Benarkah Asam Nukleat Penting untuk Mengendalikan Covid-19?


Asam nukleat dikenal tak terpisahkan dari DNA dan RNA yang selalu hadir dalam sel tubuh. Ternyata, senyawa ini memiliki potensi dalam penanggulangan wabah Covid-19.

(0)
07 Dec 2020|Dedi Irawan
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Asam nukleat merupakan protein yang sangat stabilAsam nukleat tak terpisahkan dari DNA dan RNA
Asam nukleat merupakan golongan makromolekuler dalam sel. Senyawa ini sebenarnya terdiri dari polimer dengan rangkaian unit yang berulang. Yang menakjubkan, senyawa ini merupakan protein yang sangat stabil.Senyawa ini bisa ditemukan di dalam semua sel dan virus. Fungsi asam nukleat berkaitan dengan ekspresi dan penyimpanan informasi genetika.

Asam nukleat, DNA, dan RNA

Biasanya, asam nukleat dikaitkan dengan DNA dan RNA. Karena keduanya memang paling terkenal di antara jenis asam nukleat lainnya.DNA berguna untuk mengkodekan informasi yang dibutuhkan sel dalam membuat protein. Sementara RNA hadir dalam berbagai bentuk molekul yang berperan dalam sintesis protein.

Apa saja fungsi asam nukleat bagi tubuh?

Tiap jenis asam nukleat memiliki peran berbeda di dalam sel. Beberapa fungsi yang umumnya antara lain:

1. Menyimpan dan mengkode informasi genetik

Asam nukleat dalam DNA berperan penting dalam menyimpan dan mengkodekan informasi genetik. DNA memungkinkan informasi genetik seseorang untuk diwariskan pada keturunannya.Nukleotida dalam DNA hanya akan berpasangan dengan urutan tertentu. Setiap kali sel menggandakan untaian DNA, urutan nukleotida juga harus disalin dengan urutan yang benar. Salinan akurat inilah yang akan dibuat dan diturunkan dari generasi ke generasi.

2. Sintesis protein dan ekspresi informasi

RNA berperan penting untuk melakukan sintesis protein. Salah satu asam nukleat ini juga berperan besar dalam ekspresi informasi yang disimpan dalam DNA. Ekspresi ini penting dalam proses pembuatan protein.Sementara fungsi RNA lainnya meliputi:
  • Membuat sel baru di dalam tubuh
  • Menerjemahkan DNA menjadi protein
  • Pembawa pesan antara DNA dan ribosom
  • Membantu ribosom memilih asam amino yang tepat saat membuat protein

3. Menghasilkan energi untuk sel

Fungsi lain dari asam nukleat adalah menghasilkan energi untuk proses seluler. Ini berarti, tidak semua senyawa ini terlibat dalam proses informasi yang ada di dalam sel. Yang berperan sebagai penghasil energi adalah asam nukleat adenosin trifosfat (ATP).ATP terbentuk dari gugus-gugus fosfat dan merupakan ikatan energi yang tinggi guna memasok energi pada sel. Energi ini penting agar sel bisa menjalankan fungsinya dengan baik.Di samping itu, ATP berperan dalam fungsi tubuh tertentu seperti kontraksi otot, termasuk saat jantung berdetak.

4. Penelitian berbagai penyakit

Banyak tes dilakukan dengan memanfaatkan asam nukleat untuk mendiagnosis penyakit atau kondisi medis tertentu. Tes berbasis asam molekular ini juga bisa mengidentifikasi patogen penyebab infeksi.Tak kalah penting, tes menggunakan DNA atau RNA juga krusial untuk mengetahui status pembawa genetik seseorang.Beberapa jenis kanker memanfaatkan diagnosis dengan bahan asam nukleat. Misalnya, kanker kandung kemih, kanker kolorektoral, kanker ovarium, kanker prostat, dan kanker payudara. Demikian juga dengan penyakit kelainan kromosom dan sederet penyakit parah lainnya.

Peran asam nukleat dalam pandemi Covid-19

Hingga kini, kita masih menghadapi pandemi Covid-19 dan belum ada petunjuk jelas kapan musibah ini akan berakhir. Namun para pakar kesehatan menemukan dua peran penting asam nukleat dalam wabah ini. Apa sajakah itu?
  • Tes diagnosis

Munculnya pandemi Covid-19 diiringi dengan kerja keras ahli medis dalam menemukan cara mendiagnosis orang yang terkena penyakit ini. Untuk melakukan diagnostis penyakit yang tergolong baru ini, salah satu yang digunakan adalah reagen berbasis asam nukleat.Tes terhadap asam nukleat dianggap sebagai standar tertinggi untuk mendiagnosis Covid-19. Hal ini tentu dikemukakan setelah dilakukan pengujian dengan sensitivitas dan spesifikasi yang tinggi.Oleh karena itu, produk berbasis asam nukleat memiliki efek positif dalam pencegahan dan pengendalian wabah Covid-19.
  • Potensi pengobatan

Asam nukleat juga dianggap sebagai salah satu potensi dalam pengobatan infeksi SARS-CoV-2. Pasalnya, molekul ini telah terbukti efektif dalam menghadapi SARS-CoV, yang menjadi virus penyebab penyakit SARS.Penggunaan molekul berbasis asam nukleat juga berguna untuk mengatur tingkat ekpresi gen di dalam sel target. Berdasarkan suatu penelitian, agen terapeutik berbasis asam nukleat telah memberikan angin segar karena terbukti menjadi kelompok obat antivirus yang ampuh dan serbaguna.Obat tersebut memiliki kemanjuran menjanjikan terhadap beberapa infeksi virus, termasuk SARS-CoV. Jika dikembangkan sepenuhnya sebagai molekul obat, mungkin saja bisa digunakan untuk melawan SARS-CoV-2.Sebagai salah satu potensi yang diandalkan untuk mengendalikan wabah, penelitian tentang asam nukleat tentu perlu lebih digencarkan.Dengan studi yang makin baik, potensi yang selama ini terpendam bisa direalisasikan dengan baik pula. Termasuk kemungkinan menggunakan vaksin berbasis DNA atau RNA yang hingga kini masih terus diteliti.Penasaran dengan asam nukleat dan masalah sel lainnya? Anda bisa konsultasi langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
penyakit genetikcoronavirusvaksin corona
NIH. https://www.genome.gov/genetics-glossary/Nucleic-Acid
Diakses pada 7 Desember 2020
FDA. https://www.fda.gov/medical-devices/vitro-diagnostics/nucleic-acid-based-tests
Diakses pada 7 Desember 2020
News Medical Life Science. https://www.news-medical.net/life-sciences/What-is-Nucleic-Acid.aspx
Diakses pada 7 Desember 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7501848/
Diakses pada 7 Desember 2020
Taylor and Francis Online. https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/10408347.2020.1805294
Diakses pada 7 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait