuat tubuh menjadi letih. Jika Anda mengalami kelelahan mental, rasa kantuk bisa datang saat Anda belajar di kelas.Untuk menanganinya, cobalah membuat tubuh rileks dengan melakukan berbagai aktivitas yang menenangkan. Dengan begitu, rasa stres dapat hilang sehingga energi tubuh akan kembali.

11. Berbincang dengan teman

Jika rasa kantuk sudah tak tertahankan, cobalah berbincang dengan teman. Hal ini dipercaya dapat ‘membangunkan’ pikiran dan menghilangka rasa kantuk.Jika tidak memungkinkan bagi Anda untuk berbincang di kelas, gunakan waktu istirahat untuk berdiskusi sambil mengonsumsi makan siang Anda.Rasa kantuk yang melanda dapat mengganggu proses belajar Anda di kelas. Maka dari itu, cobalah ikuti berbagai cara mengatasi ngantuk di kelas ini supaya Anda tetap fokus dan terjaga.Jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
mengantuksekolahhidup sehatanak sekolah
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/10-reasons-you-are-tired
Diakses pada 30 Desember 2020
Web MD. https://www.webmd.com/sleep-disorders/features/sleepy-all-the-time
Diakses pada 30 Desember 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-stay-awake-in-class#move-around
Diakses pada 30 Desember 2020
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/tips-for-staying-awake-3015057
Diakses pada 30 Desember 2020
Web MD. https://www.webmd.com/sleep-disorders/features/natural-tips-sleepiness
Diakses pada 30 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait