Benarkah Ada Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil? Ini Penjelasannya

Manfaat buah naga ibu hamil sangat beragam
Buah naga dipercaya memiliki manfaat untuk kehamilan

Makan buah sangat dianjurkan selama masa kehamilan, tak terkecuali makan buah naga. Selain rasanya yang manis dan menyegarkan, manfaat buat naga untuk ibu hamil juga tidak kalah banyaknya.

Di Indonesia, jenis buah naga yang populer memiliki daging buah berwarna putih dan merah. Namun, ada juga buah naga dengan daging super merah (rasa sangat manis) dan buah naga berkulit kuning daging putih (ukuran sangat kecil).

Meski berbeda, jenis buah naga tersebut datang dari satu keluarga yang sama, yakni tergolong tanaman kaktus (Cactaceae) dan genus Hylocereus. Oleh karena itu, apa pun buah naga yang Anda pilih pada dasarnya memiliki kandungan dan manfaat yang tidak berbeda jauh.

Kandungan dalam buah naga

Buah naga sangat diminati oleh ibu hamil karena banyak faktor, misalnya rasanya yang manis, buahnya yang mudah didapat, serta kandungan nutrisinya yang tidak main-main. Dalam setiap 170 gram buah, terdapat kandungan sebagai berikut:

  • Kalori: 102
  • Protein: 2 gram
  • Karbohidrat: 22 gram
  • Serat: 5 gram
  • Gula alami: 13 gram

Nilai plus lain dari buah naga adalah mengandung beberapa vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh ibu hamil, seperti vitamin A dan C, kalsium, zat besi, hingga magnesium.

Manfaat buah naga untuk ibu hamil juga datang dari kandungan antioksidannya. Dalam satu potong buah naga, Anda akan ikut merasakan manfaat dari flavonoid, asam fenolik, dan betacyanin yang mampu menangkal radikal bebas untuk merusak sel yang ada pada tubuh Anda.

Manfaat buah naga untuk ibu hamil

Jika Anda sedang hamil, tidak ada salahnya memasukkan buah naga sebagai bagian dari menu sehari-hari. Berikut manfaat buah naga untuk ibu hamil yang dapat Anda rasakan.

  • Memperlancar pencernaan

Diare dan konstipasi kerap menjadi teman ibu hamil. Namun, kondisi ini dapat dihindari jika Anda mengonsumsi makanan yang cukup serat, salah satunya dari buah naga.

  • Memperkuat sistem imun

Agar tidak rentan sakit, misalnya terserang flu, ibu hamil harus selalu memiliki sistem imun yang kuat. Di saat yang sama, buah naga mengandung vitamin C yang dapat membantu menaikkan sistem imun sehingga tubuh tidak rentan diserang bakteri dan kuman.

  • Mencegah anemia

Kelelahan yang kerap menyerang ibu hamil bisa jadi pertanda anemia alias kurang darah. Untuk mencegah hal ini, Anda dapat mengambil manfaat buah naga untuk ibu hamil berdasarkan kandungan zat besi di dalamnya.

Zat besi dapat membantu meningkatkan kemampuan darah mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh dengan menaikkan kadar hemoglobin. Meski demikian, ibu hamil yang sudah terlanjur terkena anemia sebaiknya berkonsultasi dengan dokter agar masalah tersebut segera diatasi.

  • Membantu menguatkan tulang

Manfaat buah naga untuk ibu hamil kali ini datang dari kandungan kalsium yang dapat membantu dalam proses pembentukan tulang bayi. Selain itu, kalsium juga dapat membantu menguatkan tulang dan gigi ibu hamil sehingga kuat mengarungi masa kehamilan hingga persalinan nanti.

  • Mencegah cacat bawaan lahir

Buah naga juga mengandung vitamin B kompleks, termasuk folat, yang dapat mencegah bayi lahir dengan cacat bawaan seperti kelainan tabung saraf. Meski demikian, kandungan folat dalam buah naga tidak terlalu signifikan sehingga Anda tetap harus mengonsumsi suplemen yang diberikan dokter.

  • Menurunkan risiko preeklampsia

Rasa manis buah naga yang datang dari gula alami dijamin tidak akan menaikkan kadar gula dan tekanan darah Anda. Hal ini membuat ibu hamil yang mengonsumsi buah naga mengalami risiko lebih kecil untuk mengalami preeklampsia, asalkan juga ditunjang dengan pola hidup sehat lainnya.

Meski banyak memiliki manfaat, buah naga sebaiknya tidak dijadikan sebagai pengganti suplemen, vitamin, maupun obat yang diberikan oleh dokter. Bila terjadi masalah pada kehamilan Anda, langsung periksakan ke dokter demi keamanan Anda dan janin Anda.

Apakah makan buah naga dapat menimbulkan efek samping?

Pada umumnya, manfaat buah naga untuk ibu hamil bisa dirasakan tanpa efek samping. Meski demikian, tidak tertutup kemungkinan Anda mengalami gejala alergi akibat makan buah naga.

Gejala alergi meliputi muncul rasa gatal di mulut, lidah dan bibir bengkak, biduran, hingga mual dan muntah. Jika Anda menemukan gejala-gejala tersebut, langsung hentikan konsumsi buah naga dan periksakan diri ke dokter.

UIN Maulana Malik Ibrahim. http://etheses.uin-malang.ac.id/445/6/10620070%20Bab%202.pdf
Diakses pada 19 Januari 2020

WebMD. https://www.webmd.com/food-recipes/benefits-dragon-fruit
Diakses pada 19 Januari 2020

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/diet/dragon-fruit-how-eat-benefits-taste-more/
Diakses pada 19 Januari 2020

Parenting Firstcry. https://parenting.firstcry.com/articles/eating-dragon-fruit-during-pregnancy-is-it-safe/
Diakses pada 19 Januari 2020

Artikel Terkait

Banner Telemed