Benjolan di Leher tapi Tidak Sakit, Apa Penyebabnya?


Kemunculan benjolan baru di leher jangan diabaikan, termasuk saat muncul benjolan di leher tapi tidak sakit. Sejumlah penyebab masalah ini, di antaranya pembengkakan kelenjar getah bening hingga kanker.

(0)
07 Nov 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Benjolan di leher tapi tidak sakit bisa mengindikasikan infeksi hingga kankerBenjolan di leher tapi tidak sakit bisa disebabkan oleh sejumlah kondisi
Leher merupakan salah satu tempat benjolan sering muncul. Karakteristik benjolan yang muncul pun bisa beragam, ada benjolan di leher tapi tidak sakit dan ada pula yang terasa sakit. Benjolan di leher biasanya disebabkan karena kelenjar getah bening yang membengkak saat kondisi tubuh menurun.Meski benjolan di leher umumnya tidak perlu dikhawatirkan, bahaya atau tidaknya benjolan ini hanya dapat dipastikan oleh dokter. Oleh karena itu, kemunculan benjolan baru di leher tidak boleh diabaikan, termasuk saat muncul benjolan di leher tapi tidak sakit.

Penyebab benjolan di leher tapi tidak sakit

Kebanyakan benjolan di leher dapat sembuh dan hilang sendiri. Namun, ada pula yang memerlukan pemeriksaan dan perawatan untuk menyembuhkannya. Berikut adalah sejumlah penyebab benjolan di leher tapi tidak sakit.

1. Pembengkakan kelenjar getah bening

Pembengkakan kelenjar getah bening dapat menyebabkan benjolan di leher yang terasa nyeri dan tidak. Beberapa penyebab kelenjar getah bening mengalami pembengkakan, di antaranya:
  • Sebagai reaksi terhadap infeksi yang terdapat di area sekitar kelenjar, contohnya infeksi saluran napas atas atau infeksi tenggorokan dan gigi.
  • Kelenjar getah bening mengalami infeksi (limfadenitis).
  • Terjadi infeksi seluruh tubuh (sistemik), misalnya pada TBC kelenjar.
  • Kemungkinan kecil karena kanker.
Pembengkakan kelenjar getah bening sebagai reaksi terhadap infeksi di bagian tubuh lain dan infeksi sistemik, biasanya menimbulkan benjolan di leher tapi tidak sakit saat ditekan. Benjolan ini biasanya terasa lunak dan hilang setelah infeksi sembuh.Sementara itu, benjolan yang disebabkan oleh limfadenitis umumnya terasa sakit saat ditekan.

2. Kanker

Benjolan di leher tapi tidak sakit juga dapat disebabkan oleh kanker. Kondisi ini sangat jarang terjadi, tapi harus segera mendapatkan penanganan yang serius.Benjolan kanker di leher bisa merupakan:

3. Penyebab lainnya

Penyebab lainnya dari benjolan di leher tapi tidak sakit meliputi:
  • Kista

Kista bisa berupa kondisi bawaan lahir atau terbentuk di kemudian hari. Benjolan kista merupakan ruang kosong (tidak padat) yang terisi cairan. Benjolan ini umumnya tidak sakit dan tidak berbahaya. Selain itu, kista juga dapat berkembang di kulit sekitar leher yang disebut kista epidermoid.
  • Pembengkakan kelenjar air liur

Pembengkakan kelenjar air liur dapat terjadi karena adanya batu kelenjar air liur, penyumbatan, infeksi, atau kanker.
  • Pembengkakan kelenjar tiroid

Salah satu jenis pembengkakan kelenjar tiroid yang menyebabkan benjolan di leher adalah gondok. Selain itu, dalam kasus yang lebih jarang, kondisi ini juga disebabkan oleh infeksi tiroid (tiroiditis) dan kanker.

Waspadai kondisi ini

Benjolan di leher tapi tidak sakit biasanya merupakan benjolan yang telah muncul sejak lama dan baru disadari. Selain itu, benjolan ini mungkin akan lebih menghawatirkan jika dibandingkan benjolan yang terasa sakit.Benjolan di leher tapi tidak sakit patut diwaspadai apabila disertai gejala-gejala berikut:
  • Benjolan keras, bahkan terasa seperti batu
  • Terdapat gejala lain berupa luka atau benjolan di mulut
  • Kesulitan menelan
  • Suara serak yang tidak kunjung sembuh
  • Benjolan baru yang muncul di usia lanjut.
Segera kunjungi rumah sakit jika benjolan baru muncul dan tidak menghilang dalam 2 minggu. Jika benjolan diiringi dengan demam atau gejala-gejala yang harus diwaspadai, Anda juga sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Mengatasi benjolan di leher tapi tidak sakit

Cuka apel bisa mengempeskan benjolan
Cuka apel dapat membantu mengempeskan benjolan di leher
Pembengkakan kelenjar getah bening biasanya menjadi penyebab paling umum benjolan di leher. Berapa obat alami kelenjar getah bening bengkak yang membantu mengempeskan benjolan lebih cepat, antara lain:Namun perlu diingat, pengobatan alami bukan mengganti terapi yang diberikan oleh dokter. Pembengkakan kelenjar getah bening akan ditangani dokter sesuai penyebabnya. Dokter akan melakukan pemeriksaan riwayat medis dan gejala-gejala lain terkait kemungkinan risiko penyakit penyebabnya.Benjolan akibat infeksi biasanya akan diresepkan obat antibiotik. Jika pembengkakan muncul tanpa sebab yang pasti dan bertahan lama, dokter akan melakukan serangkaian tes, seperti tes darah, USG, X-ray, hingga biopsi. Ini dilakukan untuk memastikan apakah benjolan di leher tapi tidak sakit bersifat kanker atau jinak.Pengobatan benjolan di leher tapi tidak sakit yang bersifat kanker akan disesuaikan dengan stadium dan kondisi pasien. Perawatan kanker dapat meliputi pengangkatan kanker dan jaringan di sekitarnya, terapi radiasi, kemoterapi, hingga terapi tertarget (obat-obatan).Jika Anda punya pertanyaan lebih lanjut seputar benjolan di leher tapi tidak sakit, Anda bisa bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
kelenjar getah beningpembengkakanpembesaran kelenjar getah bening
MSD Manuals. https://www.msdmanuals.com/home/ear,-nose,-and-throat-disorders/symptoms-of-nose-and-throat-disorders/neck-lump
Diakses 24 Oktober 2020
Healthyline. https://healthyline.com/how-to-get-rid-of-swollen-lymph-nodes/
Diakses 24 Oktober 2020
Cancer. https://www.cancer.net/cancer-types/head-and-neck-cancer/types-treatment
Diakses 24 Oktober 2020
ENT Health. https://entnet.org/content/head-and-neck-cancer
Diakses 24 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait