logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

7 Manfaat Mandi Hujan untuk Anak yang Bisa Diperoleh

open-summary

Mandi hujan ternyata memiliki beragam manfaat untuk anak. Mulai dari membuat fisiknya lebih aktif, mengurangi masalah sensorik, hingga melatih ketahanan mental. Namun, perhatikan beberapa hal sebelum melakukannya.


close-summary

0

20 Apr 2022

| Nenti Resna

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Main hujan dianggap dapat melatih ketahanan fisik dan mental anak

Main hujan ternyata membawa sejumlah manfaat bagi anak

Table of Content

  • Manfaat mandi hujan untuk anak
  • Usia berapa anak boleh main hujan?
  • Tips aman mandi hujan

Mandi hujan merupakan salah satu aktivitas yang menyenangkan bagi anak-anak. Sebaliknya, orangtua kerap merasa khawatir karena kegiatan ini dianggap bisa membuat anak sakit. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa main hujan memiliki banyak manfaat bagi anak?

Advertisement

Manfaat mandi hujan untuk anak

Jika dilakukan dengan tepat, mandi hujan dapat membawa sejumlah manfaat bagi anak-anak. Berikut adalah berbagai manfaat yang bisa didapatkan.

1. Membuat anak lebih aktif secara fisik

Manfaat mandi hujan membuat anak lebih banyak bergerak.

Anak yang lebih aktif bermain di alam terbukti secara ilmiah memiliki Indeks Massa Tubuh (IMT) yang lebih rendah, keterampilan motorik yang lebih baik, dan hari sakit yang lebih sedikit dibandingkan anak yang hanya diam di rumah.

Anak-anak harus bekerja lebih ekstra untuk menjaga keseimbangannya saat hujan-hujanan karena permukaan menjadi licin. Hal tersebut bisa meningkatkan koordinasi dan keterampilan motorik kasar anak.

2. Membantu mencegah dan mengurangi masalah sensorik

Tidak sedikit anak yang mengalami masalah sensorik. Bermain di luar rumah atau di alam terbuka dalam berbagai kondisi cuaca dapat membawa manfaat bagi perkembangan sensorik anak-anak.

Membiarkan anak main hujan juga dapat membantu mencegah masalah sensorik. Beberapa ahli bahkan menyebut alam sebagai ‘pengalaman sensorik tertinggi’. 

Dengan main hujan-hujanan, pengalaman sensorik anak, seperti pendengaran, penglihatan, penciuman, dan sentuhan, dapat meningkat.

3. Menambah pengetahuan

Manfaat mandi air hujan adalah menambah pengetahuan. Saat mandi hujan, anak dapat mengeksplorasi alam secara lebih mendalam. Mereka mungkin mempertanyakan dari mana air hujan berasal, dan mengapa hujan bisa terjadi. 

Selain itu, anak juga dapat mengamati binatang kecil yang muncul saat hujan, misalnya cacing atau katak. Pengetahuan anak tentang lingkungan sekitar pun bisa bertambah.

4. Melatih kemandirian

Anak-anak bisa mempelajari keterampilan mandiri saat bermain hujan. Mereka mungkin mempersiapkan sendiri apa yang ingin dibawanya, misalnya mainan. 

Selain itu, anak juga dapat mencoba membuka dan menyimpan bajunya sendiri sebelum ke luar untuk mandi hujan.

5. Meningkatkan kreativitas dan imajinasi

mandi air hujan
Mandi hujan dapat meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak

Selanjutnya, manfaat mandi hujan adalah meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak. 

Ketika anak hujan-hujanan, mereka mungkin dapat menggunakan imajinasinya sebagai tokoh kartun favorit atau membuat cerita seperti film kesukaannya. Hal ini tentunya terasa menyenangkan bagi anak.

6. Mendorong keterampilan sosial

Manfaat hujan-hujanan bersama anak-anak lainnya dapat mendorong keterampilan sosial mereka. Anak dapat lebih banyak berinteraksi dengan teman bermainnya tersebut. 

Saat menikmati momen menyenangkan ini, keterampilan sosial, komunikasi, bahasa, dan kerja sama anak dapat meningkat.

7. Melatih ketahanan mental

Ketahanan mental merupakan salah satu kualitas yang dimiliki oleh orang sukses. Ketahanan merupakan perpaduan antara ketekunan dan hasrat, serta kemampuan beradaptasi dengan baik dalam menghadapi kesulitan.

Salah satu cara melatih ketahanan mental adalah dengan beraktivitas di alam saat cuaca tidak sempurna. Main hujan dapat menjadi sarana melatih ketahanan mental karena penuh dengan elemen menantang.

Baca Juga

  • Campak pada Bayi, Bagaimana Gejala dan Cara Mengobatinya?
  • Seputar ADD pada Anak yang Bisa Menyebabkan Sulit Fokus
  • 9 Macam Penyakit Gangguan Pernapasan yang Umum Terjadi pada Anak dan Cara Mengatasinya

Usia berapa anak boleh main hujan?

Tidak ada aturan khusus mengenai usia berapa anak boleh main hujan. Dilansir dari The Express Tribune Pakistan, menurut dr. Anita Zaidi (Ketua Pediatri dan Kesehatan Anak di Rumah Sakit Universitas Aga Khan), anak berusia di bawah dua tahun sudah bisa bermain hujan.

Akan tetapi, tidak boleh lebih dari satu jam karena bisa menyebabkan kehilangan banyak panas tubuh. Jadi, ketika anak bermain hujan, pastikan mereka tidak terlalu lama basah kuyup di bawah air hujan.

Tak hanya usia, tempat anak bermain hujan juga perlu diperhatikan. Jangan sampai mereka main hujan di lingkungan yang berbahaya, misalnya di jalanan yang banyak kendaraan berlalu-lalang sehingga berisiko tertabrak.

Tips aman mandi hujan

Orangtua kerap melarang anaknya bermain hujan. Padahal sebetulnya, main hujan tidak berbahaya jika dilakukan di bawah rintik hujan yang turun langsung dan tidak dilakukan terlalu lama. 

Untuk mengurangi risiko gangguan kesehatan pada anak, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

1. Jangan main hujan saat musim wabah

Sakit setelah main hujan lebih banyak disebabkan oleh infeksi kuman yang ditularkan dari orang lain. 

Maka dari itu, jangan izinkan anak untuk bermain hujan saat sedang ada wabah atau musim penyakit tertentu yang terjadi di sekitar lingkungan Anda.

2. Pastikan kondisi anak sehat dan prima

Sebelum membiarkan anak mandi hujan, pastikan kondisinya dalam keadaan sehat dan prima.

Jangan sampai anak yang sedang sakit melakukannya karena dikhawatirkan kondisi anak bisa semakin memburuk akibat kekebalan tubuh yang rendah.

3. Pahami risiko hipotermia pada anak-anak

anak bermain air
Terlalu lama bermain air bisa menyebabkan kulit anak pucat

Walaupun tidak ada bahaya langsung dari main hujan, terlalu lama melakukannya dapat meningkatkan risiko hipotermia atau suhu tubuh menurun drastis pada sebagian anak. Anak-anak yang masih kecil mudah sekali kehilangan banyak panas tubuh.

Kondisi ini tidak hanya terjadi saat main hujan, tapi saat bermain air di mana pun. Hipotermia menyebabkan kulit anak pucat dan terasa dingin. Tubuh anak pun bahkan menggigil.

Maka dari itu, anak-anak yang berusia usia 2 tahun ke bawah disarankan untuk tidak main hujan atau bermain air lebih dari satu jam.

4. Hindari bermain di genangan air

Bermain di bawah rintik hujan dan genangan air hujan merupakan dua hal berbeda.

Anak-anak sebaiknya jangan bermain di genangan air hujan karena lebih rentan terinfeksi kuman dan merupakan tempat perkembangbiakan nyamuk.

Genangan air telah tercampur dengan berbagai kotoran dari tanah, bahkan air pembuangan. Bermain di genangan air dapat berisiko menyebabkan infeksi penyakit dari virus dan bakteri pada anak-anak, seperti kolera, diare berdarah, hingga infeksi kulit.

5. Awasi anak saat mandi hujan

Hipotermia, flu, atau berbagai risiko gangguan kesehatan lainnya mungkin saja terjadi saat anak terlalu lama terkena air hujan. Meski demikian, sebaiknya Anda jangan khawatir secara berlebihan hingga menghentikan kesenangan anak main hujan.

Biarkan anak bermain dalam pengawasan Anda, tentunya dengan tindakan pencegahan yang diperlukan jika situasi buruk terjadi.

Akan lebih baik lagi, jika Anda mengawasi atau menemani mereka bermain bersama di bawah hujan.

6. Segera lepaskan pakaian anak

Jangan membiarkan anak berdiam diri dalam keadaan basah kuyup. Jika sudah selesai main hujan, segera copot pakaian anak dan berikan handuk agar tidak kedinginan. 

Jangan lupa siapkan air hangat untuk anak mandi agar tubuhnya lebih nyaman.

7. Hangatkan tubuh anak

Setelah pakaian dilepas, mandikan anak dengan air hangat.

Untuk mengembalikan suhu tubuh mereka, Anda dapat memasangkan baju hangat, mengusapkan minyak kayu putih, memasang pemanas ruangan, serta menyajikan makanan atau minuman hangat setelahnya agar tidak masuk angin.

Jika Anda punya pertanyaan seputar kesehatan anak, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.

Advertisement

penyakit anakmusim hujananak sakit

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved