Masturbasi Tingkatkan Imun, Bisakah Menurunkan Risiko COVID-19?


Masturbasi bisa mengurangi stres dan meningkatkan mood yang tentunya baik untuk imunitas. Aktivitas seksual ini juga akan membuat tidur lebih nyenyak.

0,0
04 Aug 2021|Ade Irawan
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Penelitian menemukan bahwa masturbasi akan meningkatkan beberapa komponen sistem kekebalan tubuhMasturbasi akan membuat Anda lebih lelap tidur di malam hari, menurunkan stres, dan meningkatkan mood
Masturbasi masih menjadi hal yang cukup tabu untuk sebagian orang. Meskipun begitu, aktivitas ini sangat normal dan punya manfaat untuk kesehatan tubuh. Dikabarkan, masturbasi punya manfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh.Sistem kekebalan tubuh ini sangat diperlukan pada masa pandemi. Pasalnya, sistem imun yang baik akan menurunkan risiko infeksi paparan virus COVID-19. Namun, Anda juga perlu ketahui fakta bahwa masturbasi tidak selamanya baik untuk tubuh. Untuk mendapatkan informasi lengkap, simak paparannya di bawah ini.

Efek masturbasi untuk kesehatan

Masturbasi akan mengeluarkan banyak hormon tubuh yang punya manfaatnya masing-masing. Berikut beberapa hormon yang akan dilepaskan oleh tubuh:
  • Dopamin atau hormon kegembiraan yang akan membuat otak mengirimkan rasa senang ke seluruh tubuh.
  • Endorfin yang bisa meredakan nyeri tubuh serta meningkatkan suasana hati.
  • Oksitosin atau hormon cinta yang selalu dikaitkan dengan ikatan dengan orang lain.
  • Testosteron yang disebut juga dengan hormon seks yang berkaitan dengan gairah.
  • Prolaktin adalah hormon penting yang memengaruhi suasana hati dan sistem kekebalan tubuh.
Hormon di ataslah yang menjadi alasan pikiran, perasaan, dan fisik Anda lebih positif setelah melakukan masturbasi. Selain itu, masturbasi juga akan membantu Anda mendapatkan manfaat lain yang berhubungan langsung dengan kesehatan:
  • Menghilangkan stres yang menumpuk
  • Meningkatkan suasana hati
  • Lebih senang
  • Lebih santai
  • Meredakan ketegangan
  • Meningkatkan aktivitas seks
  • Mendapatkan tidur lebih nyenyak
  • Mengetahui kebutuhan tubuh dalam urusan seksual
Sebuah studi juga menyebutkan bahwa masturbasi akan mencegah risiko kanker prostat. Hal ini disebabkan karena penis lebih sering melakukan ejakulasi.

Benarkah masturbasi tingkatkan imunitas?

Sebuah studi menemukan bahwa masturbasi akan meningkatkan beberapa komponen sistem kekebalan, seperti leukosit dan sel imunitas lainnya. Sayangnya, studi tersebut hanya berupa penelitian kecil yang butuh tambahan temuan lain. Di samping itu, belum ada studi lanjutan terkait temuan pertamanya.Secara medis, masturbasi tidak berdampak langsung terhadap peningkatan imunitas tubuh. Meskipun begitu, tetap ada efek yang mungkin muncul terkait peningkatan sel kekebalan di dalam tubuh dan menghancurkan patogen. Seorang pakar kesehatan menyebutkan bahwa manfaat orgasme akan sangat ampuh dalam 60 menit setelahnya.Sayangnya, masturbasi bukan jadi aktivitas yang harus dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh jangka panjang. Pasalnya, efek orgasme hanya akan bertahan hingga 24 jam.Biarpun begitu, Anda bisa mendapatkan banyak manfaat yang diyakini bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Masturbasi akan membuat Anda lebih lelap tidur di malam hari, menurunkan stres, dan meningkatkan mood. Hal ini yang bisa membuat imunitas tubuh lebih kuat.

Kecemasan saat melakukan masturbasi

Dogma masturbasi merupakan aktivitas tabu untuk dilakukan masih diyakini oleh banyak orang. Beberapa orang juga percaya bahwa masturbasi cukup berbahaya untuk kesehatan. Masturbasi mungkin berdampak buruk jika Anda melakukannya dengan tidak bertanggung jawab. Sebagian orang juga bisa saja merasa sangat bersalah setelah melakukannya. Namun, perasaan yang muncul bisa sangat berbeda pada setiap individu. Jadi, keputusan untuk melakukannya tetap ada pada diri Anda sendiri.Jika tetap ingin melakukannya dan masih merasa bersalah, cobalah berkonsultasi dengan dokter. Membiarkan perasaan buruk berlarut-larut hanya akan membuat Anda merasa semakin cemas.

Catatan dari SehatQ

Masturbasi mungkin berikan dampak baik pada sistem kekebalan tubuh meskipun tidak secara langsung. Namun, bukan berarti Anda harus melakukannya demi mencapai tujuan tersebut. Masturbasi tetap harus dilakukan berdasarkan keyakinan setiap individu dalam memaknai aktivitas seksual ini.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar masturbasi dan peningkatan imunitas tubuh, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kekebalan tubuhmasturbasiimunitas turun
Medical News Today https://www.medicalnewstoday.com/articles/can-masturbating-impact-the-immune-system
Diakses pada 2 Agustus 2021
Healthline https://www.healthline.com/health/masturbation-side-effects#benefits
Diakses pada 2 Agustus 2021
Healthline https://www.healthline.com/health/healthy-sex/masturbation-effects-on-brain
Diakses pada 2 Agustus 2021
NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/15069045/
Diakses pada 2 Agustus 2021
NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/15316239/
Diakses pada 2 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait