logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Parenting

15 Camilan Sehat untuk Anak yang Bernutrisi Tinggi

open-summary

Ada banyak camilan sehat untuk anak yang dapat diberikan kepadanya, mulai dari yogurt, keju, popcorn, hingga oatmeal. Orangtua perlu membiasakan si kecil mengonsumsi snack sehat agar kesehatan anak tetap terjaga.


close-summary

3.67

(6)

15 Jul 2021

| Fadli Adzani

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Telur rebus adalah camilan sehat untuk anak

Telur rebus dapat menjadi camilan sehat untuk anak yang lezat.

Table of Content

  • 15 camilan sehat untuk anak yang rasanya lezat
  • Catatan dari SehatQ

Memberikan camilan kepada anak tentunya tidak boleh sembarangan. Sebab, camilan yang tidak sehat, misalnya tinggi gula atau garam, berbahaya bagi kesehatan anak. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda memberikan camilan sehat untuk anak yang jelas bermanfaat bagi mereka.

Advertisement

Pola makan yang sehat dapat membantu menjauhkan anak dari berbagai penyakit kronis, seperti obesitas, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, hingga diabetes tipe 2.

Tidak hanya itu, makanan sehat memiliki andil dalam menjaga kesehatan mental dan emosional anak. Sehingga, kondisi seperti depresi hingga gangguan kecemasan dapat dicegah.

15 camilan sehat untuk anak yang rasanya lezat

Beberapa camilan sehat memiliki rasa yang enak sehingga mudah digemari anak. Berikut adalah berbagai macam snack sehat untuk anak yang bisa Anda berikan.

1. Yogurt

Dengan kemasan yang berwarna-warni dan rasanya yang unik, yogurt dapat menjadi camilan sehat untuk anak yang mampu menarik perhatiannya.

Ditambah lagi, produk olahan susu ini mengandung protein dan kalsium yang penting bagi perkembangan tulang anak. Beberapa produk yogurt bahkan dilengkapi bakteri baik yang bisa menyehatkan sistem pencernaan.

Sebelum membeli camilan sehat untuk anak ini, sebaiknya Anda pilih yogurt yang tidak mengandung gula. Jika anak suka rasa yogurt yang manis, Anda bisa menambahkan buah-buahan atau madu.

Akan tetapi, jangan berikan tambahan madu jika anak Anda masih berusia di bawah 1 tahun. Sebab, madu disinyalir dapat menyebabkan infeksi serius bernama botulisme.

2. Popcorn

Sebagian orangtua mungkin beranggapan bahwa popcorn adalah junk food. Namun, jangan salah, camilan sehat untuk anak ini ternyata memiliki kandungan nutrisi yang baik.

Cara membuatnya juga mudah, Anda hanya perlu memanaskan biji jagung sampai teksturnya berubah menjadi popcorn. Tambahkan sedikit mentega dan keju agar rasanya semakin lezat.

Meski begitu, sebaiknya Anda memerhatikan anak saat ia makan popcorn. Sebab, popcorn bisa membuat anak tersedak jika dimakan secara tidak hati-hati.

3. Kacang

Kacang adalah snack sehat untuk anak yang mengandung lemak baik, serat, dan antioksidan. Lemak yang dikandung kacang bahkan dapat membantu pertumbuhan tubuh si kecil.

Sama seperti popcorn, sebaiknya Anda mendampingi anak yang sedang makan kacang. Sebab, kacang juga dapat membuat anak tersedak dan berpotensi menyebabkan alergi pada sebagian orang.

4. Keju cottage

Keju cottage cocok dijadikan camilan sehat untuk anak 1 tahun yang susah makan. Teksturnya yang lembut dan creamy membuatnya mudah untuk dimakan anak-anak.

Camilan sehat untuk balita ini mengandung protein, selenium, vitamin B12, dan kalsium yang baik untuk perkembangan tubuh anak.

Anda bisa memberikan keju cottage kepada anak untuk dimakan langsung atau dicampurkan dengan buah-buahan segar.

5. Oatmeal

Apakah anak Anda susah makan nasi di pagi hari? Cobalah berikan oatmeal. Camilan sehat anak ini juga bisa menjadi sarapan sehat yang mengenyangkan.

Dilansir dari The British Journal of Nutrition, oatmeal mengandung serat yang bisa meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam sistem pencernaan.

Akan tetapi, hindari oatmeal yang mengandung perasa dan pemanis buatan. Carilah oatmeal murni atau buatlah oatmeal sendiri, lalu tambahkan buah-buahan manis agar rasanya dapat diterima oleh lidah anak.

6. Telur rebus

Telur rebus
Telur rebus.

Telur rebus juga termasuk snack sehat untuk anak. Jika anak tidak suka telur rebus yang masih panas, Anda bisa memasukkannya ke dalam kulkas terlebih dahulu.

Selain teksturnya lembut dan mudah dikunyah, telur rebus mengandung protein berkualitas tinggi  beserta segudang vitamin dan mineral.

Menurut jurnal Clinical Ophthalmology, camilan sehat untuk anak ini juga mengandung lutein dan zeaxanthin, yaitu dua karotenoid yang bermanfaat untuk kesehatan mata.

Tidak hanya itu, cemilan sehat untuk anak 1 tahun yang susah makan ini juga mengandung kolin, yang merupakan vitamin penting untuk perkembangan otak.

7. Ubi panggang

Ubi panggang bisa dijadikan camilan sehat anak karena rasanya yang sedikit manis dan lezat. Umbi-umbian ini mengandung beta-karoten yang dapat diubah menjadi vitamin A saat masuk ke dalam tubuh sehingga bermanfaat dalam menyehatkan mata dan kulit.

8. Popsicle buah

Popsicle buah merupakan kreasi camilan sehat untuk balita yang patut dicoba. Anda hanya perlu menghaluskan buah-buahan dengan blender, lalu memasukannya ke dalam wadah. Setelah itu, taruhlah di dalam kulkas untuk dibekukan.

Ada banyak buah-buahan yang bisa dijadikan popsicle, mulai dari pisang, semangka, hingga berbagai jenis berry.

9. Selai kacang

Selai kacang juga cocok dimanfaatkan sebagai camilan sehat untuk balita. Meskipun selai ini mengandung lemak yang relatif tinggi, tapi lemak ini termasuk lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda yang menyehatkan. Ada pula beberapa produk selai kacang yang kandungan lemaknya telah dikurangi.

Sebagian produk selai kacang juga telah difortifikasi oleh vitamin A, vitamin E, vitamin B6, zat besi, asam folat, magnesium, zinc, tembaga, dan protein.

10. Kuaci

Kuaci atau biji bunga matahari bisa Anda berikan sebagai camilan sehat untuk anak. Makanan ini mengandung serat, zat besi, vitamin E, magnesium, fosfor, zinc, dan folat yang baik untuk kesehatan anak.

Sebelum memberikannya, pastikan anak Anda sudah cukup besar dan mampu mengonsumsi kuaci agar tidak tersedak saat menelannya.

11. Sandwich

Sandwich adalah camilan sehat untuk anak yang mudah dibuat. Untuk membuat sandwich sehat, gunakan roti gandum lalu pilihlah isian yang berprotein tinggi, misalnya telur atau daging ayam.

Anda juga boleh menambahkan buah-buahan yang bertekstur creamy seperti alpukat dan keju di dalamnya supaya rasanya semakin lezat dan mudah diterima oleh si kecil.

12. Jagung susu keju

Jagung susu keju jasuke
Jagung susu keju atau jasuke.

Jagung susu keju, atau yang biasa disingkat jasuke, juga tergolong sebagai resep camilan sehat untuk anak sekolah.

Untuk membuatnya, siapkan dulu berbagai bahan berikut ini:

  • 1 buah jagung manis
  • 2 sendok makan mentega
  • 1 kemasan susu kental manis (SKM)
  • Air secukupnya
  • Keju parut secukupnya.

Untuk memasak camilan yang disukai anak-anak ini, berikut langkah-langkah yang bisa diikuti:

  • Pertama-tama, rebus jagung hingga matang dan empuk.
  • Kalau sudah, tiriskan dan campur dengan mentega serta SKM. Aduk hingga merata.
  • Siapkan wadah, boleh mangkuk atau gelas, dan masukkan jasuke ke dalamnya.
  • Jangan lupa untuk menaburkan keju di atasnya.

13. Puding wortel

Camilan bergizi untuk anak yang bisa dibuat dengan praktis selanjutnya adalah puding wortel. Anda hanya memerlukan beberapa bahan saja untuk membuatnya, seperti:

  • 100 gram wortel
  • 500 mililiter susu UHT
  • 1/2 sachet agar-agar plain
  • 2 sendok makan gula pasir.

Cara memasak makanan ringan anak ini relatif mudah. Berikut adalah tahapannya:

  • Blender wortel dengan gula beserta susu. Jika sudah, saring ampasnya.
  • Jika ampasnya sudah dikeluarkan, Anda boleh menuangkan agar-agar plain ke dalamnya. Aduk terus hingga larut.
  • Kemudian, masak di atas kompor hingga mendidih.
  • Sekarang, tuangkan adonan puding wortel ke dalam cetakan dan tunggu hingga dingin.

Anda boleh menambahkan susu kental manis (SKM) di atasnya atau fla untuk menambah kelezatannya.

14. Spring roll vietnam