Benarkan Metabolisme Cepat Bisa Menurunkan Berat Badan?


Beberapa orang memiliki metabolisme cepat pada tubuhnya. Hal ini menguntungkan karena dapat menurunkan berat badan lebih cepat.

0,0
13 Oct 2021|Annisa Nur Indah
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Metabolisme cepat ialah proses kimia yang diselesaikan lebih cepat daripada rata-rata orangSemakin tinggi laju metabolisme, maka semakin banyak kalori yang dibakar sehingga berat badan dapat turun dengan mudah
Banyak yang bilang, kunci dari penurunan berat badan adalah metabolisme cepat. Artinya, semakin tinggi tubuh memproses makanan, maka lebih cepat juga makanan keluar dari tubuh dalam bentuk feses, urine, atau keringat. 

Apa itu metabolisme cepat?

Metabolisme adalah istilah yang menggambarkan semua reaksi kimia dalam tubuh. Reaksi ini membuat tubuh tetap berfungsi dan kita tetap hidup. Namun, metabolisme juga sering dikaitkan sebagai laju metabolisme atau jumlah kalori yang dibakar. Semakin tinggi laju metabolisme, maka semakin banyak kalori yang dibakar sehingga berat badan dapat turun dengan mudah.Metabolisme cepat ialah proses kimia yang diselesaikan lebih cepat daripada rata-rata orang. Biasanya, metabolisme cepat dipengaruhi oleh genetika. Namun, metabolisme juga dapat ditingkatkan dengan membangun massa otot tanpa lemak dan mengatur asupan kalori secara konsisten.

Ciri-ciri metabolisme cepat

Meskipun sulit untuk menentukan ciri-ciri metabolisme cepat, namun ada beberapa indikator  orang dengan metabolisme tubuh cepat. Beberapa ciri-cirinya yaitu:

Metabolisme cepat dan penurunan berat badan

Anda mungkin dengan mudah menyalahkan metabolisme tubuh sebagai alasan kenaikan berat badan, tetapi metabolisme memiliki proses alami tersendiri untuk memenuhi kebutuhan pribadi Anda. Ditambah lagi, berat badan merupakan proses yang rumit. Berat badan bukan hanya dari kalori yang Anda makan, tapi juga kombinasi dari susunan genetik, pengaruh hormonal, dan dampak pola hidup termasuk tidur, aktivitas fisik, dan stres. Semua faktor ini dapat memengaruhi energi dan metabolisme tubuh.Memang ada orang yang dapat menurunkan berat badan lebih cepat dan lebih mudah daripada yang lain, namun setiap orang akan kehilangan berat badan ketika membakar lebih banyak kalori dari yang mereka konsumsi. Untuk itulah, jika ingin menurunkan berat badan, Anda perlu mengalami defisit kalori dengan makan lebih sedikit kalori atau meningkatkan pembakaran kalori melalui aktivitas fisik, atau kombinasi keduanya.

Cara memperbaiki metabolisme tubuh agar cepat kurus

Selain dari faktor genetik, metabolisme juga bisa dipercepat dengan modifikasi gaya hidup, yaitu dengan cara berikut ini:

1. Perbanyak konsumsi protein

Makan dapat meningkatkan metabolisme Anda selama beberapa jam. Mencerna, menyerap, dan memproses nutrisi makanan membutuhkan kalori ekstra sehingga membutuhkan energi yang ekstra pula. Proses ini disebut efek termik makanan. Protein menyebabkan kenaikan efek termin yang besar. Protein meningkatkan metabolisme sebesar 15-30% dibandingkan dengan karbohidrat yaitu sebanyak 5-10% maupun lemak 0-3%. Makan protein juga terbukti membantu membuat perut lebih kenyang dan mencegah makan berlebihan. 

2. Perbanyak minum air dingin

Ternyata minum air putih juga dapat mempercepat metabolisme tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa minum 0,5 liter air meningkatkan metabolisme sebesar 10-30% selama satu jam. Efek pembakaran kalori ini lebih besar jika Anda minum air dingin. Hal ini karena tubuh menggunakan energi untuk memanaskannya hingga sesuai dengan suhu tubuh. 

3. Melakukan high intensity workout

High-intensity interval training atau HIIT merupakan latihan yang cepat dan intens. Latihan ini dapat membantu membakar lebih banyak lemak dan meningkatkan metabolisme bahkan setelah selesai latihan. Efek HIIT dikatakan lebih baik daripada latihan lainnya karena pembakaran lemak yang lebih banyak.

4. Makan makanan pedas

Makanan pedas mengandung senyawa kimia alami yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh Anda. Meskipun efeknya sementara, tapi jika Anda sering makan makanan pedas manfaatnya bisa bertambah. Untuk itulah, bumbui makanan Anda dengan cabai, pasta cabai, atau cabai bubuk untuk meningkatkan metabolisme.

5. Minum teh hijau atau teh oolong

Teh hijau dan teh oolong telah terbukti dapat membuat metabolisme tinggi yaitu sebesar 4-5 persen. Kedua jenis teh ini membantu mengubah sebagian lemak yang tersimpan dalam tubuh menjadi asam lemak yang dapat meningkatkan pembakaran lemak. Kedua jenis teh ini juga rendah kalori dan baik untuk menurunkan berat badan.

6. Kurangi duduk perbanyak berdiri

Kebanyakan duduk tidak baik untuk kesehatan Anda. Bahkan ada yang bilang duduk terlalu lama memiliki efek yang sama berbahayanya dengan merokok. Kebanyakan duduk hanya membakar sedikit kalori dan menyebabkan penambahan berat badan.Jika pekerjaan Anda menuntut untuk terus duduk, cobalah untuk berdiri sesekali untuk melakukan peregangan tubuh. Untuk berdiskusi lebih lanjut tentang metabolisme cepat tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
menurunkan berat badanmembakar kalori
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/10-ways-to-boost-metabolism#TOC_TITLE_HDR_6
Diakses pada 28 September 2021.
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/weight-loss/in-depth/metabolism/art-20046508
Diakses pada 28 September 2021.
WebMD. https://www.webmd.com/diet/ss/slideshow-boost-your-metabolism
Diakses pada 28 September 2021.
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/fast-metabolism-diet-review#phases
Diakses pada 28 September 2021.
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/news/essential-facts-about-your-metabolism-weight-loss/
Diakses pada 28 September 2021.
Everly Well. https://www.everlywell.com/blog/metabolism/signs-of-a-fast-metabolism/
Diakses pada 28 September 2021.
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait