Benarkah Sarang Burung Walet Ampuh untuk Penyembuhan Covid-19?


Penelitian terkait cara mencegah dan mengatasi Covid-19 terus dikembangkan. Baru-baru ini, sarang burung walet disebut mampu untuk mencegah dan mengatasi Covid-19. Ini karena efek antivirus yang terkandung dalam sarang burung walet.

0,0
31 Jul 2021|Rena Widyawinata
sarang burung walet disebut berguna untuk covid-19Benarkah Sarang Burung Walet Ampuh untuk Penyembuhan Covid-19?
Pandemi sudah berlangsung selama satu tahun lebih. Selain protokol kesehatan, meningkatkan sistem imun menjadi salah satu promosi yang terus digencarkan pemerintah.Terkenal akan manfaatnya, sarang burung walet kini mulai dilirik sebagai salah satu cara untuk mencegah Covid-19 karena khasiatnya terhadap sistem imun. Bahkan, pengobatan tradisional ini juga disebut dapat membantu penyembuhan pasien Covid-10. Benarkah?

Meneliti keampuhan sarang burung walet untuk Covid-19

Konsumsi sarang burung walet diklaim bisa untuk Covid-19
Konsumsi sarang burung walet diklaim bisa untuk Covid-19
Sarang burung walet terbuat dari air liur yang dikeluarkan burung walet ketika membangun sarangnya. Meski harganya terbilang fantastis, manfaat sarang burung walet telah populer dalam pengobatan tradisional Tiongkok dan digemari beberapa kalangan.Mengutip dari Letters in Health and Biological Sciences, banyak orang mengonsumsi sarang burung ini untuk meningkatkan sistem imun, menjaga kesehatan, kecantikan kulit, hingga meredakan asma.Tak hanya itu, sarang burung walet (edible bird’s nest) juga disebut memiliki efek antivirus, antiperadangan (antiinflamasi), dan imunomodulator (pengaturan sistem kekebalan tubuh).Beberapa manfaat itulah yang kemudian membuat beberapa orang meneliti keampuhan sarang burung walet sebagai salah satu cara mencegah dan mengatasi Covid-19.Sebuah studi dalam skala kecil telah dilakukan untuk meneliti kegunaan sarang burung walet dalam mengatasi Covid-19. Studi yang dimuat dalam jurnal Frontiers in Pharmacology melakukan uji coba secara in vitro (di laboratorium lewat sampel jaringan) dan in vivo (di dalam tubuh makhluk hidup).Penelitian awal tersebut memberikan hasil yang tampak menjanjikan. Sarang burung walet diketahui mampu menekan proses replikasi (perbanyakan) virus agar tidak sampai keluar dari sel inang. Artinya, penyebaran infeksi di dalam tubuh berpotensi ditekan.Tak hanya itu, studi tersebut juga mengatakan bahwa manfaat pemberian sarang burung walet untuk covid-19 dapat membantu mengurangi replikasi virus, proses autofagi, dan pengeluaran sitokin secara berlebihan yang dapat memicu peradangan hebat (badai sitokin).Sebenarnya, sejak dulu sudah dikembangkan penelitian mengenai efek antivirus yang ada pada sarang burung walet. Tidak hanya coronavirus, sarang burung walet juga disebut berguna untuk membantu mencegah influenza.Sebuah penelitian dalam Antiviral Research bahkan menyebutkan bahwa sarang burung walet merupakan salah satu bahan alami untuk mencegah flu. Ini tentu menjadi data pendukung untuk terus meneliti potensi sarang burung walet untuk Covid-19, yang sama-sama disebabkan oleh virus dan menyerang pernapasan.

Amankah konsumsi sarang burung walet untuk Covid-19?

Mengingat penelitian yang dilakukan masih sangat terbatas, Anda tentu tidak bisa menjadikan sarang burung walet untuk pengobatan utama Covid-19. Anjuran dokter dan konsumsi obat yang diresepkan harus menjadi yang utama.Masih diperlukan penelitian dengan skala yang lebih luas untuk membuktikan secara ilmiah apakah sarang burung walet benar-benar ampuh untuk mengatasi Covid-19.Namun, jika Anda hendak mengonsumsinya sehari-hari sebagai salah satu cara menjaga kesehatan, tentu sah-sah saja. Pastikan Anda mengonsumsi sewajarnya.
Belum diketahui dosis pasti soal sarang burung walet untuk Covid-19, waspadai efek sampingnya
Belum diketahui dosis pasti soal sarang burung walet untuk Covid-19, waspadai efek sampingnya
Anda yang memiliki risiko alergi juga sebaiknya lebih waspada ketika hendak mengonsumsi sarang burung walet. Pasalnya, sarang burung walet dilaporkan memicu alergi pada anak yang memiliki alergi unggas (khususnya ayam).Selain itu, ada pula risiko kontaminasi jamur terhadap pengolahan sarang burung walet yang tidak higienis.Untuk mencegah risiko tersebut, Anda sebaiknya tidak menjadikan sarang burung walet sebagai satu-satunya cara menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh di masa pandemi. Lengkapi dengan menjalani pola hidup sehat dan makan makanan bergizi.

Cara mencegah Covid-19

Vaksinasi Covid-19 berperan penting untuk mencegah Covid-19
Vaksinasi Covid-19 berperan penting untuk mencegah Covid-19
Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Apalagi, di tengah merebaknya varian Delta saat ini, berusaha sebaik mungkin agar terhindar dari Covid-19 adalah langkah yang amat bijak.Boleh saja mengonsumsi sarang burung walet untuk meningkatkan sistem imun agar tidak kena Covid-19. Namun, mematuhi protokol kesehatan dan menjaga diri menjadi langkah paling utama yang wajib dilakukan.Melansir dari pusat pengendalian dan pencegahan penyakit Amerika Serikat, CDC, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda lakukan:

1. Melakukan vaksinasi

Saat ini pemerintah tengah menggalakkan vaksinasi. Dalam skala nasional, tujuannya adalah menciptakan herd immunity. Dengan demikian, kita bisa segera lepas dari pandemi.Meski demikian, vaksinasi sangat bermanfaat setiap individu. Vaksin dapat membantu Anda menghindari infeksi Covid-19, sekaligus mencegah gejala berat saat Anda mungkin terkena.

2. Memakai masker

Sudah melakukan vaksin, bukan berarti Anda bisa bebas melepas masker. Beberapa negara mungkin sudah melepas masker saat berada di ruang terbuka. Namun, hal itu didukung dengan tingginya angka vaksinasi Covid-19 di negara tersebut.Sementara, di Indonesia sendiri angka cakupan vaksinasi masih belum mencapai setengahnya. Itu sebabnya, Anda tetap harus mengenakan masker. Terutama, di tengah maraknya varian Delta yang lebih cepat menular. Gunakanlah masker double untuk menambah efektivitas masker dalam mencegah Covid-19.

3. Menjaga jarak dan menjauhi kerumunan

Sebisa mungkin, berada di rumah adalah pilihan yang terbaik. Namun, beberapa kondisi mungkin mau tidak mau memaksa Anda harus keluar rumah.Jika itu yang terjadi, pastikan Anda menjaga jarak dengan orang lain, minimal 2 meter. Hindari keluar rumah di jam-jam ramai sehingga social distancing dapat dilakukan.

4. Mencuci tangan

Cuci tangan menjadi salah satu cara mencegah penyakit, termasuk Covid-19
Cuci tangan menjadi salah satu cara mencegah penyakit, termasuk Covid-19
Tangan kita bisa menjadi tempat berkumpulnya kuman dan bakteri, tak terkecuali virus SARS-CoV-2. Belum lagi kebiasaan sering memegang muka, khususnya hidung dan mata. Nah, hal inilah yang kemudian menjadi jalan masuk virus ke dalam tubuh dan menginfeksi.Itu sebabnya, mencuci tangan yang benar dapat membantu memutus penyebaran. Cucilah tangan Anda dengan sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik. Jika tak tersedia sabun, gunakan hand sanitizer berbasis alkohol. 

5. Berolahraga

Hampir semua setuju bahwa olahraga secara rutin dapat menjaga kesehatan. Pada saat ini, daya tahan tubuh menjadi yang terpenting bagi kita dalam melawan virus penyebab Covid-19.Olahraga menjadi salah satu cara kita untuk meningkatkan imun tubuh. Selain untuk kesehatan fisik, berolahraga secara rutin juga berguna bagi kesehatan mental.Saat pandemi seperti ini, tentu kesehatan mental juga menjadi salah satu faktor penting agar Anda tetap sehat keseluruhan. Ini karena saat berolahraga, tubuh mengeluarkan hormon endorfin yang mampu memberikan rasa senang.

Catatan dari SehatQ

Dalam mencegah dan mengatasi Covid-19, sarang burung walet mungkin saja memberikan manfaat bagi Anda. Namun, Anda tetap harus menjalankan pola hidup bersih dan sehat untuk memaksimalkan perlindungan.Apabila Anda sedang terinfeksi Covid-19, patuhilah seluruh petunjuk yang diberikan dokter. Jika menjalani isolasi mandiri, pastikan Anda mengetahui dan mendapatkan layanan telemedicine untuk isolasi mandiri yang bekerja sama dengan Kemenkes RI. Dengan begitu, kesehatan Anda akan termonitor dengan baik.Jika Anda keraguan tentang gejala atau hal lainnya, Anda bisa bisa bertanya langsung dengan dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
penyakit paru-paruinfeksi viruscoronavirus
Letters in Health and Biological Sciences. https://www.ommegaonline.org/article-details/A-Mini-Review-on-Medicinal-Effects-of-Edible-Birds-Nest/1499
Diakses pada 29 Juli 2021
Frontiers in Pharmacology. https://www.frontiersin.org/articles/10.3389/fphar.2021.633292/full#h14
Diakses pada 29 Juli 2021
Antiviral Research. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7114130/
Diakses pada 29 Juli 2021
Harvard Medical School. https://www.health.harvard.edu/diseases-and-conditions/preventing-the-spread-of-the-coronavirus
Diakses pada 29 Juli 2021
Centers for Disease Control and Prevention. https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/prevent-getting-sick/prevention.html
Diakses pada 29 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait