Benarkah Produk “Hypoallergenic” Efektif Melindungi Kulit dari Reaksi Alergi Seutuhnya?

Hypoallergenic Adalah Tidak Rentan Menyebabkan Reaksi Alergi
Produk berlabel hypoallergenic biasanya digunakan bagi pemilik kulit kering hingga sensitif

Hypoallergenic adalah suatu istilah atau label yang biasanya dipakai untuk menyatakan bahwa kandungan yang terdapat suatu produk tersebut tidak rentan menyebabkan reaksi alergi atau iritasi.

Umumnya, label “hypoallergenic” dapat Anda temukan pada beberapa jenis produk perawatan kulit. Bahkan, tak sedikit yang meyakini bahwa hypoallergenic merupakan istilah yang menunjukkan bahwa suatu produk perawatan kulit tidak mengandung zat wewangian.

Namun, benarkah produk berlabel “hypoallergenic” benar-benar dapat melindungi kulit Anda dari reaksi alergi seutuhnya? Simak jawaban selengkapnya dalam artikel berikut ini. 

Hypoallergenic adalah istilah yang menunjukkan produk tersebut sedikit menimbulkan kemungkinan reaksi alergi

Jika Anda memiliki riwayat alergi atau mempunyai jenis kulit wajah kering dan cenderung sensitif, biasanya Anda akan mencari produk perawatan kulit yang memiliki label “hypoallergenic” untuk mencegah timbulnya reaksi alergi atau iritasi.

Hypoallergenic adalah suatu istilah atau label yang umumnya digunakan untuk menyatakan bahwa kandungan yang terdapat dalam produk tersebut menggunakan seminimal mungkin bahan baku yang berisiko menimbulkan reaksi alergi.

Selain terdapat pada sejumlah produk perawatan kulit, label “hypoallergenic” juga terdapat pada pakaian, makanan, mainan anak, hingga produk barang lainnya.

Benarkah label “hypoallergenic” efektif melindungi kulit Anda dari reaksi alergi?

Hypoallergenic Adalah Tidak Rentan Menyebabkan Reaksi Alergi
Hypoallergenic seringkali dipersepsikan tidak dapat menimbulkan reaksi alergi

Label “hypoallergenic” pada produk perawatan kulit sering dipersepsikan tidak dapat menimbulkan reaksi alergi oleh banyak orang.

Faktanya, secara medis, tidak dikenal istilah hypoallergenic. Label ini hanya dibuat oleh perusahaan kosmetik untuk mempromosikan produknya.

Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA), istilah hypoallergenic memiliki nilai pasar yang cukup besar dalam mempromosikan produk perawatan kulit tertentu kepada konsumen. Akan tetapi, tidak demikian halnya dengan makna dermatologisnya.

Produk hypoallergenic memang mengandung lebih sedikit zat yang dapat menyebabkan alergi (alergen) atau yang memicu alergi. Namun, bukan berarti produk ini tidak dapat menimbulkan alergi sama sekali. Pasalnya, cukup sulit menentukan suatu produk tidak bisa menimbulkan reaksi alergi karena ada banyak alergen potensial yang terkandung dalam suatu produk.

Jadi, pada dasarnya, setiap orang tentu mempunyai sensitivitas terhadap kandungan yang dapat menyebabkan alergi (alergen) dalam suatu produk perawatan kulit. Namun, tingkat sensitivitasnya cenderung berbeda-beda.

Sebagian orang mungkin ada yang tidak mengalami alergi sama sekali saat menggunakan produk perawatan kulit tertentu. Sementara, beberapa orang lainnya mungkin merasa gatal atau tidak nyaman pada kulit. Kemudian, orang-orang lainnya justru mengalami reaksi alergi yang parah.

Selain itu, terkadang istilah “hypoallergenic” digunakan untuk menyatakan bahwa produk perawatan kulit tersebut tidak mengandung wewangian. Namun, beberapa orang justru mengalami reaksi alergi berupa dermatitis kontak karena menggunakan produk perawatan kulit lainnya yang tidak mengandung wewangian. Ini berarti label “hypoallergenic” tidak cukup ampuh untuk mencegah reaksi alergi sepenuhnya.

Tips mencari produk perawatan kulit agar tidak menimbulkan alergi

Selain mencari produk yang berlabel “hypoallergenic”, ada beberapa tips mencari produk perawatan kulit agar tidak menimbulkan alergi, yaitu:

  • Pertimbangkan kandungan yang tertera pada kemasan produk. Pastikan Anda memerhatikan kandungan zat aktif yang tercatat dalam kemasan produk perawatan kulit. Ini berlaku juga untuk produk barang lainnya.
  • Perhatikan kandungan yang memiliki nama kimia. Beberapa produk tertentu mungkin memiliki nama kimia yang terkesan berbahaya, padahal mungkin sebenarnya tidak demikian membahayakan.

Pastikan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu

Jika Anda memiliki kulit kering atau cenderung sensitif serta memiliki riwayat alergi tertentu, ada baiknya untuk selalu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan produk perawatan kulit apa pun agar tetap aman.

Selain itu, jika Anda memiliki alergi yang cukup parah, termasuk ruam gatal, bisa mencari produk berlabel hypoallergenic yang bukan berbasis air, gunakan sabun batang, serta pilih petroleum jelly daripada pelembap lotion.

Catatan dari SehatQ

Hypoallergenic adalah suatu istilah atau label yang umumnya digunakan untuk menyatakan bahwa kandungan yang terdapat dalam produk tersebut menggunakan seminimal mungkin bahan baku yang berisiko menimbulkan reaksi alergi.

Pada dasarnya, secara medis, tidak dikenal istilah hypoallergenic. Label ini hanya dibuat oleh perusahaan kosmetik dalam mempromosikan produknya.

Nah, bagi pemilik kulit sensitif dan rentan mengalami alergi sebaiknya senantiasa berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit sebelum memutuskan menggunakan produk perawatan kulit apa pun. Dokter akan memberikan rekomendasi produk perawatan kulit sesuai dengan kondisi kulit Anda.

Healthline. https://www.healthline.com/health/allergies/hypoallergenic
Diakses pada 31 Mei 2020

US Food and Drug Administration. fda.gov/cosmetics/cosmetics-labeling-claims/hypoallergenic-cosmetics
Diakses pada 31 Mei 2020

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/allergy/the-truth-about-hypoallergenic-skin-products.aspx
Diakses pada 31 Mei 2020

Artikel Terkait