Benjolan di Tangan Pertanda Apa? Kenali 10 Penyebabnya

(0)
07 Sep 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Kista ganglion, salah satu penyebab benjolan di tanganBenjolan di tangan bisa disebabkan oleh kista ganglion
Munculnya benjolan di tangan bisa disebabkan oleh berbagai macam kondisi, mulai dari penyakit ringan seperti kutil dan kapalan, hingga yang berbahaya seperti gejala kanker. Penyebab yang beragam ini pun membuat penanganan masing-masing benjolan bisa berbeda. Sehingga untuk mendapatkan perawatan yang paling tepat, Anda perlu mengenali lebih jauh soal kondisi ini.

Penyebab benjolan di tangan

Berikut ini beberapa penyakit yang bisa memicu munculnya benjolan di tangan.

1. Rematik

Rematik atau rheumatoid arthritis adalah penyakit autoimun yang menyerang persendian. Sekitar 25% orang yang rematik juga memiliki benjolan di persendiannya, termasuk di tangan.Benjolan di tangan yang disebabkan oleh rematik, berbentuk bulat sempurna dan keras jika disentuh.

2. Asam urat

Tingginya kadar asam urat dalam darah bisa memicu penumpukan kristal di persendian. Penumpukan yang terjadi itu kemudian dapat menyebabkan nyeri, kemerahan di kulit, dan bengkak. Meski gejala asam urat lebih sering muncul di persendian kaki, tapin sendi pergelangan tangan juga bisa menjadi lokasi munculnya benjolan tersebut.

3. Kutil

Benjolan di tangan juga bisa disebabkan oleh kutil. Kelainan kulit ini bisa muncul akibat infeksi virus HPV. Saat masuk ke tubuh, virus ini akan memicu pertumbuhan sel ekstra yang membuat penebalan dan pengerasan jaringan kulit di titik-titik tertentu, sehingga terlihat seperti benjolan.

4. Kista ganglion

Kista ganglion adalah salah satu penyebab benjolan di tangan yang paling sering terjadi. Benjolan ini umumnya muncul di pergelangan tangan, tapi bisa juga di sekitar sendi jari. Kista ganglion berukuran cukup besar dan keras jika diraba. Di dalamnya terdapat cairan dan umumnya tidak menimbulkan rasa sakit.

5. Tumor tendon tangan

Tumor yang muncul di tendon tangan sering juga disebut sebagai giant cell tumor of tendon sheath. Benjolan di tangan ini bisa muncul akibat pertumbuhan massa di antara tendon dan sendi.Tumor ini tumbuh perlahan dan bisa menyebabkan rasa nyeri yang teramat sangat. Meski bisa dengan mudah diangkat melalui operasi, kondisi ini seringkali kembali muncul atau kambuh.

6. Karpal bos

Penyebab benjolan di tangan selanjutnya adalah karpal bos. Kondisi ini bisa muncul akibat tulang di pergelangan tangan yang tumbuh secara berlebihan. Karpal bos bisa menimbulkan nyeri yang akan bertambah parah jika tangan terus dipakai beraktivitas.

7. Radang sendi

Peradangan pada sendi atau osteoarthritis bisa terjadi saat tulang rawan yang seharusnya menjadi bantalan sendi, mulai terkikis. Kondisi ini akan menimbulkan rasa nyeri dan pembengkakan di area sendi tersebut.Benjolan yang muncul akibat peradangan tulang biasanya berukuran kecil. Kemunculannya juga membuat sendi menjadi kaku dan sulit digerakkan.

8. Enchondroma

Enchondroma adalah tumor jinak yang muncul akibat pertumbuhan tulang rawan di dalam tulang. Meski sebagian besarnya tidak berkembang menjadi kanker, tumor jenis ini berisiko membuat tulang menjadi lemah dan mudah patah.

9. Trigger finger

Trigger finger adalah gangguan yang menyerang tendon flexor di tangan, dan memicu timbulnya pembengkakan.
Saat mengalami kondisi ini, jari bisa terjebak pada posisi tertekuk dan sulit digerakkan, layaknya sedang menarik pelatuk pistol. Karena itulah istilah trigger finger muncul.

10. Kanker

Kemunculan kanker di suatu area tubuh biasanya diawali dengan tumor atau benjolan. Sel kanker di tangan biasanya tidak bersumber langsung dari bagian ini, melainkan organ tubuh lain.Jenis kanker yang paling sering menyebar ke area tangan adalah kanker paru-paru.

Cara menghilangkan benjolan di tangan

Ada banyak cara untuk menghilangkan benjolan di tangan yang dapat disesuaikan dengan penyebabnya, seperti:

• Pemberian obat pereda nyeri

Obat pereda nyeri dari golongan anti-inflamasi non-steroid atau AINS seperti ibuprofen dan naproksen bisa bantu redakan rasa sakit akibat benjolan di tangan. Anda juga dapat mengonsumsi paracetamol sebagai alternatifnya.

• Pemberian obat kortikosteroid

Pada kondisi rematik, obat yang efektif untuk dikonsumsi adalah jenis kortikosteroid. Obat ini diberikan baik dalam bentuk oral maupun injeksi dan hanya bisa didapatkan lewat resep dokter.

• Imobilisasi

Imobilisasi menggunakan gips atau perban tertentu dapat dilakukan untuk membatasi gerakan tangan, agar benjolan di atasnya tidak semakin besar. Metode ini juga bisa mengurangi risiko munculnya nyeri di tangan.

• Aspirasi

Jika benjolan di tangan berisi cairan, maka dokter dapat mengempiskannya dengan teknik aspirasi atau menyedot cairan tersebut keluar menggunakan jarum suntik. Metode ini umumnya digunakan untuk mengatasi kista ganglion.

• Terapi fisik

Pada benjolan di tangan yang disebabkan oleh rematik maupun peradangan tulang lainnya, terapi fisik efektif membantu sendi kembali bergerak. Terapi juga akan perlahan-lahan mengembalikan kekuatan pada sendi yang terdampak.

• Operasi

Karpal bos, trigger finger, kista ganglion, maupun benjolan-benjolan lain yang disebabkan oleh kelainan tulang bisa dihilangkan dengan cara operasi.

• Terapi kanker

Sementara itu, benjolan di tangan yang menandakan adanya kanker bisa dihilangkan dengan terapi radiasi, kemoterapi, maupun opreasi.Benjolan di tangan umumnya bukanlah kondisi yang berbahaya. Meski begitu, Anda sebaiknya tetap memeriksakan kondisi ini ke dokter untuk mengetahui penyebabnya secara pasti.
penyakit tanganartritisrematiknyeri pergelangan tangankista ganglion
WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/ss/slideshow-warts
Diakses pada 26 Agustus 2020
American Society for Surgery of the Hand. https://www.assh.org/handcare/condition/wrist-hand-tumor
Diakses pada 26 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/symptom/lumps-on-wrist-and-hands
Diakses pada 26 Agustus 2020
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/hand-and-wrist-lumps-and-bumps-2549456
Diakses pada 26 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait