Benarkah Manfaat Buah Zuriat Bikin Cepat Hamil? Ini Penjelasannya

Buah zuriat dipercaya dapat meningkatkan kesuburan pada pria maupun wanita.
Buah zuriat memiliki bentuk yang unik dan kaya akan manfaat

Pernahkah Anda mencicipi buah zuriat? Meski buah ini jarang ditemukan di Indonesia, tidak ada salahnya mencoba buah yang memiliki rasa seperti roti jahe ini karena manfaat buah zuriat bagi kesehatan cukup banyak, mulai dari meningkatkan peluang Anda untuk hamil hingga menyehatkan jantung.

Buah zuriat (Hyphaene thebaica L.) adalah jenis pohon palem asal Afrika yang tumbuh subur di sepanjang sungai Nil di Mesir dan Sudan. Namun, buah yang disebut dalam kitab suci umat Islam ini juga banyak dijual di Arab Saudi sehingga Anda dapat meminta orang yang tengah umrah atau naik haji untuk membawakannya ke Tanah Air.

Manfaat buah zuriat untuk kesehatan

Buah zuriat adalah bahan makanan yang kaya akan karbohidrat dan serat. Selain itu, ia juga mengandung makronutrisi, seperti vitamin (terutama vitamin B) dan mineral (seperti kalium, natrium, kalsium, magnesium, dan fosfor).

Beberapa studi juga menyebut ekstrak buah zuriat memiliki kandungan fenol dan flavonoid yang tinggi. Kandungan tersebut menjadikan buah ini sebagai sumber antioksidan dan antibakteri yang baik. 

Berdasarkan kandungan tersebut, maka manfaat buah zuriat bagi kesehatan adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan kesuburan

Salah satu manfaat buah zuriat yang paling terkenal adalah meningkatkan fertilitas pada pria maupun wanita. Sebetulnya, belum ada penelitian yang khusus membahas hal ini, tapi salah satu cara meningkatkan kesuburan memang dengan mengonsumsi makanan yang kaya zat antioksidan.

Salah satu kandungan paling tinggi dalam ekstrak buah zuriat adalah zat antioksidan yang dapat meminimalisir efek buruk dari radikal bebas yang kemudian menyebabkan stres oksidatif. Stres oksidatif inilah yang dapat mengakibatkan berbagai masalah sehingga mengurangi peluang Anda untuk hamil.

Sebaliknya, zat antioksidan dapat menangkal efek buruk dari radikal bebas ini. Dengan rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan zat antioksidan seperti buah zuriat, kualitas sel telur pada wanita akan meningkat dan siklus menstruasi Anda akan lebih teratur.

  • Mencegah bayi lahir dengan cacat bawaan

Kandungan lain yang banyak ditemukan pada buah zuriat adalah vitamin B, termasuk folat (vitamin B9). Folat merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mencegah bayi lahir dengan cacat bawaan, seperti kelainan tabung saraf dan spina bifida.

Selain itu, Anda yang tengah menjalani program hamil juga disarankan mengonsumsi folat agar meniminalir kemungkinan yang sama ketika mengandung. Selain mendapatkan sumber folat dari buah zuriat, baik ibu hamil maupun perempuan yang tengah program hamil juga dianjurkan mendapatkannya dari suplemen asam folat.

  • Mencegah katarak dan migrain

Bentuk vitamin B lainnya yang banyak ditemukan pada buah zuriat adalah vitamin B2 alias riboflavin. Manfaat buah zuriat berdasarkan kandungannya yang satu ini adalah menurunkan risiko Anda terkena penyakit mata katarak, serta mengurangi sakit yang Anda rasakan ketika menderita sakit kepala sebelah atau migrain.

  • Menurunkan kolesterol

Manfaat buah zuriat lain berdasarkan kandungan antioksidannya adalah menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan meningkatkan kolesterol baik.

Zat antioksidan juga mampu menurunkan level trigliserida yang pada akahirnya akan menurunkan kadar kolesterol total Anda menjadi kurang dari 200 mg/dL.

  • Menyehatkan jantung

Kadar kolesterol yang normal membuat lemak tidak menempel pada dinding arteri (pembuluh darah) jantung sehingga jantung Anda tetap sehat dan bisa bekerja secara optimal.

Tidak terganggunya kinerja jantung ini mengakibatkan Anda tidak rentan terkena penyakit jantung koroner maupun stroke.

Perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi buah zuriat

Meski manfaat buah zuriat bagi kesehatan cukup banyak, Anda sebaiknya tidak menjadikan buah ini sebagai pengganti obat yang direkomendasikan oleh dokter. Harap diingat bahwa sebagian dari manfaat buah ini masih perlu penelitian ilmiah yang lebih luas agar hasilnya benar-benar akurat.

Selain itu, konsumsi buah zuriat saja tidak cukup untuk membuat Anda sepenuhnya sehat sehingga Anda juga harus mengonsumsi makanan lain dan menjalani pola hidup sehat.

Untuk mengetahui seberapa banyak dosis yang Anda butuhkan untuk mendapatkan manfaat buah zuriat di atas, komunikasikan dengan dokter Anda.

Pub Med. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4711483/
Diakses pada 12 November 2019

American Pregnancy. https://americanpregnancy.org/infertility/using-antioxidant-supplements-to-boost-fertility/
Diakses pada 12 November 2019

WebMD. https://www.webmd.com/baby/folic-acid-and-pregnancy
Diakses pada 12 November 2019

WebMD. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-957/riboflavin
Diakses pada 12 November 2019

Science Direct. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0570178316300069#bb0010
Diakses pada 12 November 2019

Internet Scientific Publications. http://ispub.com/IJAM/7/1/5592
Diakses pada 12 November 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed