Benjolan di Ketiak Kiri Sakit Bila Ditekan, 8 Hal Ini Mungkin Jadi Pemicu

(0)
14 Oct 2020|Azelia Trifiana
Ketiak kiri terasa sakit saat ditekan bisa menjadi tanda infeksiKetika ketiak kiri terasa sakit, bisa saja terjadi infeksi
Ketiak adalah bagian tubuh sensitif yang terdiri dari saraf, pembuluh darah, dan juga kelenjar getah bening. Artinya, wajar ketika tiba-tiba terasa benjolan di ketiak kiri sakit bila ditekan. Ini bisa terjadi karena infeksi, inflamasi, atau iritasi.Meski demikian, benjolan di ketiak kiri sakit bila ditekan sebaiknya tidak diremehkan. Ini bisa menjadi indikasi komplikasi atau kondisi medis yang lebih serius.

Penyebab nyeri di ketiak kiri

Apabila terasa benjolan di ketiak kiri sakit bila ditekan, ada beberapa hal yang mungkin menjadi pemicunya seperti:

1. Reaksi alergi

Penggunaan deodoran, parfum, lotion, atau sabun mandi bisa menyebabkan alergi jika tidak cocok. Terutama bagi orang-orang yang memiliki kulit sensitif. Gejala lain ketika hal ini terjadi adalah munculnya ruam, inflamasi, rasa gatal, bengkak, dan hangat bila disentuh.Segera hentikan penggunaan produk kosmetik jika itu yang menjadi pemicu alergi. Tidak selalu produk yang baru dicoba, terkadang reaksi alergi juga bisa muncul dari produk yang selama ini digunakan.

2. Mencukur

Mencukur bulu ketiak bisa dilakukan dengan banyak cara, mulai dari waxing hingga menggunakan cukuran biasa. Namun, pencukuran yang kurang tepat dapat menyebabkan benjolan di ketiak kiri sakit bila ditekan. Umumnya, ini terjadi apabila ada luka goresan dengan alat cukur sehingga mengakibatkan infeksi.Folikel rambut ketiak akan mengalami peradangan. Akibatnya, muncul benjolan yang terasa sakit dan terlihat seperti jerawat. Untuk menghindarinya, selalu gunakan pisau yang tajam dan steril. Selain itu, aplikasikan shaving cream, sebelum bercukur dan pelembap di kulit untuk menghindari iritasi setelah cukur.

3. Infeksi

Bakteri menyukai lingkungan yang hangat serta lembap seperti ketiak. Ketika infeksi terjadi, akan muncul iritasi, rasa sakit, dan juga pembengkakan. Selain karena bakteri, infeksi ini juga bisa terjadi karena jamur.Selain itu, kondisi medis berupa hidradenitis juga dapat menyebabkan infeksi. Ini terjadi saat folikel rambut dan kelenjar minyak tersumbat. Kondisinya seperti jerawat namun jauh lebih parah, bahkan mungkin menyebabkan infeksi terjadi berulang.Untuk penanganan infeksi kulit biasa, dokter akan meresepkan antibiotik atau obat antijamur sesuai dengan pemicunya. Namun jika yang terjadi adalah hidradenitis, dokter akan memberikan obat anti-inflamasi sekaligus rekomendasi melakukan operasi untuk mengeluarkan nanah di dalamnya.

4. Cedera otot

Orang yang terbiasa beraktivitas fisik atau berolahraga juga bisa mengalami cedera otot. Utamanya, olahraga yang menuntut otot meregang maksimal. Rasa nyeri akibat cedera otot ini dapat mengakibatkan nyeri di lengan dan juga ketiak. Jika tidak terlalu parah, rasa nyeri akan mereda setelah sepekan.Namun apabila rasa nyeri terus muncul hingga lebih dari seminggu disertai dengan benjolan, konsultasikan dengan dokter. Benjolan di ketiak kiri sakit bila ditekan bisa menjadi indikasi robekan otot yang memerlukan penanganan medis lebih lanjut.

5. Herpes/shingles

Disebut juga dengan cacar api, shingles adalah infeksi akibat virus varicella zoster. Ini adalah virus yang sama penyebab cacar air. Gejalanya adalah muncul ruam yang terasa sangat nyeri di dada, punggung, juga ketiak.Gejala lain infeksi adalah sensasi terbakar dan gatal di area yang terdampak, luka yang semakin parah, serta rasa nyeri intens sebelum ruam muncul.Pengobatan untuk kondisi ini bisa dilakukan dengan pemberian obat antivirus. Namun jika tidak membaik, dokter juga akan meresepkan obat pereda nyeri untuk meredakannya.

6. Pembengkakan kelenjar getah bening

Tubuh manusia memiliki beberapa nodus limfa di beberapa bagian tubuh, termasuk ketiak. Tugas dari kelenjar ini adalah menyaring partikel asing dengan isi sel darah putih. Ketika seseorang mengalami infeksi bakteri atau virus, kelenjar yang juga ada di ketiak ini akan membengkak sebagai responsnya. Hal ini dapat menimbulkan rasa nyeri.

7. Kanker payudara

Penyebab benjolan di ketiak kiri sakit bila ditekan lainnya bisa juga karena kanker payudara. Jika kanker meluas ke luar ketiak, sistem limfatik akan terpengaruh sehingga muncul benjolan di bawah ketiak.Apabila terdeteksi rasa abnormal di sekitar dada atau ketiak, segera konsultasikan dengan dokter. Kanker payudara juga bisa muncul bahkan ketika tidak ada benjolan apapun di dalam payudara.

8. Angina

Reduksi aliran darah ke jantung dapat menyebabkan nyeri dada luar biasa disebut angina. Rasa nyeri ini muncul karena otot jantung tidak mendapatkan cukup darah mengandung oksigen untuk terus berfungsi. Salah satu gejala dari angina adalah rasa nyeri di ketiak kiri, terkadang meluas hingga ke pundak.Selain itu, ada gejala lain seperti rasa lemah, kesulitan bernapas, nyeri melebar hingga ke rahang, keringat berlebih, mual, muntah, serta rasa sakit di perut. Penanganannya bisa dengan pemberian obat dan juga operasi.

Apabila pemicu benjolan di ketiak kiri sakit bila ditekan hanya iritasi atau cedera otot ringan, umumnya akan mereda dengan sendirinya dalam waktu satu pekan. Namun jika benjolan di ketiak disertai gejala lain, jangan tunda mencari diagnosis pasti ke dokter.Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang arti benjolan di ketiak, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
penyakitkelenjar getah beningpembesaran kelenjar getah bening
Healthline. https://www.healthline.com/health/pain-under-left-armpit
Diakses pada 28 September 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/327152
Diakses pada 28 September 2020
WebMD. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/armpit-pain-causes
Diakses pada 28 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait