Benarkah Acne Patch Atau Stiker Jerawat Ampuh Mengobati Jerawat?


Acne patch atau stiker jerawat adalah salah satu cara mengobati jerawat. Banyak orang menggunakan metode ini karena dianggap mudah, praktis, dan tidak ribet. Namun, benarkah ampuh mengobati jerawat?

(0)
Acne patch atau stiker jerawat adalah salah satu cara mengobati jerawat yang membandelGunakan acne patch yang ukurannya sesuai dengan jerawat Anda
Acne patch atau stiker jerawat adalah salah satu cara mengobati jerawat yang membandel. Banyak orang memilih menggunakan plester untuk jerawat karena dianggap mudah, praktis, dan tidak ribet. Namun, benarkah penggunaan acne patch ampuh untuk mengobati jerawat? Simak penjelasannya dalam artikel berikut ini.

Apa itu acne patch?

Acne patch terbuat dari hidrokoloid
Stiker jerawat dianggap sebagai cara mengobati jerawat dengan praktis
Acne patch atau stiker jerawat adalah produk perawatan jerawat yang kini sudah banyak dijual di pasaran. Sesuai namanya, acne patch berbentuk stiker yang ditempelkan pada jerawat dan diklaim sebagai cara mengatasi jerawat meradangUmumnya, plester untuk jerawat dikemas dalam lembaran tipis yang kecil dan lengket berwarna bening sehingga tidak terlihat saat dikenakan pada wajah berjerawat. Acne patch terbuat dari hidrokoloid yang mengandung gelatin atau pektin. Beberapa acne patch mungkin ada yang terbuat dari hidrokoloid saja. Sedangkan, jenis acne patch lainnya mengandung obat yang bertujuan untuk melawan bakteri penyebab jerawat, seperti asam salisilatSelain mengobati jerawat, penggunaan plester untuk jerawat bertujuan mencegah tangan menyentuh jerawat terus menerus. Ya, salah satu kebiasaan buruk yang kerap dilakukan saat kulit wajah berjerawat adalah menyentuhnya terus menerus, bahkan mungkin memencetnya.Padahal, sering menyentuh atau memencet jerawat justru dapat meningkatkan risiko peradangan. Akibatnya, proses penyembuhan jerawat menjadi lebih lama dan bisa menimbulkan bekas jerawat. 

Apa saja jenis-jenis acne patch?

Sama seperti jenis-jenis jerawat, acne patch yang hadir di pasaran pun berbeda-beda.Berikut adalah jenis-jenis stiker jerawat yang perlu Anda ketahui:

1. Acne patch yang mengandung obat

Salah satu jenis acne patch adalah yang mengandung obat. Kandungan bahan aktif yang terdapat pada acne patch ini dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat sekaligus memberi efek menenangkan pada kulit. Acne patch mengandung obat mampu mengurangi jerawat yang terasa nyeri, kemerahan, dan meradang, seperti jerawat papula. Umumnya, bahan aktif yang terkandung dalam jenis plester untuk jerawat ini adalah asam salisilat, benzoil peroksida, dan tea tree oil

2. Acne patch tidak mengandung obat

Acne patch tidak mengandung obat biasanya terbuat dari hidrokoloid yang cukup tebal. Jenis stiker jerawat ini bisa membantu mempercepat proses penyembuhan jerawat. Acne patch ini cocok digunakan bagi Anda yang memiliki jerawat berupa komedo putih (whiteheads)Meski tidak mengandung obat, jenis acne patch ini bisa merawat kulit berjerawat, mencegah munculnya infeksi, dan menghindarkan tangan Anda untuk menyentuh jerawat terus-menerus yang membuat peradangan semakin parah.

Bagaimana cara menggunakan stiker jerawat?

apakah acne patch efektif untuk mengobati jerawat?
Sebelum menggunakan stiker jerawat, pastikan wajah Anda sudah bersih
Untuk mengobati jerawat sampai tuntas, maka Anda harus memerhatikan cara menggunakan stiker jerawat yang tepat, yaitu:

1. Mencuci wajah

Salah satu cara menggunakan stiker jerawat yang penting adalah membersihkan wajah. Anda bisa mencuci muka terlebih dahulu menggunakan sabun pembersih wajah sesuai dengan tipe kulit Anda. Usap seluruh wajah dengan lembut. Kemudian, basuh dan keringkan wajah menggunakan handuk dengan cara menepuknya lembut. 

2. Jangan pakai produk skincare rutin

Cara menggunakan stiker jerawat adalah tidak menggunakan produk skincare rutin setelah mencuci muka. Ini termasuk toner wajah, serum wajah, atau pelembap. Pasalnya, penggunaan produk skincare tersebut justru dapat mengurangi efektivitas plester untuk jerawat dalam mengobati jerawat Anda. Akibatnya, penggunaan acne patch untuk mengobati jerawat akan menjadi sia-sia. 

3. Pilih ukuran acne patch yang tepat

Cara menggunakan stiker jerawat yang ampuh adalah memilih ukuran acne patch yang tepat. Sebab, acne patch berbeda-beda sesuai dengan ukuran jerawat. Untuk memasangkan stiker jerawat ke area wajah yang berjerawat, Anda harus memastikan permukaan stiker harus menempel sempurna menutupi jerawat. Oleh karena itu, Anda boleh siap sedia stiker jerawat dengan berbagai ukuran. Dengan demikian, saat jerawat muncul Anda bisa menyesuaikan ukuran jerawat dengan acne patch yang sudah ada. 

4. Pasang acne patch ke area kulit wajah berjerawat

Inti dari cara menggunakan stiker jerawat adalah menempelkan acne patch ke area kulit yang sedang berjerawat. Cara terbaik dalam menggunakan acne patch adalah ketika jerawat sudah terdapat titik puncak kekuningan atau putih di bagian tengahnya. Pastikan saat memasang acne patch ke wajah, tangan dalam kondisi bersih dan wajah Anda sudah kering sempurna. Kemudian, diamkan plester untuk jerawat selama beberapa jam atau sampai stiker jerawat transparan berwarna buram. Itu artinya, stiker jerawat telah menyerap kotoran dan minyak berlebih dari pori-pori kulit. Jika menggunakan stiker jerawat di malam hari, maka Anda bisa melepasnya pada keesokan harinya. Akan tetapi, perlu diingat bahwa stiker jerawat tidak dapat mengempiskan jerawat dalam satu malam. Anda memerlukan pemakaian berulang untuk membuat tampilan jerawat Anda lebih baik dari sebelumnya.

Benarkah acne patch ampuh untuk mengobati jerawat?

Acne patch adalah produk favorit banyak orang untuk mengatasi jerawatYa, hanya dengan menempelkan stiker pada jerawat, kulit bisa kembali halus. Terlebih stiker jerawat memiliki bentuk kecil dan transparan sehingga tidak terlihat saat dikenakan. Pada dasarnya, acne patch bekerja maksimal pada jerawat yang tumbuh di permukaan kulit atas dan komedoJadi, stiker jerawat tidak dapat mengatasi masalah jerawat kistik yang tumbuh pada bagian kulit lebih dalam. 
Acne patch ampuh mengobati jerawat di permukaan kulit atas dan komedo
Acne patch bisa mengobati jerawat di permukaan kulit atas dan komedo
Itulah yang menjadi alasan penggunaan stiker jerawat mungkin tidak dapat berfungsi optimal pada beberapa orang. Sebab, jenis jerawat yang diobati tidak dapat diatasi dengan stiker jerawat. Alih-alih mereda atau menghilang, jerawat di wajah Anda justru bisa saja masih tinggal menetap. Jika Anda memiliki jenis jerawat batu dan berusaha mengatasinya dengan plester untuk jerawat, maka mungkin ini bukan cara yang tepat untuk mengobatinya. Jenis jerawat kistik hanya dapat diobati dengan aman oleh dokter spesialis kulit. Jadi, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan rekomendasi pengobatan jerawat yang tepat sesuai jenis jerawat yang dialami. 

Bagaimana cara mengatasi jerawat dengan tepat?

Selain menggunakan plester untuk jerawat, ada berbagai cara mengatasi jerawat dengan tepat. Berikut adalah cara mengatasi jerawat dengan tepat yang bisa dilakukan. 

1. Cuci muka secara rutin

Salah satu cara mengatasi jerawat dengan tepat adalah mencuci muka secara rutin. Anda bisa mencuci muka saat pagi dan malam hari, serta sesaat setelah menggunakan make up dan berolahraga. Pastikan Anda menggunakan sabun cuci muka sesuai jenis kulit. Bagi Anda yang sedang rutin menggunakan obat jerawat tanpa resep dokter, pilihlah sabun pembersih wajah yang kandungannya ringan, seperti asam salisilat atau benzoil peroksida. 

2. Pakai obat jerawat

Cara mengatasi jerawat menggunakan obat jerawat merupakan hal yang penting. Anda dapat mengoleskan salep jerawat secara langsung pada area wajah yang berjerawat. Tergantung jenis dan penyebabnya, ada berbagai kandungan obat jerawat yang bisa Anda gunakan, seperti:
  • Benzoil peroksida, membantu melawan bakteri penyebab jerawat Propionibacterium acnes.
  • Asam salisilat, bertujuan untuk meredakan jerawat meradang sekaligus membersihkan pori-pori kulit. 
  • Retinoid, berfungsi untuk membersihkan pori-pori kulit, mengangkat sel kulit mati, menghentikan peradangan, dan mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah. 

3. Oleskan pelembap

Oleskan pelembap sebagai cara mengatasi jerawat sebaiknya perlu dilakukan. Pasalnya, penggunaan obat jerawat dapat membuat kulit kering sehingga kelembapan kulit dapat berkurang. Untuk mengurangi risiko kulit wajah kering dan mengelupas akibat pemakaian salep jerawat, sebaiknya selalu oleskan pelembap dengan kandungan ringan setiap dua kali sehari. Bagi pemilik kulit berminyak dan berjerawat, gunakan pelembap berlabel bebas minyak (oil free) dan noncomedogenic atau tidak rentan menyumbat pori-pori. [[artikel-terkait]]Stiker jerawat mungkin akan bereaksi berbeda-beda pada kulit setiap orang. Sebab, tidak semua jenis jerawat dapat diatasi dengan menempelkan plester untuk jerawat, baik yang mengandung obat maupun yang tidak. Oleh sebab itu, bagi Anda yang ingin mengobati jerawat dengan acne patch, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit terlebih dahulu guna mengetahui apakah Anda cocok menggunakan stiker jerawat atau tidak. Anda pun dapat berkonsultasi dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk bertanya lebih lanjut seputar plester untuk jerawat ini. Pastikan Anda sudah mengunduhnya melalui App Store dan Google Play.
jerawatpengobatan jerawat
Healthline. https://www.healthline.com/health-news/do-those-pimple-stickers-actually-work#How-do-pimple-patches-work?-
Diakses pada 5 Juni 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/acne-patches#when-not-to-use-acne-patches
Diakses pada 5 Juni 2020
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/skin-beauty/pimple-patches-what-they-are-how-they-work-and-the-best-brands/
Diakses pada 5 Juni 2020
American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/diseases/acne/skin-care/tips#tips
Diakses pada 23 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait