logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Sex & Relationship

11 Makanan Afrodisiak yang Bisa Bangkitkan Gairah Seksual

open-summary

Afrodisiak dipercaya sebagai zat yang berada di dalam makanan, minuman, ataupun suplemen yang mampu membangkitkan gairah seksual. Mengonsumsinya dapat membantu performa Anda saat berhubungan seks, baik bagi wanita ataupun pria.


close-summary

2 Apr 2020

| Rena Widyawinata

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Afrodisiak

Makanan afrodisiak dipercaya dapat meningkatkan gairah seksual

Table of Content

  • Apa itu afrodisiak?
  • Daftar makanan yang mengandung afrodisiak
  • Catatan dari SehatQ

Banyak orang mencari berbagai cara, seperti minum obat atau makan makanan tertentu untuk mendapatkan kehidupan seks yang lebih baik. Kebanyakan, makanan atau minuman yang dikonsumsi mengandung zat bernama afrodisiak.

Advertisement

Ada banyak alasan seseorang mengonsumsi afrodisiak, mulai dari ingin meningkatkan libido, lebih menikmati seks, hingga mencapai hubungan yang lebih harmonis.

Jadi, apa sebenarnya afrodisiak?

Apa itu afrodisiak?

Afrodisiak adalah zat yang berada di dalam makanan, minuman, atau suplemen tertentu yang dapat meningkatkan gairah seksual.

Afrodisiak yang merupakan bahan alami cenderung lebih disukai karena dianggap lebih aman dan memiliki efek samping yang lebih ringan. Penggunaanya yang praktis dan relatif lebih murah membuat beberapa orang memilih makanan minuman mengandung afrodisiak ketimbang konsumsi obat kuat, seperti viagra.

Mengutip jurnal BMC Complementary Medicine and Therapies, sebagian besar makanan dan minuman mengandung afrodisiak mampu memperkuat sensasi pengalaman sensual, seperti sentuhan, cahaya, penciuman, rasa, dan pendengaran.

Pengalaman sensual yang meningkat inilah yang kemudian membangkitkan libido, alias gairah seksual.

BACA JUGA: Ingin Kuat di Ranjang? Coba 7 Obat Kuat Alami Ini

Daftar makanan yang mengandung afrodisiak

Meski banyak orang memilih bahan alami, penelitian makanan yang disebut memiliki zat afrodisiak sendiri belum banyak yang membuktikan keampuhannya.

Namun, tentu tak ada salahnya jika Anda ingin mencoba berbagai makanan dan minuman yang disebut sebagai pembangkit gairah karena memiliki zat afrodisiak.

Beberapa makanan dan minuman pembangkit gairah yang mengandung afrodisiak antara lain adalah:

1. Tiram

Tiram termasuk afrodisiak yang mampu bangkitkan libido
Tiram termasuk afrodisiak yang mampu bangkitkan libido

Tiram jadi salah satu makanan penambah testosteron. Testosteron sendiri merupakan salah satu hormon yang memengaruhi gairah seksual pria. Itu sebabnya, tiram juga diketahui sebagai salah satu makanan mengandung afrodisiak penambah libido.

Hal ini karena tiram merupakan makanan yang kaya akan zinc. Zinc sendiri merupakan salah satu mineral penting untuk kesuburan dan fungsi seksual pria. Itu sebabnya, rendahnya zinc dalam tubuh juga dikaitkan dengan kadar testosteron rendah.

2. Makanan pedas

Ternyata, makanan pedas juga merupakan salah satu afrodisiak yang bisa meningkatkan gairah seksual.

Beberapa penelitian menyebutkan makanan pedas bisa jadi pembangkit libido karena kaya akan capsaicin. Capsaicin ini adalah zat penyebab rasa pedas yang umumnya berada di cabai. 

Makan makanan yang mengandung capsaicin bisa menyebabkan beberapa respons alami tubuh, seperti peningkatan detak jantung dan metabolisme, kadang hingga berkeringat. Ini adalah efek yang terjadi pada tubuh yang mirip dengan berhubungan seks.

Peningkatan suhu tubuh yang terjadi akibat makan makanan pedas juga dapat meningkatkan gairah seksual. 

3. Biji pala

Biji pala jadi salah satu rempah yang bisa menjadi penambah gairah seksual. Sebuah penelitian pada tikus menunjukkan bahwa pemberian 50% ekstrak etanol dari pala, cengkih, dan penegra dapat meningkatkan performa seksual (kawin). 

4. Kacang pistachio

Kacang pistachio juga merupakan salah satu makanan pembangkit libido yang mengandung afrodisiak. Manfaat pistachio bagi tubuh sangat banyak, mulai dari menurunkan tekanan darah, menurunkan risiko penyakit jantung, dan mengendalikan berat badan.

Selain itu, kacang pistachio juga diketahui dapat membantu mengatasi disfungsi ereksi, alias impotensi.

Sebuah studi kecil menunjukkan, laki-laki yang mengonsumsi 100 gram pistachio per hari selama 3 minggu diketahui mengalami peningkatan aliran darah menuju penis dan membuat ereksi lebih kuat.

Kemungkinan, hal ini terjadi karena pistachio bermanfaat menurunkan kolesterol jahat dalam darah sehingga aliran darah pun jadi lebih lancar ke seluruh tubuh termasuk ke penis.

5. Cokelat

Cokelat disebut makanan pembangkit gairah seks karena dapat merangsang hormon bahagia
Cokelat disebut makanan pembangkit gairah seks karena dapat merangsang hormon bahagia

Cokelat, khususnya cokelat hitam (dark chocolate), punya banyak manfaat kesehatan bagi tubuh, tak terlewat soal meningkatkan gairah seks, khususnya bagi wanita. 

The Journal of Sex Medicine menyebutkan bahwa wanita yang makan cokelat secara rutin punya fungsi seksual yang lebih baik ketimbang mereka yang tidak makan cokelat. 

Penelitian lain juga menyebutkan bahwa cokelat mengandung senyawa kimia phenylethylamine dan serotonin. Keduanya merupakan senyawa atau hormon bahagia yang bisa meningkatkan mood

Mood yang baik tentu penting untuk menciptakan aktivitas seksual yang menyenangkan.

BACA JUGA: Jenis Obat Kuat Wanita yang Aman Agar Tahan Lama di Ranjang

6. Apel

Apel adalah salah satu afrodisiak yang bermanfaat untuk meningkatkan gairah seksual wanita. Sebuah penelitian menyebutkan, kandungan fitoestrogen di dalam apel bisa membantu meningkatkan fungsi dan gairah seksual wanita, menambah produksi pelumas alami pada vagina, dan kemampuan untuk orgasme.

7. Saffron

Saffron adalah salah satu rempah afrodisiak penambah gairah seksual. Sebuah studi menunjukkan, sekelompok pria yang mengonsumsi 30 mg saffron selama 4 minggu diketahui memiliki gairah seksual yang lebih baik ketimbang mereka yang diberikan plasebo.

Tak hanya itu, manfaat saffron untuk masalah seksual wanita juga bisa meningkatkan produksi pelumas alami.

8. Ginseng merah

Ginseng merah merupakan salah satu afrodisiak yang telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional Cina. 

Sebuah studi menunjukkan ginseng merah mampu meningkatkan fungsi seksual dan kemampuan ereksi seorang pria. Bukan hanya untuk pria, ginseng merah juga dapat menambah gairah seksual wanita pada masa menopause.  

Meski demikian, penelitian yang dilakukan masih terbatas. Perlu penelitian yang lebih luas untuk bisa menyimpulkan apakah ginseng merah benar-benar dapat menambah gairah seksual.

9. Ginkgo biloba

Ginkgo biloba dipercaya sebagai rempah herbal penambah gairah seks
Ginkgo biloba dipercaya sebagai rempah herbal penambah gairah seks

Ginkgo biloba juga merupakan salah satu herbal yang kerap digunakan dalam traditional Chinese medicine untuk mengatasi depresi dan masalah disfungsi seksual.

Sebagai afrodisiak, ginkgo biloba bekerja dengan cara mengendurkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. Dengan demikian, aliran darah ke penis juga bisa lancar dan membantu ereksi lebih kuat.

10. Kurma

Masih dalam jurnal yang sama, kurma juga disebut jadi salah satu makanan afrodisiak. Namun, bukan hanya meningkatkan gairah seksual, kurma justru juga mampu memperbaiki kualitas sperma.

Ini karena kandungan estradiol dan flavonoid di dalam kurma mampu meningkatkan jumlah, motilitas, hingga bentuk sperma jadi lebih baik.

Selain itu, estradiol dalam kurma juga bisa membantu untuk pembangkit libido bagi wanita. Pasalnya, estradiol (estrogen) bersama dengan testosteron merupakan hormon yang mengatur gairah seks wanita.

Di dunia medis, estradiol kerap digunakan untuk membantu mengatasi gejala menopause yang mampu menurunkan gairah seksual.

11. Maca

Maca atau ginseng Peru merupakan tanaman berbentuk akar. Di Afrika, tanaman ini umum digunakan sebagai herbal untuk meningkatkan kesuburan secara alami.

Konsumsi maca sebagai salah satu herbal afrodisiak diamini oleh sebuah penelitian di jurnal Pharmacognosy Review. Percobaan yang dilakukan pada hewan tikus menunjukkan kenaikan libido sejak minggu kedelapan pemberian maca.

Meski begitu, perlu diingat bahwa uji coba itu dilakukan ke hewan. Perlu penelitian pada manusia yang lebih luas untuk memastikan keamanannya.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Ejakulasi Dini yang Bisa Dilakukan secara Alami

Catatan dari SehatQ

Selain berbagai afrodisiak di atas, fenugreek, yohimbe, dan horny goat weed juga jadi salah satu bahan alami untuk meningkatkan vitalitas pria. Akan tetapi, masih terbatas penelitian mengenai semua rempah dan bahan herbal di atas dalam menambah libido.

Untuk makan makanan yang dianggap sebagai afrodisiak tentu boleh-boleh saja dalam jumlah wajar. Yang perlu Anda perhatikan adalah berhati-hati menggunakan suplemen alami yang disebut sebagai afrodisiak.

Konsultasikanlah ke dokter sebelum mengonsumsi suplemen herbal untuk menambah gairah seksual. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan solusi yang paling tepat dengan risiko efek samping yang paling minim.

Anda juga bisa berkonsultasi online dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ jika merasa sungkan kalau harus tatap muka dengan dokter membicarakan masalah seksual. Ayo, download aplikasi SehatQ sekarang juga di App Store dan Google Play, gratis!

Advertisement

hubungan seksualtips sekskepuasan seksual

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved