Benarkah Khasiat Daun Tiga Jari untuk Memperbesar Penis?

Daun tiga jari atau daun bungkus papua tidak terbukti dapat memperbesar penis
Ilustrasi daun tiga jari dari Papua

Tidak sedikit pria yang merasa kurang percaya diri dengan bentuk penisnya sehingga menempuh berbagai cara untuk memperbesar ukuran alat vital tersebut. Salah satu ramuan tradisional yang dipercaya memiliki efek ini adalah daun tiga jari atau dikenal juga sebagai daun bungkus papua.

Daun tiga jari adalah sebutan masyarakat lokal terhadap tanaman merambat yang memang memiliki 3 helai daun pada satu tangkainya. Panjang dan lebar daun bervariasi, ada yang panjangnya bisa mencapai 15 cm dengan lebar 8 cm, ada pula yang hanya sampai memilik panjang 7 cm dengan lebar 4 cm.

Daun ini menjadi spesial karena diklaim hanya tumbuh di tanah Papua. Namun karena khasiatnya untuk memperbesar penis sudah banyak menyebar ke penjuru Nusantara, keberadaan daun ini menjadi terbatas sehingga bernilai ekonomi tinggi.

Benarkah daun tiga jari bisa membesarkan penis?

Secara garis besar, belum ada penelitian ilmiah yang dapat memvalidasi manfaat daun bungkus Papua ini di dunia kesehatan. Sejauh ini, khasiat daun tiga jari sebegai pembesar alat vital hanyalah berdasarkan testimoni penggunanya.

Meski demikian, pernah ada satu kajian etnografi kesehatan yang dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan terhadap kebenaran khasiat daun bungkus Papua ini. Dalam kajian langsung di Papua tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa membungkus penis dengan daun tiga jari memang dapat "memperbesar" ukuran alat vital pada beberapa pria.

Untuk merasakan khasiat ini, daun tiga jari bisa langsung dibungkus pada penis, bisa juga ditumbuk terlebih dahulu. Daun juga harus dicampur dengan minyak kelapa asli sebelum diaplikasikan pada area yang diinginkan.

Bungkusan daun tiga jari kemudian dibiarkan hingga 10-20 menit. Setelah muncul rasa panas di penis, bungkusan ini harus segera dilepas dan hasilnya bisa langsung terlihat.

Meski demikian, pemakaian ini katanya harus diulang selama beberapa kali sebelum Anda merasakan pertambahan ukuran penis yang diinginkan. Selama pemakaian daun bungkus Papua, Anda juga memiliki pantangan, seperti:

  • Tidak boleh mengenakan celana atau celana dalam yang ketat
  • Tidak boleh mandi hingga 3 hari lamanya.

Tetapi, jangan senang dulu dan langsung memesan daun tiga jari. Pasalnya, ada penjelasan medis mengenai fenomena pembesaran penis akibat pembungkusan dengan daun bungkus Papua ini.

Pertambahan ukuran penis setelah menggunakan bungkusan daun tiga jari dinamakan edema, yakni pembengkakan karena adanya cairan yang tersumbat di bagian tubuh tertentu. Dengan kata lain, ukuran penis Anda mungkin berubah, namun fungsi ototnya akan sama atau bahkan berkurang karena pembesaran yang tidak normal itu.

Apakah daun bungkus Papua justru mengandung bahaya?

Membungkus penis dengan daun tiga jari bukannya akan memperbesar penis, namun justru bisa mendatangkan bahaya. Berdasarkan temuan di Papua, orang yang melakukan perawatan penis dengan daun bungkus Papua ini biasanya mengalami:

  • Rasa panas atau terbakar pada penis
  • Penis lecet dan melepuh
  • Infeksi kelamin, yang ditandai dengan munculnya peradangan dan disertai nanah
  • Alat kelamin rusak
  • Gangguan fungsi alat kelamin pada kasus yang berat.

Jika Anda bersikeras ingin memperbesar alat vital, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter bedah terpercaya. Menggunakan daun bungkus Papua bukan hanya belum tentu terbukti khasiatnya, namun bisa membawa efek negatif pada kesehatan organ reproduksi Anda.

Ada beberapa prosedur medis yang bisa dilakukan untuk memperbesar penis. Namun, dokter biasanya akan terlebih dahulu meminta Anda untuk melakukan hal sederhana yang dapat meningkatkan kepuasan Anda terhadap penis yang Anda miliki, misalnya mencukur bulu kemaluan, menurunkan berat badan, hingga lebih rajin berolahraga.

Pranata, Setia, dkk. 2014. Di Balik Rahasia “Bungkus” Daun Tiga Jari. Jakarta: Balitbangkes.
Diakses pada 26 Februari 2020

Detik Health. https://health.detik.com/hidup-sehat-detikhealth/d-1346889/cara-memperbesar-penis-dengan-daun-bungkus
Diakses pada 26 Februari 2020

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/edema/symptoms-causes/syc-20366493
Diakses pada 26 Februari 2020

NHS. https://www.nhs.uk/live-well/sexual-health/penis-enlargement/
Diakses pada 26 Februari 2020

Artikel Terkait