9 Menu Camilan Sehat untuk Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Anak

Buah beri dengan yogurt rendah lemak dan sedikit susu untuk camilan sehat anak
Buah beri dengan yogurt rendah lemak dan sedikit susu untuk camilan sehat anak

Anak-anak tentunya membutuhkan asupan nutrisi yang cukup untuk mendukung pertumbuhan mereka. Tidak hanya melalui tiga kali makan dalam satu hari, anak-anak juga membutuhkan asupan nutrisi melalui camilan sehat. Ketimbang memberikan mereka camilan yang tidak jelas kandungan nutrisinya, lebih baik berikan beberapa camilan berikut sebagai alternatifnya.

1. Yogurt

Untuk mengatasi rasa lapar anak Anda, sediakan yogurt beku. Campurkan buah-buah beri dengan yogurt rendah lemak dan sedikit susu. Gabungkan campuran tersebut ke dalam cetakan pop es dan bekukan. Langsung dari pendingin, berikan camilan ini pada anak. Pop yogurt merupakan salah satu jenis camilan sehat untuk anak Anda.

Yogurt memiliki manfaat:

  • sebagai probiotik yang baik untuk fungsi pencernaan
  • sebagai antioksidan
  • salah satu sumber kalsium untuk pertumbuhan tulang

2. Anggur

Untuk camilan manis, Anda bisa mengganti es krim dengan anggur beku yang dimasukkan ke dalam kantung es. Manfaat anggur antara lain:

3. Buncis

Butuh camilan sehat untuk di makan pada siang hari? Buncis merupakan salah satu pilihan camilan yang tidak hanya enak, tetapi juga kaya akan protein untuk tubuh. Untuk membuatnya, cukup panaskan pemanggang pada suhu 400 derajat.

Selanjutnya, bilas dan keringkan 15,5 ons kaleng buncis. Tambahkan minyak zaitun, sedikit taburan garam, dan letakkan buncis pada pemanggang. Panggang buncis selama 20-30 menit hingga warnanya kecokelatan serta garing.

Buncis adalah sayuran yang tentunya mengandung serat yang baik bagi tubuh.

4. Popcorn

Saat malam hari, panaskan jagung dalam microwave. Popcorn merupakan camilan yang dapat dinikmati oleh semua anggota keluarga atau ketika menonton film. 

Jagung merupakan sumber karbohidrat yang baik untuk camilan. Tak hanya mengenyangkan, jagung juga bisa menjadi sumber energi bagi tubuh. 

5. Wortel

Wortel adalah jenis sayuran yang kaya akan vitamin C. Rasanya yang manis membuat wortel cocok menjadi camilan sehat yang kaya serat.

6. Kacang Kulit atau Pistachio

Berencana untuk menonton pertandingan bola? Bawalah sekantong kacang kulit atau pistachio. Kacang-kacangan merupakan sumber serat dan protein yang baik. Ditambah pula, anak pasti sangat senang saat membuka kulit kacang saat hendak memakan isinya.

Kacang-kacangan merupakan camilan rendah lemak, tinggi protein, dan tinggi serat.

7. Kacang Almond

Mengonsumsi kacang almond dapat membantu mencegah penyakit jantung. Selain itu, kacang almond juga berfungsi sebagai antioksidan yang baik sekaligus sumber energi.

8. Sereal Gandum Utuh

Jika Anda berencana mengajak anak untuk bermain di taman, sereal merupakan jenis camilan sehat yang paling mudah untuk dibungkus. Ambil kantong plastik yang dapat ditutup dan isi dengan makanan yang disukai anak. 

9. Buah Plum Kering

Jenis camilan satu ini kaya akan serat dan juga antioksidan. Rasa manisnya menjadikan buah plum kering sebagai camilan sehat untuk anak Anda. Bahkan, jenis camilan ini tersedia dalam bungkus satuan. Bawalah camilan sehat ini ketika sedang berbelanja atau sekedar berjalan-jalan bersama anak. Cemilan ini merupakan sumber vitamin A dan B6 yang baik.

WebMD. https://www.webmd.com/parenting/ss/slideshow-healthy-snacks-on-the-go
Diakses pada Oktober 2018

The American Journal of Clinical Nutrition. https://academic.oup.com/ajcn/article/80/2/245/4690304
Diakses pada April 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2728694/
Diakses pada April 2019

Journal of the American Heart Association. https://www.ahajournals.org/doi/10.1161/JAHA.114.000993
Diakses pada April 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed