Benarkah Blau Bisa Jadi Obat Gondongan pada Anak? Ini Fakta Sebenarnya

(0)
08 May 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Klaim blau obat gondongan tidak bisa dibuktikanBlau dianggap bisa jadi obat gondongan sejak zaman dahulu
Pernahkah Anda diberikan blau atau kapur biru saat mengalami gondongan sewaktu kecil? Salah satu obat gondongan pada anak yang banyak digunakan oleh orangtua zaman dahulu adalah blau. Serbuk biru untuk memutihkan pakaian ini biasanya dioleskan pada leher yang membengkak karena gondonganSejak adanya vaksin, gondongan pada anak semakin jarang terjadi. Produk blau pun semakin sulit ditemukan saat ini. Meskipun demikian, kepercayaan bahwa blau bisa jadi obat gondongan anak masih tetap bertahan.

Benarkah blau bisa jadi obat gondongan anak?

Klaim bahwa blau bisa jadi obat gondongan anak hanyalah mitos. Sebab, tidak ada satu pun bukti ilmiah atau hasil penelitian yang membuktikan efektivitasnya.Blau cuci memang mengandung sodium sitrat yang bersifat antijamur. Akan tetapi, bukan berarti serbuk biru ini bisa digunakan sebagai obat gondongan pada anak.Pasalnya, penyakit gondongan adalah infeksi yang menyerang kelenjar air liur dan disebabkan virus yang tidak bisa dimatikan menggunakan obat apa pun, termasuk antibiotik.Meski demikian, ada kemungkinan bahwa mitos blau sebagai obat gondongan dapat memberikan manfaat.
  • Mengingat gondongan dapat menular, mengoleskan blau pada anak yang terkena gondongan mungkin dapat membantu anak-anak lain untuk menjaga jarak darinya.
  • Anak yang dioleskan blau akan merasa enggan berkeliaran dengan pipi berwarna biru dan memilih lebih banyak beristirahat di rumah sehingga membantu mempercepat penyembuhannya.

Obat gondongan alami untuk anak

Pada dasarnya, tidak ada obat khusus untuk mengobati gondongan pada anak. Yang perlu dilakukan adalah melakukan upaya untuk meningkatkan sistem imun tubuh dan membantu mengelola gejalanya.Mitos blau sebagai obat gondongan memang tidak bisa dibuktikan, tapi ada beberapa bahan rumahan yang bisa menjadi obat gondongan alami dengan meredakan gejalanya.

1. Jahe

Campurkan bubuk jahe dengan air hingga membentuk pasta dan aplikasikan pada leher yang membengkak untuk mendapatkan manfaatnya.

2. Lidah buaya

Lidah buaya dapat digunakan untuk meredakan bengkak pada gondongan. Cukup ambil sepotong lidah buaya, lalu kupas bagian kulitnya dan oleskan gel di dalamnya pada permukaan yang bengkak.

3. Haritaki

Herbal ini yang dikenal dengan sebutan myroblan (terminalia chebula) iini juga dapat digunakan sebagai obat gondongan alami. Hancurkan dan campurkan dengan air hingga menjadi pasta, kemudian usapkan pada bagian yang membengkak.

4. Biji asparagus dan fenugreek

Tumbuk biji asparagus dan biji fenugreek bersama-sama hingga membentuk pasta untuk dioleskan pada bagian yang sakit.

5. Kompres

Cara paling mudah untuk meredakan bengkak karena gondongan adalah menggunakan kompres hangat atau kompres dingin. Anda dapat memilih salah satu yang terasa lebih nyaman bagi anak.Selain dengan obat alami gondongan di atas, berikut ini perawatan mandiri yang perlu dilakukan untuk mempercepat kesembuhan dan mencegah penularan gondongan.
  • Isolasi mandiri anak yang sakit gondongan agar tidak menularkan pada orang lain, setidaknya 5 hari setelah muncul gejala.
  • Berikan banyak cairan dan makanan lunak yang mudah dikunyah. Hal ini dapat membantu anak lebih mudah mengonsumsi asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuhnya.
  • Hindari memberikan buah atau jus buah yang asam, misalnya buah-buahan sitrus (jeruk, lemon, dan semacamnya), karena dapat merangsang produksi air liur.
  • Hindari makanan yang keras dan sulit dikunyah karena menyebabkan rahang bekerja keras.
  • Pastikan anak banyak beristirahat.
Tanpa menggunakan blau sebagai obat gondongan pun, penyakit ini biasanya dapat sembuh sendiri dalam dua minggu atau lebih. Sebaiknya anak dapat beristirahat setidaknya 5 hari sebelum beraktivitas lagi di luar rumah.

Obat gondongan medis

Beberapa obat-obatan yang dijual bebas dapat membantu meredakan gejala gondongan. Contohnya, obat acetaminophen atau ibuprofen dapat meredakan demam dan nyeri saat gondongan.Hindari memberikan aspirin kepada anak yang menderita infeksi virus karena dapat meningkatkan risiko terjadinya sindrom Reye. Antibiotik juga tidak bisa digunakan sebagai obat gondongan pada anak karena hanya bekerja melawan bakteri.Komplikasi gondongan juga harus Anda waspadai. Segera bawa anak ke dokter jika ia mengalami demam mencapai 39°C atau lebih, kesulitan makan dan minum, sakit perut, pembengkakan testis pada anak laki-laki, sakit kepala parah, leher kaku, mengalami kejang, mengantuk berat, dan pingsan.Jika Anda punya pertanyaan seputar masalah kesehatan anak, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
penyakit anakgondongan
Healthline. https://www.healthline.com/health/mumps#
Diakses 14 April 2021
Medindia. https://www.medindia.net/homeremedies/mumps.asp#
Diakses 14 April 2021
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/mumps/diagnosis-treatment/drc-20375366
Diakses 14 April 2021
Kids Health. https://kidshealth.org/en/parents/mumps.html
Diakses 14 April 2021
Kementerian Pertanian - Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian
http://balithi.litbang.pertanian.go.id/berita-468-biofungisida-berbahan-aktif-cladosporium-sp-sebagai-alternatif-teknologi-pengendalian-penyakit-karat-putih-pada-tanaman-krisan.html
Diakses 14 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait