Beragam Buah Rendah Gula yang Aman Dikonsumsi, Semua Tergantung Porsi

(0)
21 Aug 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Lemon dan buah beri termasuk kelompok buah rendah gula yang aman dikonsumsi penderita diabetesMengonsumsi buah rendah gula seperti lemon dan buah beri tergolong aman untuk penderita diabetes
Kadar gula dalam buah-buahan tentunya tak sama antara satu dengan yang lain. Beberapa buah mengandung gula yang lebih tinggi untuk tiap satu sajiannya sehingga orang-orang seperti penderita diabetes menjadi tak tenang menikmatinya. Ada pula beberapa buah yang memiliki kadar gula rendah sehingga Anda tak perlu cemas dalam konsumsinya. Apa saja buah rendah gula untuk satu sajiannya? 

Buah rendah gula untuk jaga kesehatan Anda

Berikut ini beberapa buah rendah gula yang bisa Anda variasikan konsumsinya:

1. Alpukat

Cocok dijadikan sebagai snack sehat, buah alpukat merupakan salah satu buah rendah gula yang bisa rutin Anda konsumsi. Bahkan, satu buah alpukat mentah hanya mengandung gula sekitar 1 gram. Fantastis sekali, bukan?Tak hanya itu, alpukat juga mengandung beragam lemak sehat, kalium, folat, magnesium, bahkan zat antioksidan untuk mata seperti lutein dan zeaxhanthin.

2. Raspberry

Raspberry atau rasberi termasuk buah rendah gula
Secangkir raspberry hanya mengandung 5 gram gula
Walau di Indonesia lebih mudah mendapatkannya dengan membeli onlinebuah raspberry juga menjadi salah satu buah rendah gula. Untuk setiap cangkir buah raspberry, gula yang terkandung hanya sekitar 5 gram. Takaran ini jumlahnya kira-kira melebihi satu sendok teh. Selain rendah gula, buah raspberry mengantongi beragam nutrisi lain yang mengesankan, termasuk vitamin C, selenium, bahkan kelompok antioksidan flavonoid.

3. Lemon

Perasan lemon sering ditambahkan untuk menyegarkan minuman maupun menambah cita rasa masakan. Kabar baiknya, buah sitrus ini juga menjadi salah satu buah yang rendah kadar gulanya. Untuk satu buah lemon, gula yang terkandung hanya berkisar 1 hingga 2 gram.Jika mengambil perasan buah lemon, kulitnya jangan sampai Anda buang. Sebab, kulit lemon juga menawarkan banyak manfaat dan nutrisi, termasuk serat dan vitamin C. 

4. Kiwi

Buah mungil kehijauan ini ternyata juga menjadi buah rendah gula. Untuk setiap satu buah kiwi, terkandung gula sekitar 6 gram. Kiwi juga menjadi salah satu buah yang kaya dengan vitamin C. 

5. Stroberi

Menjadi salah satu buah-buahan populer di muka bumi, stroberi juga menjadi buah yang rendah gula walau rasanya cenderung manis. Satu cangkir stroberi mentah mengandung hanya sekitar 7 gram gula. Menariknya, dengan takaran yang sama, Anda sudah mencukupkan kebutuhan vitamin C harian dari buah nan mungil ini.

6. Semangka

Anda pasti tak menyangka bahwa buah manis ini juga mengandung gula dengan kadar yang rendah. Secara spesifik, secangkir semangka yang dipotong dadu mengandung kurang dari 10 gram gula. Namun ingat, semua bergantung pada porsi yang Anda konsumsi, ya.

7. Jambu biji

Jambu biji adalah buah rendah gula karena kandungan gulanya tidak sampai 5 gram
Tak hanya rendah gula, jambu biji juga kaya vitamin C
Satu buah jambu biji memberikan gula hanya sekitar 4,9 gram sehingga buah ini juga dikategorikan sebagai buah rendah gula. Buah yang mudah dicari ini juga relatif tinggi dengan protein, kaya vitamin C, vitaminA, folat, dan menjadi sumber yang baik untuk kalium.

8. Persik

Walau rasanya manis, buah persik juga cenderung mengandung kadar gula yang rendah. Satu buah persik berukuran sedang mengandung gula kurang dari 13 gram. Persik juga mengandung zat antioksidan seperti asam kafeat dan karotenoid, dua antioksidan yang dikaitkan dengan efek antikankernya.

9. Jeruk

Apabila satu porsi makan jeruk Anda hanya satu buah, maka buah populer ini juga dikategorikan sebagai buah rendah gula. Satu jeruk berukuran sedang mengandung gula sekitar 12 gram, selain juga kaya dengan vitamin C.

Buah tinggi gula 

Beberapa buah mengandung gula yang tinggi dibanding yang lain. Beberapa di antaranya, yaitu:
  • Nanas: 16,3 gram gula untuk setiap satu cangkir potongan nanas
  • Pir: 17 gram gula untuk satu buah berukuran sedang
  • Pisang: 14,4 gram gula untuk satu buah berukuran sedang
  • Apel: 19 gram gula untuk satu buah berukuran sedang
  • Delima: 21 gram gula untuk satu buah berukuran sedang
  • Mangga: 22,5 gram untuk satu cangkir mangga yang dipotong-potong

Asupan gula dari buah bergantung pada sajian

Ingat bahwa asupan gula yang Anda masukkan ke tubuh akan bergantung pada porsi buah yang dimakan. Misalnya, satu cangkir potongan semangka memang cenderung rendah gula, yakni kurang dari 10 gram. Namun, jika Anda mengonsumsinya 3-4 cangkir sekali makan, jumlah gulanya tentu juga meningkatSemua buah tentunya mengandung nutrisi lain yang diperlukan tubuh, termasuk vitamin, mineral, dan serat. Namun, seperti anjuran pada umumnya dalam mengonsumsi makanan, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan dengan bijak dan tak berlebihan.

Catatan dari SehatQ

Beberapa buah mengandung kadar gula yang lebih rendah dibanding yang lain. Namun pada akhirnya, asupan gula tersebut juga akan dipengaruhi setiap sajian yang Anda konsumsi.
makanan sehatantioksidanbuah dan sayuran
Healthline. https://www.healthline.com/health/best-low-sugar-fruits
Diakses pada 7 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/12-proven-benefits-of-avocado
Diakses pada 7 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/lemon-peel
Diakses pada 7 Agustus 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/283018
Diakses pada 7 Agustus 2020
Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/low-carb-fruit-list-2242528
Diakses pada 7 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait