Benarkah Mandi Malam Sebabkan Rematik? Ketahui Faktanya

16 Apr 2019 | Oleh Anita Djie
Banyak orang percaya bahwa mandi malam menyebabkan rematik. Benarkah demikian?
Banyak orang percaya bahwa mandi malam menyebabkan rematik. Benarkah demikian?

Penyakit rematik adalah penyakit yang biasanya diasosiasikan dengan radang sendi. Namun, penyakit rematik sebenarnya tidak hanya berefek pada sendi, tetapi juga pada otot dan tulang. Namun, umumnya gejala yang dirasakan memang sakit atau radang pada persendian.

Salah satu jenis rematik, yaitu rheumatoid arthritis atau artritis merupakan jenis rematik yang sering disamakan dengan rematik pada umumnya. Oleh karenanya kata “rematik” biasanya merujuk pada rheumatoid arthritis.

Terdapat banyak mitos-mitos mengenai rematik yang bermunculan, seperti rematik hanya dialami orang yang berusia lanjut dan dapat disebabkan oleh mandi malam. Apakah pernyataan tersebut benar? Ketahui jawabannya di artikel ini!

Mitos Rematik #1 Rematik Hanya Terjadi Pada Orang Berusia Lanjut

Rematik tidak hanya dialami oleh orang yang berusia lanjut, tetapi dapat juga dialami segala usia dan jenis kelamin. Akan tetapi, rematik pada wanita 2- 3 kali lipat lebih mungkin terjadi dibanding pria. Oleh karenanya, rematik bukanlah sesuatu yang terjadi saat sudah tua.

Mitos Rematik #2 Rematik Hanya Berefek Pada Persendian

Rematik seringkali dianggap hanya memiliki efek pada persendian karena gejala awalnya adalah rasa sakit dan pembengkakan di persendian. Namun, penyakit ini dapat meluas sampai ke jantung, pembuluh darah, paru-paru, dan mata.

Saat mengalami rematik, penderita juga merasa mudah lelah dan kesulitan untuk tidur. Rematik juga dapat berdampak secara emosional dan dapat memicu depresi, rendah diri, dan merasa tak berdaya serta lemah.

Mitos Rematik #3 Penderita Rematik Tidak Boleh Berolahraga

Olahraga dapat membantu meringankan rasa sakit yang dialami penderita rematik dan karenanya penting untuk dimasukkan ke dalam keseharian penderita rematik. Dokter mungkin akan merekomendasikan olahraga ringan.

Namun, Anda juga dapat mencampurkan olahraga ringan dan olahraga intens. Hal ini karena olahraga intens dengan durasi yang pendek dapat membantu pembentukan otot. Akan tetapi, selalu berdiskusi terlebih dahulu dengan dokter Anda.

Mitos Rematik #4 Rematik Disebabkan Mandi Malam

Mitos rematik ini cukup populer di kalangan masyarakat. Mandi malam dituding sebagai salah satu penyebab rematik. Dokter Hascaryo Nugroho, Sp.PD. menjelaskan bahwa penyakit rematik tidak disebabkan oleh mandi malam .

Faktanya, rheumatoid arthritis atau yang dikenal sebagai dengan istilah populer sebagai “rematik” di masyarakat Indonesia, disebabkan oleh sistem imun yang menyerang lapisan di sekitar persendian dan menyebabkan radang dan rasa sakit pada sendi.

Oleh karenanya, mandi malam tidak dapat menyebabkan rematik. Meskipun demikian, dr. Hascaryo tidak menyarankan penderita rematik untuk mandi malam karena dapat menyebabkan otot-otot menjadi kaku dan menekan persendian yang dapat memicu rasa sakit.

Mitos Rematik #5 Rematik Tidak Dapat Diatasi

Rematik memang belum ada obatnya, namun bukan berarti Anda tidak dapat mengatasi rematik yang dialami.

Penderita rematik dapat menjalankan berbagai terapi yang dapat membantu untuk mengurangi rasa sakit dan radang pada persendian, serta memperlambat perkembangan dari penyakit rematik. Selain itu, terdapat juga alat-alat yang dapat mempermudah penderita rematik.

Jika Anda merasa penanganan yang diberikan oleh dokter kurang efektif, jangan takut untuk menginformasikan dan berdiskusi dengan dokter Anda.

Referensi

Healthline. https://www.healthline.com/health/rheumatoid-arthritis/managing-advancing-ra/myths#3
Diakses pada 12 April 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/rheumatoid-arthritis/symptoms-causes/syc-20353648
Diakses pada 12 April 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/7625.php
Diakses pada 12 April 2019

Rheumatology Advisor. https://www.rheumatologyadvisor.com/home/topics/rheumatoid-arthritis/facts-about-rheumatoid-arthritis-7-myths-you-may-encounter/
Diakses pada 12 April 2019

Tribun Kesehatan. http://www.tribunnews.com/kesehatan/2017/10/30/mandi-malam-sebabkan-rematik-mitos-atau-fakta?page=2
Diakses pada 12 April 2019

WebMD. https://www.webmd.com/rheumatoid-arthritis/an-overview-of-rheumatic-diseases#1
https://www.webmd.com/rheumatoid-arthritis/an-overview-of-rheumatic-diseases#1
Diakses pada 12 April 2019

Artikel Terkait:
Baca Juga
Back to Top