Benarkah Kondom Gerigi Hadirkan Kepuasan Seksual yang Lebih Tinggi?

(0)
04 Jun 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Kondom gerigi dianggap hadirkan kepuasan seksual yang lebih tinggiBentuk kondom gerigi yang dijual di pasaran
Ketika membicaran soal kondom, banyak orang akan mengasosiasikannya sebagai benda yang terbuat dari karet (lateks) dengan permukaan licin seperti balon. Padahal, jenis kondom yang dijual di pasaran sangat beragam, salah satunya adalah kondom gerigi.Kondom gerigi adalah salah satu inovasi jenis kondom yang dilakukan oleh produsen kondom untuk menghadirkan sensasi berbeda saat penggunanya melakukan hubungan seksual. Seperti namanya, kondom ini memiliki tekstur gerigi, baik di dalam maupun luar kondom, tergantung dari tujuan pemakainya.Kondom identik sebagai alat kontrasepsi yang digunakan oleh pria untuk menutupi area penis saat berhubungan seksual dengan pasangannya. Ada pula jenis kondom wanita, namun pemakaiannya tidak sepopuler kondom pria.Kondom biasanya terbuat dari bahan lateks, polyurethane, atau polyisoprene (bentuk sintetis dari lateks). Soal bahan pembuat ini, kondom gerigi tidak memiliki perbedaan dengan kondom konvensional yang dikenal di masyarakat.Perbedaan kondom gerigi dengan kondom konvensional hanyalah dari segi tekstur di permukaan kondomnya saja. Lantas, apa sih fungsi kondom gerigi dalam hubungan seksual? Berikut penjelasannya berdasarkan kacamata medis.

Lebih jauh mengenal kondom gerigi dan fungsinya

Kondom gerigi masuk sebagai salah satu varian kondom yang memiliki tekstur, baik berupa totol-totol hingga seperti duri. Dari segi harga, kondom gerigi mungkin akan lebih mahal dibanding kondom biasa yang tidak memiliki tekstur.Fungsi kondom gerigi adalah merangsang orgasme dan menghadirkan kepuasan seksual bagi pria, wanita, maupun keduanya tergantung di sisi mana gerigi itu terpasang. Berdasarkan letak ini, kondom gerigi dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:
  • Kondom gerigi luar

Kondom ini digunakan untuk lebih merangsang birahi dan memberi kepuasan seksual yang lebih tinggi bagi wanita. Gerigi biasanya terpasang di bagian atas maupun dasar kondom dengan tujuan memberi stimulasi pada wanita selama melakukan hubungan seksual dengan pria yang mengenakan kondom gerigi tersebut.
  • Kondom gerigi dalam

Kondom ini dirancang memiliki gerigi justru di bagian dalam yang menempel pada penis demi merangsang saraf pada penis pria sehingga memunculkan efek ‘lebih perkasa’.Level gerigi pada kondom ini juga beragam, ada yang memiliki kontur lebih tajam, ada pula yang tumpul. Apa pun jenisnya, tujuan penggunaan kondom gerigi adalah memberikan kepuasan mutual antara pria dan wanita saat berhubungan seksual.

Tips memilih kondom gerigi yang aman

Meskipun kondom gerigi digunakan untuk meningkatkan kepuasan seksual, Anda tidak boleh melupakan fungsi utama penggunaan kondom. Kondom bukanlah alat untuk melegalisasi seks bebas, melainkan mengghindarkan penggunanya dari penyakit menular seksual, seperti klamidia, gonore, maupun HIV.Kondom juga digunakan sebagai alat kontrol kehamilan alias kontrasepsi yang terjangkau dan mudah digunakan oleh siapa saja. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih maupun menggunakan kondom gerigi secara aman, yakni:
  • Pastikan kondom yang Anda gunakan sudah sesuai standar keamanan serta dapat mencegah terjadinya penularan penyakit menular seksual.
  • Cek tanggal kadaluwarsa kondom pada kemasannya. Jangan gunakan kondom yang sudah kadaluwarsa karena dikhawatirkan rentan robek sehingga tidak melindungi Anda dari penyakit menular seksual maupun kehamilan.
  • Pilih bahan kondom gerigi yang cocok dengan kulit Anda. Jika Anda memiliki alergi lateks, pilih kondom dari bahan polyurethane yang harganya mungkin lebih mahal dari kondom lateks.
  • Apabila pasangan wanita Anda mengalami luka di area kelamin, sebaiknya hindari penggunaan kondom ini karena bisa memperparah luka akibat gerigi tersebut.
Setelah digunakan, kondom gerigi harus dibuang dengan terlebih dahulu dibungkus menggunakan tisu atau pembungkus lainnya. Kondom juga tidak boleh digunakan kembali (reuse) untuk menghindari paparan bakteri maupun kondisi kondom yang rentan robek.
kontrasepsi
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/condom-types-906789
Diakses pada 20 Mei 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/birth-control-condom
Diakses pada 20 Mei 2020
Columbia University. https://goaskalice.columbia.edu/answered-questions/do-textured-condoms-heighten-sexual-pleasure
Diakses pada 20 Mei 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323089
Diakses pada 20 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait